Courser in English | TOURISM MANAGEMNT |
Program | Manajemen |
SKS | 2 SKS |
RPS | 20 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan Industri Pariwisata, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Strategi Promosi dan Pemasan Pariwisata, Perilaku Wisatawan
Learning OutcomesSetelah mengikuti kegiatan perkuliahan ini, mahasiswa memahami arti, ruang lingkup dan fungsi pariwisata, memahami keterkaitan antara komponen pariwisata dan manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan, memahami kedudukan dan peran pihak pemerintah, industri dan masyarakat bagi pengembangan pariwisata, dan menerapkan dan memberikan bantuan dalam proses pengenalan produk pariwisata, pengembangan pariwisata dan promosi objek dan atraksi pariwisata.
ReferencesClow, KE dan Baack, D. 2007. Periklanan, Promosi, dan Komunikasi Pemasaran Terpadu , Pearson Education Internasional, New Jersey.
UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan
Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.
Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.
Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan Industri Pariwisata, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Strategi Promosi dan Pemasan Pariwisata, Perilaku Wisatawan
Learning OutcomesSetelah mengikuti kegiatan perkuliahan ini, mahasiswa memahami arti, ruang lingkup dan fungsi pariwisata, memahami keterkaitan antara komponen pariwisata dan manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan, memahami kedudukan dan peran pihak pemerintah, industri dan masyarakat bagi pengembangan pariwisata, dan menerapkan dan memberikan bantuan dalam proses pengenalan produk pariwisata, pengembangan pariwisata dan promosi objek dan atraksi pariwisata.
ReferencesClow, KE dan Baack, D. 2007. Periklanan, Promosi, dan Komunikasi Pemasaran Terpadu , Pearson Education Internasional, New Jersey.
UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan
Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.
Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.
Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan Industri Pariwisata, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Strategi Promosi dan Pemasan Pariwisata, Perilaku Wisatawan
Learning OutcomesSetelah mengikuti kegiatan perkuliahan ini, mahasiswa memahami arti, ruang lingkup dan fungsi pariwisata, memahami keterkaitan antara komponen pariwisata dan manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan, memahami kedudukan dan peran pihak pemerintah, industri dan masyarakat bagi pengembangan pariwisata, dan menerapkan dan memberikan bantuan dalam proses pengenalan produk pariwisata, pengembangan pariwisata dan promosi objek dan atraksi pariwisata.
ReferencesClow, KE dan Baack, D. 2007. Periklanan, Promosi, dan Komunikasi Pemasaran Terpadu , Pearson Education Internasional, New Jersey.
UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan
Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.
Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.
Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan Industri Pariwisata, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Strategi Promosi dan Pemasan Pariwisata, Perilaku Wisatawan
Learning OutcomesSetelah mengikuti kegiatan perkuliahan ini, mahasiswa memahami arti, ruang lingkup dan fungsi pariwisata, memahami keterkaitan antara komponen pariwisata dan manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan, memahami kedudukan dan peran pihak pemerintah, industri dan masyarakat bagi pengembangan pariwisata, dan menerapkan dan memberikan bantuan dalam proses pengenalan produk pariwisata, pengembangan pariwisata dan promosi objek dan atraksi pariwisata.
ReferencesClow, KE dan Baack, D. 2007. Periklanan, Promosi, dan Komunikasi Pemasaran Terpadu , Pearson Education Internasional, New Jersey.
UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan
Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.
Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.
Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama
Details ...
Manajemen Pariwisata
Learning OutcomesManajemen Pariwisata
ReferencesManajemen Pariwisata
Details ...
Manajemen Pariwisata
Learning OutcomesManajemen Pariwisata
ReferencesManajemen Pariwisata
Details ...
Manajemen Pariwisata
Learning OutcomesManajemen Pariwisata
ReferencesManajemen Pariwisata
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi Pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan industry Pariwisata, Sejarah Perjalanan Manusia, Sejarah Perkembangan Kepariwisataan Indonesia, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Dokumen Perjalanan dan Sistem Pembayaran, Industri Transportasi dan Perdagangan dalam Pariwisata, Industri Akomodasi dan Jasa Boga, Pengantar Ilmu Perhotelan,
Learning OutcomesSIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta
kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
PENGETAHUAN
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui dan memahami ruang lingkup ekonomi dalam hubungannya dengan sektor pariwisata
KETERAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
References
- Clow, K.E. and Baack, D. 2007. Integrated Adevertising, Promotion, and Marketing Communications, Pearson Education Internasional, New Jersey.
- UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan
- Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.
- Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.
- Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi Pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan industry Pariwisata, Sejarah Perjalanan Manusia, Sejarah Perkembangan Kepariwisataan Indonesia, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Dokumen Perjalanan dan Sistem Pembayaran, Industri Transportasi dan Perdagangan dalam Pariwisata, Industri Akomodasi dan Jasa Boga, Pengantar Ilmu Perhotelan,
Learning OutcomesSIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta
kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
PENGETAHUAN
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui dan memahami ruang lingkup ekonomi dalam hubungannya dengan sektor pariwisata
KETERAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
References
- Clow, K.E. and Baack, D. 2007. Integrated Adevertising, Promotion, and Marketing Communications, Pearson Education Internasional, New Jersey.
- UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan
- Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.
- Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.
- Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi Pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan industry Pariwisata, Sejarah Perjalanan Manusia, Sejarah Perkembangan Kepariwisataan Indonesia, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Dokumen Perjalanan dan Sistem Pembayaran, Industri Transportasi dan Perdagangan dalam Pariwisata, Industri Akomodasi dan Jasa Boga, Pengantar Ilmu Perhotelan,
Learning OutcomesSIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta
kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
PENGETAHUAN
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui dan memahami ruang lingkup ekonomi dalam hubungannya dengan sektor pariwisata
KETERAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
References
- Clow, K.E. and Baack, D. 2007. Integrated Adevertising, Promotion, and Marketing Communications, Pearson Education Internasional, New Jersey.
- UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan
- Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.
- Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.
- Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi Pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan industry Pariwisata, Sejarah Perjalanan Manusia, Sejarah Perkembangan Kepariwisataan Indonesia, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Dokumen Perjalanan dan Sistem Pembayaran, Industri Transportasi dan Perdagangan dalam Pariwisata, Industri Akomodasi dan Jasa Boga, Pengantar Ilmu Perhotelan,
Learning OutcomesSIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta
kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
PENGETAHUAN
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui dan memahami ruang lingkup ekonomi dalam hubungannya dengan sektor pariwisata
KETERAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
References
- Clow, K.E. and Baack, D. 2007. Integrated Adevertising, Promotion, and Marketing Communications, Pearson Education Internasional, New Jersey.
- UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan
- Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.
- Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.
- Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama
Details ...
Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi Pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan industry Pariwisata, Sejarah Perjalanan Manusia, Sejarah Perkembangan Kepariwisataan Indonesia, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Dokumen Perjalanan dan Sistem Pembayaran, Industri Transportasi dan Perdagangan dalam Pariwisata, Industri Akomodasi dan Jasa Boga, Pengantar Ilmu Perhotelan,
Learning OutcomesSIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta
kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
PENGETAHUAN
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui dan memahami ruang lingkup ekonomi dalam hubungannya dengan sektor pariwisata
KETERAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
References
- Clow, K.E. and Baack, D. 2007. Integrated Adevertising, Promotion, and Marketing Communications, Pearson Education Internasional, New Jersey.
- UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan
- Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.
- Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.
- Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama
Details ...