Manajemen Pariwisata, Curriculum : 2018


Courser in EnglishTOURISM MANAGEMNT
ProgramManajemen
SKS2 SKS
RPS20 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan Industri Pariwisata, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Strategi Promosi dan Pemasan Pariwisata, Perilaku Wisatawan

Learning Outcomes

Setelah mengikuti kegiatan perkuliahan ini, mahasiswa memahami arti, ruang lingkup dan fungsi pariwisata, memahami keterkaitan antara komponen pariwisata dan manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan, memahami  kedudukan   dan   peran   pihak   pemerintah,   industri   dan   masyarakat   bagi pengembangan pariwisata, dan menerapkan  dan  memberikan  bantuan  dalam  proses  pengenalan  produk  pariwisata, pengembangan pariwisata dan promosi objek dan atraksi pariwisata.

References

Clow, KE dan Baack, D. 2007.  Periklanan, Promosi, dan Komunikasi Pemasaran Terpadu , Pearson Education Internasional, New Jersey.

UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan

Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.

Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.

Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan Industri Pariwisata, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Strategi Promosi dan Pemasan Pariwisata, Perilaku Wisatawan

Learning Outcomes

Setelah mengikuti kegiatan perkuliahan ini, mahasiswa memahami arti, ruang lingkup dan fungsi pariwisata, memahami keterkaitan antara komponen pariwisata dan manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan, memahami  kedudukan   dan   peran   pihak   pemerintah,   industri   dan   masyarakat   bagi pengembangan pariwisata, dan menerapkan  dan  memberikan  bantuan  dalam  proses  pengenalan  produk  pariwisata, pengembangan pariwisata dan promosi objek dan atraksi pariwisata.

References

Clow, KE dan Baack, D. 2007.  Periklanan, Promosi, dan Komunikasi Pemasaran Terpadu , Pearson Education Internasional, New Jersey.

UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan

Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.

Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.

Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan Industri Pariwisata, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Strategi Promosi dan Pemasan Pariwisata, Perilaku Wisatawan

Learning Outcomes

Setelah mengikuti kegiatan perkuliahan ini, mahasiswa memahami arti, ruang lingkup dan fungsi pariwisata, memahami keterkaitan antara komponen pariwisata dan manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan, memahami  kedudukan   dan   peran   pihak   pemerintah,   industri   dan   masyarakat   bagi pengembangan pariwisata, dan menerapkan  dan  memberikan  bantuan  dalam  proses  pengenalan  produk  pariwisata, pengembangan pariwisata dan promosi objek dan atraksi pariwisata.

References

Clow, KE dan Baack, D. 2007.  Periklanan, Promosi, dan Komunikasi Pemasaran Terpadu , Pearson Education Internasional, New Jersey.

UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan

Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.

Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.

Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan Industri Pariwisata, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Strategi Promosi dan Pemasan Pariwisata, Perilaku Wisatawan

Learning Outcomes

Setelah mengikuti kegiatan perkuliahan ini, mahasiswa memahami arti, ruang lingkup dan fungsi pariwisata, memahami keterkaitan antara komponen pariwisata dan manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan, memahami  kedudukan   dan   peran   pihak   pemerintah,   industri   dan   masyarakat   bagi pengembangan pariwisata, dan menerapkan  dan  memberikan  bantuan  dalam  proses  pengenalan  produk  pariwisata, pengembangan pariwisata dan promosi objek dan atraksi pariwisata.

References

Clow, KE dan Baack, D. 2007.  Periklanan, Promosi, dan Komunikasi Pemasaran Terpadu , Pearson Education Internasional, New Jersey.

UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan

Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.

Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.

Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama


Details ...
Course Descriptions

Manajemen Pariwisata

Learning Outcomes

Manajemen Pariwisata

References

Manajemen Pariwisata


Details ...
Course Descriptions

Manajemen Pariwisata

Learning Outcomes

Manajemen Pariwisata

References

Manajemen Pariwisata


Details ...
Course Descriptions

Manajemen Pariwisata

Learning Outcomes

Manajemen Pariwisata

References

Manajemen Pariwisata


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi Pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan industry Pariwisata, Sejarah Perjalanan Manusia, Sejarah Perkembangan Kepariwisataan Indonesia, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Dokumen Perjalanan dan Sistem Pembayaran, Industri Transportasi dan Perdagangan dalam Pariwisata, Industri Akomodasi dan Jasa Boga, Pengantar Ilmu Perhotelan,

Learning Outcomes

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau  temuan  orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama  dan  memiliki  kepekaan sosial  serta

kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

  1. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

PENGETAHUAN

 

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui dan memahami ruang lingkup ekonomi dalam hubungannya dengan sektor pariwisata

 

KETERAMPILAN UMUM

 

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

 

 

References

  1.  Clow, K.E. and Baack, D.  2007.  Integrated Adevertising,  Promotion, and Marketing Communications,  Pearson Education Internasional,  New Jersey.
  2. UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan
  3. Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.
  4. Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.
  5. Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi Pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan industry Pariwisata, Sejarah Perjalanan Manusia, Sejarah Perkembangan Kepariwisataan Indonesia, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Dokumen Perjalanan dan Sistem Pembayaran, Industri Transportasi dan Perdagangan dalam Pariwisata, Industri Akomodasi dan Jasa Boga, Pengantar Ilmu Perhotelan,

Learning Outcomes

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau  temuan  orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama  dan  memiliki  kepekaan sosial  serta

kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

  1. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

PENGETAHUAN

 

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui dan memahami ruang lingkup ekonomi dalam hubungannya dengan sektor pariwisata

 

KETERAMPILAN UMUM

 

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

 

 

References

  1.  Clow, K.E. and Baack, D.  2007.  Integrated Adevertising,  Promotion, and Marketing Communications,  Pearson Education Internasional,  New Jersey.
  2. UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan
  3. Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.
  4. Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.
  5. Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi Pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan industry Pariwisata, Sejarah Perjalanan Manusia, Sejarah Perkembangan Kepariwisataan Indonesia, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Dokumen Perjalanan dan Sistem Pembayaran, Industri Transportasi dan Perdagangan dalam Pariwisata, Industri Akomodasi dan Jasa Boga, Pengantar Ilmu Perhotelan,

Learning Outcomes

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau  temuan  orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama  dan  memiliki  kepekaan sosial  serta

kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

  1. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

PENGETAHUAN

 

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui dan memahami ruang lingkup ekonomi dalam hubungannya dengan sektor pariwisata

 

KETERAMPILAN UMUM

 

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

 

 

References

  1.  Clow, K.E. and Baack, D.  2007.  Integrated Adevertising,  Promotion, and Marketing Communications,  Pearson Education Internasional,  New Jersey.
  2. UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan
  3. Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.
  4. Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.
  5. Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi Pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan industry Pariwisata, Sejarah Perjalanan Manusia, Sejarah Perkembangan Kepariwisataan Indonesia, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Dokumen Perjalanan dan Sistem Pembayaran, Industri Transportasi dan Perdagangan dalam Pariwisata, Industri Akomodasi dan Jasa Boga, Pengantar Ilmu Perhotelan,

Learning Outcomes

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau  temuan  orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama  dan  memiliki  kepekaan sosial  serta

kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

  1. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

PENGETAHUAN

 

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui dan memahami ruang lingkup ekonomi dalam hubungannya dengan sektor pariwisata

 

KETERAMPILAN UMUM

 

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

 

 

References

  1.  Clow, K.E. and Baack, D.  2007.  Integrated Adevertising,  Promotion, and Marketing Communications,  Pearson Education Internasional,  New Jersey.
  2. UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan
  3. Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.
  4. Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.
  5. Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi konsep-konsep manajemen dalam industri kepariwisataan seperti manajemen pemasaran dalam industri pariwisata, manajemen sumber daya manusia kepariwisataan yang meliputi Pengenalan terhadap Ilmu Pariwisata yang meliputi Pengenalan Prinsip, Pendekatan Studi, dan industry Pariwisata, Sejarah Perjalanan Manusia, Sejarah Perkembangan Kepariwisataan Indonesia, Motivasi Orang Melakukan Perjalanan Wisata, Dasar-dasar Pengertian Pariwisata, Sarana dan Prasarana Pariwisata, Metode Perhitungan Aspek-aspek Kepariwisataan, Organisasi Kepariwisataan, Hukum dan Undang-Undang Pariwisata, Dokumen Perjalanan dan Sistem Pembayaran, Industri Transportasi dan Perdagangan dalam Pariwisata, Industri Akomodasi dan Jasa Boga, Pengantar Ilmu Perhotelan,

Learning Outcomes

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau  temuan  orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama  dan  memiliki  kepekaan sosial  serta

kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

  1. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

PENGETAHUAN

 

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui dan memahami ruang lingkup ekonomi dalam hubungannya dengan sektor pariwisata

 

KETERAMPILAN UMUM

 

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

 

 

References

  1.  Clow, K.E. and Baack, D.  2007.  Integrated Adevertising,  Promotion, and Marketing Communications,  Pearson Education Internasional,  New Jersey.
  2. UU No 10/2009 tentang Kepariwisataan
  3. Yoeti, Oka A, Drs, MBA,.Pengantar Ilmu Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996.
  4. Yoeti Oka A, Drs., MBA., Pemasaran Pariwisata, Angkasa., Bandung, Edisi Revisi, 1996 Bagyono., Pariwisata dan Perhotelan, Alfabeta Bandung, Cetakan Kedua., 2007.
  5. Anwar Prabu Mangkunegara, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Rafika Aditama


Details ...