Metode Pengembangan Bahasa dan Kognisi, Curriculum : 2019


Courser in EnglishMETHOD OF LANGUAGE AND COGNITION DEVELOPMENT
ProgramPendidikan Dasar
SKS3 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah Perkembangan Kognitif dan Bahasa AUD memuat bahan kajian:

  1. Hakikat Perkembangan Kognitif AUD
  2. Teori Perkembangan Kognitif menurut beberapa ahli
  3. Tahap perkembangan sensorimotor, praoperasional konkrit, dan operasional konkrit
  4. Teori perkembangan Bahasa AUD
  5. Perkembangan Bahasa pada Bayi dan Batita
  6. Perkembangan Bahasa pada Anak Prasekolah
  7. Memperluas Perkembangan bahasa pada anak
  8. Memperluas perkembangan bahasa pada anak-anak dengan Gangguan Komunikasi
  9. Penilaian Bahasa
  10. Membantu Perkembangan Bahasa Melalui hubungan Sekolah dan Rumah
  11. Merancang Permainan bahasa dan kognitif
  12. Melakukan riset tentang Bahasa dan kognitif Anak

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Perkembangan Sosial Bermain AUD, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Memahami, mengeksplorasi, dan mengembangkan  ruang lingkup perkuliahan;

tentang: Perkembangan kognitif dan bahasa AUD serta mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta menkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila

CPMK 2

Memahami, mengeksplorasi, dan mengembangkan  ruang lingkup perkuliahan;

 tentang Perkembangan kognitif dan bahasa AUD mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta menkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; dan bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

CPMK 3

Memahami, mengeksplorasi, dan mengembangkan  ruang lingkup perkuliahan;

tentang: Teori perkembangan kognitif dan bahasa menurut ahli dan teori perkembangan kognitif dan bahasa AUD serta mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta menkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila

CPMK 4

Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar sesuai bidang keahliannya dalam dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.

CPMK 5

Mampu mengembangkan prinsip-prinsip pembelajaran inovatif di pendidikan dasar berdasarkan edupreneurship dengan mengembangkan ilmu pengetahuan, dan teknologi dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui riset inter atau multidisipliner dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

 

 

CPMK6

Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di PAUD dengan dengsn mampu mengelola riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan mengkomunikasikan hasil riset dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui publikasi nasional atau internasional.

References

  1. Brown, Douglass. (2000). Principles of Language Learning and Teaching. New York: Pearson education.
  2. Otto, Beverly. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak usia Dini. Jakarta: Kencana.
  3. Sutisna, Icam & Laiya, Sri Wahyuningsi. (2020). Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Gorontalo: UNG Press
  4. Kuswana, Wowo Sunaryo. (2014).  Taksomi Kognitif: Perkembangan Ragam Berfikir. Remaja Rosdakarya: Bandung.
  5. Khadijah. (2020). Pengembangan Kognitif Anak usia Dini: Teori dan Pengembangannya. Perdana Publising: Medan.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Perkembangan Kognitif dan Bahasa AUD memuat bahan kajian:

  1. Hakikat Perkembangan Kognitif AUD
  2. Teori Perkembangan Kognitif menurut beberapa ahli
  3. Tahap perkembangan sensorimotor, praoperasional konkrit, dan operasional konkrit
  4. Teori perkembangan Bahasa AUD
  5. Perkembangan Bahasa pada Bayi dan Batita
  6. Perkembangan Bahasa pada Anak Prasekolah
  7. Memperluas Perkembangan bahasa pada anak
  8. Memperluas perkembangan bahasa pada anak-anak dengan Gangguan Komunikasi
  9. Penilaian Bahasa
  10. Membantu Perkembangan Bahasa Melalui hubungan Sekolah dan Rumah
  11. Merancang Permainan bahasa dan kognitif
  12. Melakukan riset tentang Bahasa dan kognitif Anak

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Perkembangan Sosial Bermain AUD, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Memahami, mengeksplorasi, dan mengembangkan  ruang lingkup perkuliahan;

tentang: Perkembangan kognitif dan bahasa AUD serta mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta menkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila

CPMK 2

Memahami, mengeksplorasi, dan mengembangkan  ruang lingkup perkuliahan;

 tentang Perkembangan kognitif dan bahasa AUD mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta menkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; dan bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

CPMK 3

Memahami, mengeksplorasi, dan mengembangkan  ruang lingkup perkuliahan;

tentang: Teori perkembangan kognitif dan bahasa menurut ahli dan teori perkembangan kognitif dan bahasa AUD serta mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta menkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila

CPMK 4

Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar sesuai bidang keahliannya dalam dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.

CPMK 5

Mampu mengembangkan prinsip-prinsip pembelajaran inovatif di pendidikan dasar berdasarkan edupreneurship dengan mengembangkan ilmu pengetahuan, dan teknologi dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui riset inter atau multidisipliner dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

 

 

CPMK6

Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di PAUD dengan dengsn mampu mengelola riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan mengkomunikasikan hasil riset dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui publikasi nasional atau internasional.

References

  1. Brown, Douglass. (2000). Principles of Language Learning and Teaching. New York: Pearson education.
  2. Otto, Beverly. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak usia Dini. Jakarta: Kencana.
  3. Sutisna, Icam & Laiya, Sri Wahyuningsi. (2020). Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Gorontalo: UNG Press
  4. Kuswana, Wowo Sunaryo. (2014).  Taksomi Kognitif: Perkembangan Ragam Berfikir. Remaja Rosdakarya: Bandung.
  5. Khadijah. (2020). Pengembangan Kognitif Anak usia Dini: Teori dan Pengembangannya. Perdana Publising: Medan.


Details ...