Courser in English | DESCRETE MATHEMATICS |
Program | Pendidikan Teknologi Informasi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 7 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas pengantar dari matematika diskrit yang terdiri atas beberapa pokok bahasan antara lain: Himpunan, Fungsi, Relasi Fungsi, Permutasi, Kombinasi, Teori Graph, dan Pohon. Mata kuliah ini diharapkan dapat menjembatani pokok bahasan dengan realitas dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam bidang teknologi informasi. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mengajarkan mahasiswa untuk berpikir secara matematis dan memberikan landasan matematis untuk kuliah-kuliah lain di informatika.
Learning OutcomesPenguasaan Pengetahuan
- menerapkan konsep-konsep dan teorema-teorema dalam kombinatorik (himpunan, fungsi, relasi fungsi, permutasi, kombinasi) dan graph (teori graph, pohon)
b. Ketrampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
c. Ketrampilan Khusus
Mampu menerapkan aplikasi kombinatorik dan teori graph dalam bidang teknologi informasi.
d. Sikap
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
References
Pramasdyahsari, Agnita Siska. 2019. Matematika Diskrit Untuk Pendidikan Teknologi Informasi. (Untuk Kalangan Sendiri)
Details ...
Pada mata kuliah matematika diskrit, mahasiswa dapat mempelajari tentang notasi faktorial dan sigma, kaitan fungsi pembangkit dan barisan, fungsi pembangkit untuk kombinasi dan permutasi, penggunaan relasi rekursif serta penerapan grap dalam kehidupan sehari-hari.
Learning OutcomesSikap: Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. | ||||
Pengetahuan: Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Fungsi Pembangkit yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. | ||||
Pengetahuan: Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Relasi Rekursif yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. | ||||
Pengetahuan: Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Teori Grap yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. | ||||
Ketrampilan Umum: Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika. | ||||
Ketrampilan Khusus: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika. |
- I Ketut Budayasa, 1995. Matematika Diskrit, Surabaya : IKIP Surabaya Press.
- Biggs, N. L , 1985, Discrete Mathematics, New York : Oxford University Pres.
- Harary, 1989, Graph Theory, Massachussets : Addison-Wesey Publishing Company, Inc.
- Rasiman, dkk. 2014. Matematika Diskrit. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Details ...
Pada mata kuliah matematika diskrit, mahasiswa dapat mempelajari tentang notasi faktorial dan sigma, kaitan fungsi pembangkit dan barisan, fungsi pembangkit untuk kombinasi dan permutasi, penggunaan relasi rekursif serta penerapan grap dalam kehidupan sehari-hari.
Learning OutcomesSikap: Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. | ||||
Pengetahuan: Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Fungsi Pembangkit yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. | ||||
Pengetahuan: Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Relasi Rekursif yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. | ||||
Pengetahuan: Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi Teori Grap yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) yang berkaitan dengan kearifan lokal. | ||||
Ketrampilan Umum: Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika. | ||||
Ketrampilan Khusus: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika. |
- I Ketut Budayasa, 1995. Matematika Diskrit, Surabaya : IKIP Surabaya Press.
- Biggs, N. L , 1985, Discrete Mathematics, New York : Oxford University Pres.
- Harary, 1989, Graph Theory, Massachussets : Addison-Wesey Publishing Company, Inc.
- Rasiman, dkk. 2014. Matematika Diskrit. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Details ...
Mata kuliah ini membahas pengantar dari matematika diskrit yang terdiri atas beberapa pokok bahasan antara lain: Himpunan, Fungsi, Relasi Fungsi,
Permutasi, Kombinasi, Teori Graph, dan Pohon. Mata kuliah ini diharapkan dapat menjembatani pokok bahasan dengan realitas dalam kehidupan
sehari-hari, khususnya dalam bidang teknologi informasi. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mengajarkan mahasiswa untuk berpikir secara
matematis dan memberikan landasan matematis untuk kuliah-kuliah lain pendidikan teknologi informasi
a. Penguasaan Pengetahuan
menerapkan konsep-konsep dan teorema-teorema dalam kombinatorik (himpunan, fungsi, relasi fungsi, permutasi, kombinasi) dan graph (teori graph, pohon)
b. Ketrampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
c. Ketrampilan Khusus
Mampu menerapkan aplikasi kombinatorik dan teori graph dalam bidang teknologi informasi.
d. Sikap
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
1. Budayasa, I Ketut. 2008. Matematika Diskrit. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya Press.
2. Kenneth H. Rosen. 2007. Discrete Mathematics and its Applications Sixth Edition. McGraw Hill.
3. Munir, Rinaldi. 2003. Diktat kuliah IF2153 Matematika Diskrit (Edisi Keempat). Teknik Informatika ITB.
4. Pramasdyahsari, Agnita Siska. 2015. Bahan Ajar Matematika Diskrit untuk Pendidikan Teknologi Informasi. Semarang : untuk kalangan sendiri.
5. Utaminingrum, Fitri. 2011. Buku Ajar Matematika Diskrit Teknik Informatika. Universitas Brawijaya
Details ...
Mata kuliah ini membahas pengantar dari matematika diskrit yang terdiri atas beberapa pokok bahasan antara lain: Himpunan, Fungsi, Relasi Fungsi,
Permutasi, Kombinasi, Teori Graph, dan Pohon. Mata kuliah ini diharapkan dapat menjembatani pokok bahasan dengan realitas dalam kehidupan
sehari-hari, khususnya dalam bidang teknologi informasi. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mengajarkan mahasiswa untuk berpikir secara
matematis dan memberikan landasan matematis untuk kuliah-kuliah lain pendidikan teknologi informasi
a. Penguasaan Pengetahuan
menerapkan konsep-konsep dan teorema-teorema dalam kombinatorik (himpunan, fungsi, relasi fungsi, permutasi, kombinasi) dan graph (teori graph, pohon)
b. Ketrampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
c. Ketrampilan Khusus
Mampu menerapkan aplikasi kombinatorik dan teori graph dalam bidang teknologi informasi.
d. Sikap
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
1. Budayasa, I Ketut. 2008. Matematika Diskrit. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya Press.
2. Kenneth H. Rosen. 2007. Discrete Mathematics and its Applications Sixth Edition. McGraw Hill.
3. Munir, Rinaldi. 2003. Diktat kuliah IF2153 Matematika Diskrit (Edisi Keempat). Teknik Informatika ITB.
4. Pramasdyahsari, Agnita Siska. 2015. Bahan Ajar Matematika Diskrit untuk Pendidikan Teknologi Informasi. Semarang : untuk kalangan sendiri.
5. Utaminingrum, Fitri. 2011. Buku Ajar Matematika Diskrit Teknik Informatika. Universitas Brawijaya
Details ...
Mata kuliah ini membahas pengantar dari matematika diskrit yang terdiri atas beberapa pokok bahasan antara lain: Himpunan, Fungsi, Relasi Fungsi, Permutasi, Kombinasi, Teori Graph, dan Pohon. Mata kuliah ini diharapkan dapat menjembatani pokok bahasan dengan realitas dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam bidang teknologi informasi. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mengajarkan mahasiswa untuk berpikir secara matematis dan memberikan landasan matematis untuk kuliah-kuliah lain di informatika.
Learning Outcomesa. Penguasaan Pengetahuan
- menerapkan konsep-konsep dan teorema-teorema dalam kombinatorik (himpunan, fungsi, relasi fungsi, permutasi, kombinasi) dan graph (teori graph, pohon)
b. Ketrampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
c. Ketrampilan Khusus
Mampu menerapkan aplikasi kombinatorik dan teori graph dalam bidang teknologi informasi.
d. Sikap
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
ReferencesAdiwijaya. Matematika-diskrit-graf. Diakses di www.2dix.com/pdf.../pdf.php pada September 2015.
Budayasa, I Ketut. 2008. Matematika Diskrit. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya Press.
Kenneth H. Rosen. 2007. Discrete Mathematics and its Applications Sixth Edition. McGraw Hill.
Munir, Rinaldi. 2003. Diktat kuliah IF2153 Matematika Diskrit (Edisi Keempat). Teknik Informatika ITB.
Pramasdyahsari, Agnita Siska. 2015. Bahan Ajar Matematika Diskrit untuk Pendidikan Teknologi Informasi. Semarang : untuk kalangan sendiri.
Utaminingrum, Fitri. 2011. Buku Ajar Matematika Diskrit Teknik Informatika. Universitas Brawijaya
Details ...
Mata kuliah ini membahas pengantar dari matematika diskrit yang terdiri atas beberapa pokok bahasan antara lain: Himpunan, Fungsi, Relasi Fungsi, Permutasi, Kombinasi, Teori Graph, dan Pohon. Mata kuliah ini diharapkan dapat menjembatani pokok bahasan dengan realitas dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam bidang teknologi informasi. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mengajarkan mahasiswa untuk berpikir secara matematis dan memberikan landasan matematis untuk kuliah-kuliah lain di informatika.
Learning Outcomesa. Penguasaan Pengetahuan
- menerapkan konsep-konsep dan teorema-teorema dalam kombinatorik (himpunan, fungsi, relasi fungsi, permutasi, kombinasi) dan graph (teori graph, pohon)
b. Ketrampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
c. Ketrampilan Khusus
Mampu menerapkan aplikasi kombinatorik dan teori graph dalam bidang teknologi informasi.
d. Sikap
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
ReferencesAdiwijaya. Matematika-diskrit-graf. Diakses di www.2dix.com/pdf.../pdf.php pada September 2015.
Budayasa, I Ketut. 2008. Matematika Diskrit. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya Press.
Kenneth H. Rosen. 2007. Discrete Mathematics and its Applications Sixth Edition. McGraw Hill.
Munir, Rinaldi. 2003. Diktat kuliah IF2153 Matematika Diskrit (Edisi Keempat). Teknik Informatika ITB.
Pramasdyahsari, Agnita Siska. 2015. Bahan Ajar Matematika Diskrit untuk Pendidikan Teknologi Informasi. Semarang : untuk kalangan sendiri.
Utaminingrum, Fitri. 2011. Buku Ajar Matematika Diskrit Teknik Informatika. Universitas Brawijaya
Details ...