Courser in English | INDONESIAN FOR SCIENTIFIC WRITING |
Program | Pendidikan Bahasa Inggris |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep-konsep kebahasaan dalam penggunaan Bahasa Indonesia baku untuk mendukung kajian atau laporan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari Bahasa Indonesia.
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar Bahasa Indonesia.
- Keterampilan Khusus
Mampu menggunakan bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.
ReferencesAlwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo).
Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.
Tim penulis. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi: Mahasiswa Strata Satu. Universitas PGRI Semarang.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep-konsep kebahasaan dalam penggunaan Bahasa Indonesia baku untuk mendukung kajian atau laporan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari Bahasa Indonesia.
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar Bahasa Indonesia.
- Keterampilan Khusus
Mampu menggunakan bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.
ReferencesAkhadiah, Sukarti, dkk. 1989. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Keraf, Gorys. 1980. Komposisi sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende-Flores: Nusa Indah.
_______. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende-Flores: Nusa Indah.
_______. 1982. Argumentasi dan Narasi: Komposisi Lanjutan III. Jakarta: Gramedia.
Razak, Abdul. 1990. Kalimat Efektif: Struktur Gaya dan Variasi. Jakarta: Gramedia.
Sudjana, Nana. 1988. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru.
Sudjito. 1988. Kalimat Efektif. Bandung: Remadja Karya C.V.
_______. 1992. Kosa Kata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
_______. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende-Flores: Nusa Indah.
Surono dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Semarang: Fasindo.
KBBI Pusat Bahasa
EYD Pusat Bahasa
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep-konsep kebahasaan dalam penggunaan Bahasa Indonesia baku untuk mendukung kajian atau laporan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari Bahasa Indonesia.
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar Bahasa Indonesia.
- Keterampilan Khusus
Mampu menggunakan bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.
ReferencesAlwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo).
Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.
Tim penulis. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi: Mahasiswa Strata Satu. Universitas PGRI Semarang.
Details ...
Mata kuliah ini adalah mata kuliah pengembangan keterampilan berbahasa Indonesia. Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu (1) menggunakan bahasa Indonesia untuk memperkaya pikiran, gagasan, dan sikap ilmiah ke dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang berkualitas (memenuhi syarat objektivitas, koherensi, kohesi, efektivitas, efisiensi, dan komunikatif); (2) menyunting secara kritis berbagai karya ilmiah dan menyempurnakannya berdasarkan hasil suntingan; Perkuliahan ini dilaksanakan dengan pendekatan komunikatif dan kontekstual melalui teknik diskusi, latihan, dan presentasi.
Learning Outcomes- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
- Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.
Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)
Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press .
Details ...
MKDU Bahasa Indonesia atau disebut sebagai Bahasa Indonesia Keilmuan adalah matakuliah dasar umum yang wajib diajarkan di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Materi disusun sistematis dan komprehensif untuk mendukung matakuliah-matakuliah lain pada program studi/jurusan yang ditempuh masing-masing.
Learning Outcomes- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
- Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.
Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (2015)
Pedoman Umum Pembentukan Istilah (2015)
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Jilid III)
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi IV)
Details ...