Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi: (1) Warga negara dan Pemerintah; (2) Negara dan Hukum; (3) Pancasila dan Konstitusi Negara; (4) Demokrasi dan Hak Asasi Manusia; (5) Sejarah Perjuangan Bangsa; Keragaman, dan Kebanggan sebagai Bangsa Indonesia; (6) Kerjasama Antar Bangsa
Learning OutcomesMenguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di SD
Menguasai dan mengembangkan materi dan teori pembelajaran ilmu bidang studi utama di SD
References1. Pedoman Pendidikan UPGRIS 2014/2015
2. Udin S Winataputra, dkk. Mentari dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka. 2007
3. AT. Soegito, dkk. Pendidikan Pancasila UPT MKU UNNES 2002
4. CST Kansil, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia, PN Balai Pustaka 1980
5. Bahan ajar PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2002, Panitia Sertikasi Guru Rayon 139 IKIP PGRI Semarang
6. Rustono, Dasar-dasar Pragmatik. UPT MKU UNNES, Halaman 14-66
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi: (1) Warga negara dan Pemerintah; (2) Negara dan Hukum; (3) Pancasila dan Konstitusi Negara; (4) Demokrasi dan Hak Asasi Manusia; (5) Sejarah Perjuangan Bangsa; Keragaman, dan Kebanggan sebagai Bangsa Indonesia; (6) Kerjasama Antar Bangsa
Learning OutcomesMenguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di SD
Menguasai dan mengembangkan materi dan teori pembelajaran ilmu bidang studi utama di SD
References1. Pedoman Pendidikan UPGRIS 2014/2015
2. Udin S Winataputra, dkk. Mentari dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka. 2007
3. AT. Soegito, dkk. Pendidikan Pancasila UPT MKU UNNES 2002
4. CST Kansil, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia, PN Balai Pustaka 1980
5. Bahan ajar PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2002, Panitia Sertikasi Guru Rayon 139 IKIP PGRI Semarang
6. Rustono, Dasar-dasar Pragmatik. UPT MKU UNNES, Halaman 14-66
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi: (1) Warga negara dan Pemerintah; (2) Negara dan Hukum; (3) Pancasila dan Konstitusi Negara; (4) Demokrasi dan Hak Asasi Manusia; (5) Sejarah Perjuangan Bangsa; Keragaman, dan Kebanggan sebagai Bangsa Indonesia; (6) Kerjasama Antar Bangsa
Learning OutcomesMenguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di SD
Menguasai dan mengembangkan materi dan teori pembelajaran ilmu bidang studi utama di SD
References1. Pedoman Pendidikan UPGRIS 2014/2015
2. Udin S Winataputra, dkk. Mentari dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka. 2007
3. AT. Soegito, dkk. Pendidikan Pancasila UPT MKU UNNES 2002
4. CST Kansil, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia, PN Balai Pustaka 1980
5. Bahan ajar PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2002, Panitia Sertikasi Guru Rayon 139 IKIP PGRI Semarang
6. Rustono, Dasar-dasar Pragmatik. UPT MKU UNNES, Halaman 14-66
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi: (1) Warga negara dan Pemerintah; (2) Negara dan Hukum; (3) Pancasila dan Konstitusi Negara; (4) Demokrasi dan Hak Asasi Manusia; (5) Sejarah Perjuangan Bangsa; Keragaman, dan Kebanggan sebagai Bangsa Indonesia; (6) Kerjasama Antar Bangsa
Learning OutcomesMenguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di SD
Menguasai dan mengembangkan materi dan teori pembelajaran ilmu bidang studi utama di SD
References1. Pedoman Pendidikan UPGRIS 2014/2015
2. Udin S Winataputra, dkk. Mentari dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka. 2007
3. AT. Soegito, dkk. Pendidikan Pancasila UPT MKU UNNES 2002
4. CST Kansil, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia, PN Balai Pustaka 1980
5. Bahan ajar PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2002, Panitia Sertikasi Guru Rayon 139 IKIP PGRI Semarang
6. Rustono, Dasar-dasar Pragmatik. UPT MKU UNNES, Halaman 14-66
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi: (1) Warga negara dan Pemerintah; (2) Negara dan Hukum; (3) Pancasila dan Konstitusi Negara; (4) Demokrasi dan Hak Asasi Manusia; (5) Sejarah Perjuangan Bangsa; Keragaman, dan Kebanggan sebagai Bangsa Indonesia; (6) Kerjasama Antar Bangsa
Learning OutcomesMenguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di SD
Menguasai dan mengembangkan materi dan teori pembelajaran ilmu bidang studi utama di SD
References1. Pedoman Pendidikan UPGRIS 2014/2015
2. Udin S Winataputra, dkk. Mentari dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka. 2007
3. AT. Soegito, dkk. Pendidikan Pancasila UPT MKU UNNES 2002
4. CST Kansil, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia, PN Balai Pustaka 1980
5. Bahan ajar PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2002, Panitia Sertikasi Guru Rayon 139 IKIP PGRI Semarang
6. Rustono, Dasar-dasar Pragmatik. UPT MKU UNNES, Halaman 14-66
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi: (1) Warga negara dan Pemerintah; (2) Negara dan Hukum; (3) Pancasila dan Konstitusi Negara; (4) Demokrasi dan Hak Asasi Manusia; (5) Sejarah Perjuangan Bangsa; Keragaman, dan Kebanggan sebagai Bangsa Indonesia; (6) Kerjasama Antar Bangsa
Learning OutcomesMenguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di SD
Menguasai dan mengembangkan materi dan teori pembelajaran ilmu bidang studi utama di SD
References1. Pedoman Pendidikan UPGRIS 2014/2015
2. Udin S Winataputra, dkk. Mentari dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka. 2007
3. AT. Soegito, dkk. Pendidikan Pancasila UPT MKU UNNES 2002
4. CST Kansil, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia, PN Balai Pustaka 1980
5. Bahan ajar PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2002, Panitia Sertikasi Guru Rayon 139 IKIP PGRI Semarang
6. Rustono, Dasar-dasar Pragmatik. UPT MKU UNNES, Halaman 14-66
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi: (1) Warga negara dan Pemerintah; (2) Negara dan Hukum; (3) Pancasila dan Konstitusi Negara; (4) Demokrasi dan Hak Asasi Manusia; (5) Sejarah Perjuangan Bangsa; Keragaman, dan Kebanggan sebagai Bangsa Indonesia; (6) Kerjasama Antar Bangsa
Learning OutcomesMenguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di SD
Menguasai dan mengembangkan materi dan teori pembelajaran ilmu bidang studi utama di SD
References1. Pedoman Pendidikan UPGRIS 2014/2015
2. Udin S Winataputra, dkk. Mentari dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka. 2007
3. AT. Soegito, dkk. Pendidikan Pancasila UPT MKU UNNES 2002
4. CST Kansil, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia, PN Balai Pustaka 1980
5. Bahan ajar PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2002, Panitia Sertikasi Guru Rayon 139 IKIP PGRI Semarang
6. Rustono, Dasar-dasar Pragmatik. UPT MKU UNNES, Halaman 14-66
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi: (1) Warga negara dan Pemerintah; (2) Negara dan Hukum; (3) Pancasila dan Konstitusi Negara; (4) Demokrasi dan Hak Asasi Manusia; (5) Sejarah Perjuangan Bangsa; Keragaman, dan Kebanggan sebagai Bangsa Indonesia; (6) Kerjasama Antar Bangsa
Learning OutcomesMenguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di SD
Menguasai dan mengembangkan materi dan teori pembelajaran ilmu bidang studi utama di SD
References1. Pedoman Pendidikan UPGRIS 2014/2015
2. Udin S Winataputra, dkk. Mentari dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka. 2007
3. AT. Soegito, dkk. Pendidikan Pancasila UPT MKU UNNES 2002
4. CST Kansil, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia, PN Balai Pustaka 1980
5. Bahan ajar PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2002, Panitia Sertikasi Guru Rayon 139 IKIP PGRI Semarang
6. Rustono, Dasar-dasar Pragmatik. UPT MKU UNNES, Halaman 14-66
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi: (1) Warga negara dan Pemerintah; (2) Negara dan Hukum; (3) Pancasila dan Konstitusi Negara; (4) Demokrasi dan Hak Asasi Manusia; (5) Sejarah Perjuangan Bangsa; Keragaman, dan Kebanggan sebagai Bangsa Indonesia; (6) Kerjasama Antar Bangsa
Learning OutcomesMenguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di SD
Menguasai dan mengembangkan materi dan teori pembelajaran ilmu bidang studi utama di SD
References1. Pedoman Pendidikan UPGRIS 2014/2015
2. Udin S Winataputra, dkk. Mentari dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka. 2007
3. AT. Soegito, dkk. Pendidikan Pancasila UPT MKU UNNES 2002
4. CST Kansil, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia, PN Balai Pustaka 1980
5. Bahan ajar PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2002, Panitia Sertikasi Guru Rayon 139 IKIP PGRI Semarang
6. Rustono, Dasar-dasar Pragmatik. UPT MKU UNNES, Halaman 14-66
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi: (1) Warga negara dan Pemerintah; (2) Negara dan Hukum; (3) Pancasila dan Konstitusi Negara; (4) Demokrasi dan Hak Asasi Manusia; (5) Sejarah Perjuangan Bangsa; Keragaman, dan Kebanggan sebagai Bangsa Indonesia; (6) Kerjasama Antar Bangsa
Learning OutcomesMenguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di SD
Menguasai dan mengembangkan materi dan teori pembelajaran ilmu bidang studi utama di SD
References1. Pedoman Pendidikan UPGRIS 2014/2015
2. Udin S Winataputra, dkk. Mentari dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka. 2007
3. AT. Soegito, dkk. Pendidikan Pancasila UPT MKU UNNES 2002
4. CST Kansil, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia, PN Balai Pustaka 1980
5. Bahan ajar PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2002, Panitia Sertikasi Guru Rayon 139 IKIP PGRI Semarang
6. Rustono, Dasar-dasar Pragmatik. UPT MKU UNNES, Halaman 14-66
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi: (1) Warga negara dan Pemerintah; (2) Negara dan Hukum; (3) Pancasila dan Konstitusi Negara; (4) Demokrasi dan Hak Asasi Manusia; (5) Sejarah Perjuangan Bangsa; Keragaman, dan Kebanggan sebagai Bangsa Indonesia; (6) Kerjasama Antar Bangsa
Learning OutcomesMenguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di SD
Menguasai dan mengembangkan materi dan teori pembelajaran ilmu bidang studi utama di SD
References1. Pedoman Pendidikan UPGRIS 2014/2015
2. Udin S Winataputra, dkk. Mentari dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka. 2007
3. AT. Soegito, dkk. Pendidikan Pancasila UPT MKU UNNES 2002
4. CST Kansil, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia, PN Balai Pustaka 1980
5. Bahan ajar PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2002, Panitia Sertikasi Guru Rayon 139 IKIP PGRI Semarang
6. Rustono, Dasar-dasar Pragmatik. UPT MKU UNNES, Halaman 14-66
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dalam menguasai konsep ilmu dan pemahan tentang pendidikan IPS serta membekali mahasiswa dalam merancang dan menerapakan metodologi pembelajaran IPS untuk diaplikasikan di SD. Mata kuliah ini, mahasiswa mengkaji ; konsep, hakikat dan Karakteristik, perkembangan pendidikan IPS, keterampilan sosial, dimensidan struktur, konsep dalam konteks lokal, nasioanal, dan global ; penanaman sikap, nilai, moral dan norma ; masalah - masalah sosial aktual ; pendekatan, model, strategi metode dalam pembelajaran aktif serta dapat menyusun perencanaan dalam pembelajran IPS SD
Learning OutcomesMenguasai model- model pembelajaran, serta merancang dan menerapkan metodologi pembelajaran IPS untuk di aplikasikan di SD
References-
Details ...