Kurikulum Pendidikan, Curriculum : 2021


Courser in EnglishEDUCATIONAL CURRICULUM
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah  kurikulum pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh mahasiswa
semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Mata kuliah  Kurikulum
Pendidikan mengkaji tentang telaah kurikulum sekolah  menengah yang mencakup sekilas
sejarah kurikulum, konsep kurikulum, asas dan fungsi kurikulum, ragam kurikulum,
komponen kurikulum, analisis kompetensi inti, kompetensi dasar, pengembangan prota,
promes, minggu efektif,  perumusan indikator pencapaian kompetensi, pengembangan
silabus, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelejaran bahasa Indonesia di
sekolah menengah. 

Learning Outcomes

CPMK 1: Menguasai dan mendeskripsikan  konsep dan  perkembangan kurikulum dalam
pendidikan secara bertanggung jawab (S9, P3, KU1, KK3) 

CPMK 2: Menguasai dan mengklasifikasi asas, fungsi, landasan, dan ragam kurikulum yang
diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah (S11, P4, KU2,
KK3) 

CPMK 3: Mendeskripsikan dan menerapkan komponen kurikulum yang pernah digunakan
dalam pendidikan (S11, P4, KU4, KK3)

CPMK 4: Menganalisis dan menelaah prota, promes, minggu efektif dalam rangka pemetaan
kurikulum pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah secara mandiri (S9,
P4, KU3, KK3) 

CPMK 5: Menganalisis dan mengevaluasi isi kurikulum mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi yang ada dalam silabus pembelajaran Bahasa Indonesia secara bersama (S6, P5, KU5, KK3)  

CPMK 6: Menyusun perencanaan pembelajaran dan pengembangan silabus bahasa Indonesia di
sekolah menengah berbasis HOTS dan TPACK dalam menghadapi pembelajarn abad
21 tepat waktu (S10, P5, KU2, KK4) 

References

Ahmadi, Abu. 1984. Pengantar Kurikulum. Surabaya: Bina Ilmu.
Depdiknas.2004.Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

________. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA 
dan MA. Jakarta: Depdiknas.
________. Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

________. 2004. KBK SMA: Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah 
Afektif. Jakarta: Depdiknas.
________. 2006. Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

________.2005. PP No. 19 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan .Jakarta: Depdiknas

 _______.2005. Permendiknas No 24 tentang Pelaksanaan SI dan SKL. .Jakarta: Depdiknas

________.2006. Permendiknas No. 22 tentang Standar Isi: Jakarta: Depdiknas

Firdaus, Zulfahnur Z dan Rosmid Rosa. 1987. Telaah Kurikulum BI SMA. Jakarta: 
Karunika Universitas Terbuka

Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Rosda Karya.
Permendikbud No. 20 tahun 2006 tentang SKL Pendidikan Dasar dan Menengah
Permendikbud tahun 2016 Nomor 21 tentang Standar Isi Pendidikan dasar, san Menengah
Permendikbud Nomor 37 Tahun2018 tentang KI, KD SD, SMP, SMA  

Sukmadinata, Nan Saodih. 1997. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: 
Rosda Karya 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah  kurikulum pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh mahasiswa
semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Mata kuliah  Kurikulum
Pendidikan mengkaji tentang telaah kurikulum sekolah  menengah yang mencakup sekilas
sejarah kurikulum, konsep kurikulum, asas dan fungsi kurikulum, ragam kurikulum,
komponen kurikulum, analisis kompetensi inti, kompetensi dasar, pengembangan prota,
promes, minggu efektif,  perumusan indikator pencapaian kompetensi, pengembangan
silabus, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelejaran bahasa Indonesia di
sekolah menengah. 

Learning Outcomes

CPMK 1: Menguasai dan mendeskripsikan  konsep dan  perkembangan kurikulum dalam
pendidikan secara bertanggung jawab (S9, P3, KU1, KK3) 

CPMK 2: Menguasai dan mengklasifikasi asas, fungsi, landasan, dan ragam kurikulum yang
diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah (S11, P4, KU2,
KK3) 

CPMK 3: Mendeskripsikan dan menerapkan komponen kurikulum yang pernah digunakan
dalam pendidikan (S11, P4, KU4, KK3)

CPMK 4: Menganalisis dan menelaah prota, promes, minggu efektif dalam rangka pemetaan
kurikulum pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah secara mandiri (S9,
P4, KU3, KK3) 

CPMK 5: Menganalisis dan mengevaluasi isi kurikulum mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi yang ada dalam silabus pembelajaran Bahasa Indonesia secara bersama (S6, P5, KU5, KK3)  

CPMK 6: Menyusun perencanaan pembelajaran dan pengembangan silabus bahasa Indonesia di
sekolah menengah berbasis HOTS dan TPACK dalam menghadapi pembelajarn abad
21 tepat waktu (S10, P5, KU2, KK4) 

References

Ahmadi, Abu. 1984. Pengantar Kurikulum. Surabaya: Bina Ilmu.
Depdiknas.2004.Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

________. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA 
dan MA. Jakarta: Depdiknas.
________. Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

________. 2004. KBK SMA: Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah 
Afektif. Jakarta: Depdiknas.
________. 2006. Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

________.2005. PP No. 19 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan .Jakarta: Depdiknas

 _______.2005. Permendiknas No 24 tentang Pelaksanaan SI dan SKL. .Jakarta: Depdiknas

________.2006. Permendiknas No. 22 tentang Standar Isi: Jakarta: Depdiknas

Firdaus, Zulfahnur Z dan Rosmid Rosa. 1987. Telaah Kurikulum BI SMA. Jakarta: 
Karunika Universitas Terbuka

Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Rosda Karya.
Permendikbud No. 20 tahun 2006 tentang SKL Pendidikan Dasar dan Menengah
Permendikbud tahun 2016 Nomor 21 tentang Standar Isi Pendidikan dasar, san Menengah
Permendikbud Nomor 37 Tahun2018 tentang KI, KD SD, SMP, SMA  

Sukmadinata, Nan Saodih. 1997. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: 
Rosda Karya 


Details ...