Courser in English | EDUCATIONAL CURRICULUM |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah kurikulum pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh mahasiswa
semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Mata kuliah Kurikulum
Pendidikan mengkaji tentang telaah kurikulum sekolah menengah yang mencakup sekilas
sejarah kurikulum, konsep kurikulum, asas dan fungsi kurikulum, ragam kurikulum,
komponen kurikulum, analisis kompetensi inti, kompetensi dasar, pengembangan prota,
promes, minggu efektif, perumusan indikator pencapaian kompetensi, pengembangan
silabus, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelejaran bahasa Indonesia di
sekolah menengah.
CPMK 1: Menguasai dan mendeskripsikan konsep dan perkembangan kurikulum dalam
pendidikan secara bertanggung jawab (S9, P3, KU1, KK3)
CPMK 2: Menguasai dan mengklasifikasi asas, fungsi, landasan, dan ragam kurikulum yang
diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah (S11, P4, KU2,
KK3)
CPMK 3: Mendeskripsikan dan menerapkan komponen kurikulum yang pernah digunakan
dalam pendidikan (S11, P4, KU4, KK3)
CPMK 4: Menganalisis dan menelaah prota, promes, minggu efektif dalam rangka pemetaan
kurikulum pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah secara mandiri (S9,
P4, KU3, KK3)
CPMK 5: Menganalisis dan mengevaluasi isi kurikulum mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi yang ada dalam silabus pembelajaran Bahasa Indonesia secara bersama (S6, P5, KU5, KK3)
CPMK 6: Menyusun perencanaan pembelajaran dan pengembangan silabus bahasa Indonesia di
sekolah menengah berbasis HOTS dan TPACK dalam menghadapi pembelajarn abad
21 tepat waktu (S10, P5, KU2, KK4)
Ahmadi, Abu. 1984. Pengantar Kurikulum. Surabaya: Bina Ilmu.
Depdiknas.2004.Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
________. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA
dan MA. Jakarta: Depdiknas.
________. Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.
________. 2004. KBK SMA: Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah
Afektif. Jakarta: Depdiknas.
________. 2006. Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
________.2005. PP No. 19 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan .Jakarta: Depdiknas
_______.2005. Permendiknas No 24 tentang Pelaksanaan SI dan SKL. .Jakarta: Depdiknas
________.2006. Permendiknas No. 22 tentang Standar Isi: Jakarta: Depdiknas
Firdaus, Zulfahnur Z dan Rosmid Rosa. 1987. Telaah Kurikulum BI SMA. Jakarta:
Karunika Universitas Terbuka
Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Rosda Karya.
Permendikbud No. 20 tahun 2006 tentang SKL Pendidikan Dasar dan Menengah
Permendikbud tahun 2016 Nomor 21 tentang Standar Isi Pendidikan dasar, san Menengah
Permendikbud Nomor 37 Tahun2018 tentang KI, KD SD, SMP, SMA
Sukmadinata, Nan Saodih. 1997. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung:
Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah kurikulum pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh mahasiswa
semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Mata kuliah Kurikulum
Pendidikan mengkaji tentang telaah kurikulum sekolah menengah yang mencakup sekilas
sejarah kurikulum, konsep kurikulum, asas dan fungsi kurikulum, ragam kurikulum,
komponen kurikulum, analisis kompetensi inti, kompetensi dasar, pengembangan prota,
promes, minggu efektif, perumusan indikator pencapaian kompetensi, pengembangan
silabus, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelejaran bahasa Indonesia di
sekolah menengah.
CPMK 1: Menguasai dan mendeskripsikan konsep dan perkembangan kurikulum dalam
pendidikan secara bertanggung jawab (S9, P3, KU1, KK3)
CPMK 2: Menguasai dan mengklasifikasi asas, fungsi, landasan, dan ragam kurikulum yang
diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah (S11, P4, KU2,
KK3)
CPMK 3: Mendeskripsikan dan menerapkan komponen kurikulum yang pernah digunakan
dalam pendidikan (S11, P4, KU4, KK3)
CPMK 4: Menganalisis dan menelaah prota, promes, minggu efektif dalam rangka pemetaan
kurikulum pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah secara mandiri (S9,
P4, KU3, KK3)
CPMK 5: Menganalisis dan mengevaluasi isi kurikulum mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi yang ada dalam silabus pembelajaran Bahasa Indonesia secara bersama (S6, P5, KU5, KK3)
CPMK 6: Menyusun perencanaan pembelajaran dan pengembangan silabus bahasa Indonesia di
sekolah menengah berbasis HOTS dan TPACK dalam menghadapi pembelajarn abad
21 tepat waktu (S10, P5, KU2, KK4)
Ahmadi, Abu. 1984. Pengantar Kurikulum. Surabaya: Bina Ilmu.
Depdiknas.2004.Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
________. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA
dan MA. Jakarta: Depdiknas.
________. Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.
________. 2004. KBK SMA: Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah
Afektif. Jakarta: Depdiknas.
________. 2006. Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
________.2005. PP No. 19 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan .Jakarta: Depdiknas
_______.2005. Permendiknas No 24 tentang Pelaksanaan SI dan SKL. .Jakarta: Depdiknas
________.2006. Permendiknas No. 22 tentang Standar Isi: Jakarta: Depdiknas
Firdaus, Zulfahnur Z dan Rosmid Rosa. 1987. Telaah Kurikulum BI SMA. Jakarta:
Karunika Universitas Terbuka
Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Rosda Karya.
Permendikbud No. 20 tahun 2006 tentang SKL Pendidikan Dasar dan Menengah
Permendikbud tahun 2016 Nomor 21 tentang Standar Isi Pendidikan dasar, san Menengah
Permendikbud Nomor 37 Tahun2018 tentang KI, KD SD, SMP, SMA
Sukmadinata, Nan Saodih. 1997. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung:
Rosda Karya
Details ...