Dasar metode penelitian pendidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishFUNDAMENTALS OF EDUCATIONAL RESEARCH
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan tingkat strata satu.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami dasar-dasar penelitian pendidikan tingkat strata satu.

References

Umaya, N. M., & Harjito. (2018). Metode Penelitian Pembelajaran Sastra. Semarang: Universitas PGRI Semarang Press.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. (1985). Introduction to Researh in Education. Third Edition,  New York: Holt, Rinehart and Winston.

Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, Brown Company.

Branen, Julia. (1999). Memadu Metode Penelitian Kualtatif & Kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Creswell, J.W. 2003. Research Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. London : Sage Publication.

Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. 2000. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

KIP Jakarta, 1985. Hipotesis Kebatinan dalam Parameter, Media Komunikasi dan Informasi Penelitian Lembaga Penelitian IKIP Jakarta. No. IV. Pebruari 1985.

__________. 1985. Pedoman Penulisan Ilmiah. Jakarta: FPS IKIP Jakarta.

__________. 1989. Buku Pedoman Penelitian Teoretis & Penyusunan Usul Penelitian. IKIP Jakarta: Lembaga Penelitian.

Kerlinger, Fred N. (2006?). Asas-asas Penelitian Bevioral. Yogyakarta: UGM Press.

Krathwohl, David R. (1986).. Methods of Educational & Social Science Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.

Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Menyusun Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Sinar Baru.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.

Wiersma, William. (1986).  Research Methods in Education an Introduction. Fourth Edition.. Boston: Allyn and Bacon, Inc.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan tingkat strata satu.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami dasar-dasar penelitian pendidikan tingkat strata satu.

References

Umaya, N. M., & Harjito. (2018). Metode Penelitian Pembelajaran Sastra. Semarang: Universitas PGRI Semarang Press.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. (1985). Introduction to Researh in Education. Third Edition,  New York: Holt, Rinehart and Winston.

Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, Brown Company.

Branen, Julia. (1999). Memadu Metode Penelitian Kualtatif & Kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Creswell, J.W. 2003. Research Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. London : Sage Publication.

Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. 2000. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

KIP Jakarta, 1985. Hipotesis Kebatinan dalam Parameter, Media Komunikasi dan Informasi Penelitian Lembaga Penelitian IKIP Jakarta. No. IV. Pebruari 1985.

__________. 1985. Pedoman Penulisan Ilmiah. Jakarta: FPS IKIP Jakarta.

__________. 1989. Buku Pedoman Penelitian Teoretis & Penyusunan Usul Penelitian. IKIP Jakarta: Lembaga Penelitian.

Kerlinger, Fred N. (2006?). Asas-asas Penelitian Bevioral. Yogyakarta: UGM Press.

Krathwohl, David R. (1986).. Methods of Educational & Social Science Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.

Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Menyusun Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Sinar Baru.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.

Wiersma, William. (1986).  Research Methods in Education an Introduction. Fourth Edition.. Boston: Allyn and Bacon, Inc.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Metodologi Penelitian Pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir. Matakuliah ini bersifat pre-requisit dan wajib tempuh bagi semua mahasiswa. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topic, identifikasi permasalahan, ulasan kepustakaan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan metode, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktik pembuatan pra proposal. Mata kuliah ini diberikan dengan  komposisi yang berimbang antara teori dan praktik. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, tugas-tugas terstruktur dan partisipasi mahasiswa dalam kelas.

Learning Outcomes

Pada akhir perkuliahan Metodologi Penelitian Kependidikan para mahasiswa memiliki kompetensi (1) kognitif, yakni mengetahui, memahami dan membedakan berbagai metode penelitian dalam bidang kependidikan, (2) psikomotorik, yakni memilih dan melaksanakan langkah-langkah penelitian yang sesuai dengan topik ataupun permasalahan tugas akhir yang mereka pilih, (3) afektif, yakni menghindari cara-cara yang tidak terpuji dalam penelitian, misalnya plagiat.

References

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. 1983. Educational research: An introduction. New York: Longman Inc.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. 1993. How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Aminudin, (Ed.). 1990. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra . Malang: YA3

Arikunto, Suharsimi. 1991. Prosedur Penelitian . Jakarta: Bineka Cipta.

Bogdan, R. 1982. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods . Boston: Allyn and Bacon Inc.

Hadi, Sutrisno. 1980. Metodologi Research . Yogyakarta: UGM.

Wirasasmita, Sutardi, dkk. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung:FPBS UPI.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Metodologi Penelitian Pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir. Matakuliah ini bersifat pre-requisit dan wajib tempuh bagi semua mahasiswa. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topic, identifikasi permasalahan, ulasan kepustakaan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan metode, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktik pembuatan pra proposal. Mata kuliah ini diberikan dengan  komposisi yang berimbang antara teori dan praktik. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, tugas-tugas terstruktur dan partisipasi mahasiswa dalam kelas.

Learning Outcomes

Pada akhir perkuliahan Metodologi Penelitian Kependidikan para mahasiswa memiliki kompetensi (1) kognitif, yakni mengetahui, memahami dan membedakan berbagai metode penelitian dalam bidang kependidikan, (2) psikomotorik, yakni memilih dan melaksanakan langkah-langkah penelitian yang sesuai dengan topik ataupun permasalahan tugas akhir yang mereka pilih, (3) afektif, yakni menghindari cara-cara yang tidak terpuji dalam penelitian, misalnya plagiat.

References

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. 1983. Educational research: An introduction. New York: Longman Inc.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. 1993. How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Aminudin, (Ed.). 1990. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra . Malang: YA3

Arikunto, Suharsimi. 1991. Prosedur Penelitian . Jakarta: Bineka Cipta.

Bogdan, R. 1982. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods . Boston: Allyn and Bacon Inc.

Hadi, Sutrisno. 1980. Metodologi Research . Yogyakarta: UGM.

Wirasasmita, Sutardi, dkk. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung:FPBS UPI.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Metodologi Penelitian Pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir. Matakuliah ini bersifat pre-requisit dan wajib tempuh bagi semua mahasiswa. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topic, identifikasi permasalahan, ulasan kepustakaan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan metode, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktik pembuatan pra proposal. Mata kuliah ini diberikan dengan  komposisi yang berimbang antara teori dan praktik. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, tugas-tugas terstruktur dan partisipasi mahasiswa dalam kelas.

Learning Outcomes

Pada akhir perkuliahan Metodologi Penelitian Kependidikan para mahasiswa memiliki kompetensi (1) kognitif, yakni mengetahui, memahami dan membedakan berbagai metode penelitian dalam bidang kependidikan, (2) psikomotorik, yakni memilih dan melaksanakan langkah-langkah penelitian yang sesuai dengan topik ataupun permasalahan tugas akhir yang mereka pilih, (3) afektif, yakni menghindari cara-cara yang tidak terpuji dalam penelitian, misalnya plagiat.

References

Borg, Walter, R & Gall, Meredith, D,. 1983. Educational research: An introduction. New York: Longman Inc.

Fraenkel, Jack R. & Norman E. Wallen. 1993. How to design and evaluate research in education. Second edition. New York: McGraw Hill, Inc.

Aminudin, (Ed.). 1990. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra . Malang: YA3

Arikunto, Suharsimi. 1991. Prosedur Penelitian . Jakarta: Bineka Cipta.

Bogdan, R. 1982. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods . Boston: Allyn and Bacon Inc.

Hadi, Sutrisno. 1980. Metodologi Research . Yogyakarta: UGM.

Wirasasmita, Sutardi, dkk. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung:FPBS UPI.


Details ...