Courser in English | Educational Foundation |
Program | Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 21 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Pendidikan dan Kebudayaan, (2) Pendidikan sebagai Ilmu dan Landasan Ilmu Pendidikan, (3) Tujuan dan Harapan Pendidikan, (4) Subyek dan Obyek, Lingkungan dan Lembaga Pendidikan, (5) Alat dan Isi serta Metode Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, dan (7) Pendidikan dalam Praksis dan Masalah-masalahnya.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilaia
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandirimenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Penguasaan pengetahuan
- memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
Daftar Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2016. Landasan Kependidikan. Semarang: UPGRIS.
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
- Soegeng Ysh. A.Y. 2013. Filsafat Pendidikan: Suatu Pengembangan. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Pendidikan dan Kebudayaan, (2) Pendidikan sebagai Ilmu dan Landasan Ilmu Pendidikan, (3) Tujuan dan Harapan Pendidikan, (4) Subyek dan Obyek, Lingkungan dan Lembaga Pendidikan, (5) Alat dan Isi serta Metode Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, dan (7) Pendidikan dalam Praksis dan Masalah-masalahnya.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilaia
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandirimenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Penguasaan pengetahuan
- memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah
Daftar Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2016. Landasan Kependidikan. Semarang: UPGRIS.
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
- Soegeng Ysh. A.Y. 2013. Filsafat Pendidikan: Suatu Pengembangan. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Details ...
Matakuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Pendidikan dan Kebudayaan, (2) Pendidikan sebagai Ilmu dan Landasan Ilmu Pendidikan, (3) Tujuan dan Harapan Pendidikan, (4) Subyek dan Obyek, Lingkungan dan Lembaga Pendidikan, (5) Alat dan Isi serta Metode Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, dan (7) Pendidikan dalam Praksis dan Masalah-masalahnya.
Learning OutcomesSikap
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah.
Penguasaan Pengetahuan
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah.
Daftar Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2016. Landasan Kependidikan Jilid 1. Semarang: UPGRIS.
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
- Soegeng Ysh. A.Y. 2013. Filsafat Pendidikan: Suatu Pengembangan. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Details ...
Matakuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Pendidikan dan Kebudayaan, (2) Pendidikan sebagai Ilmu dan Landasan Ilmu Pendidikan, (3) Tujuan dan Harapan Pendidikan, (4) Subyek dan Obyek, Lingkungan dan Lembaga Pendidikan, (5) Alat dan Isi serta Metode Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, dan (7) Pendidikan dalam Praksis dan Masalah-masalahnya.
Learning OutcomesSikap
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah.
Penguasaan Pengetahuan
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah.
Daftar Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2016. Landasan Kependidikan Jilid 1. Semarang: UPGRIS.
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
- Soegeng Ysh. A.Y. 2013. Filsafat Pendidikan: Suatu Pengembangan. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Pendidikan dan Kebudayaan, (2) Pendidikan sebagai Ilmu dan Landasan Ilmu Pendidikan, (3) Tujuan dan Harapan Pendidikan, (4) Subyek dan Obyek, Lingkungan dan Lembaga Pendidikan, (5) Alat dan Isi serta Metode Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, dan (7) Pendidikan dalam Praksis dan Masalah-masalahnya.
Learning Outcomes1. Sikap
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
e. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
g. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
h. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
i. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
j. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2. Keterampilan Umum
a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3. Keterampilan Khusus
a. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
b. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
c. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
d. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. . Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
References
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Details ...
Mata kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah dasar fakulter dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas tentang hakikat dan tujuan pendidikan, landasan pendidikan, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan sekolah, pendidikan sains di sekolah dan masyarakat, pendidikan sains dan lifeskill abad 21, pendidikan karakter dan kajian pendidikan di berbagai negara.
Learning Outcomes1.Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious.
2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3.Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
4.Menginternaliasi nilai, norma, dan etika akademik.
5.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
6.Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
ReferencesKusdaryani, W. 2009. Landasan Kependidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Soegeng, A. Y. dkk. 2009. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Soegeng, A. Y. dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Details ...
Mata kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah dasar fakulter dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas tentang hakikat dan tujuan pendidikan, landasan pendidikan, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan sekolah, pendidikan sains di sekolah dan masyarakat, pendidikan sains dan lifeskill abad 21, pendidikan karakter dan kajian pendidikan di berbagai negara.
Learning Outcomes1.Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious.
2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3.Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
4.Menginternaliasi nilai, norma, dan etika akademik.
5.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
6.Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
ReferencesKusdaryani, W. 2009. Landasan Kependidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Soegeng, A. Y. dkk. 2009. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Soegeng, A. Y. dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Details ...
Mata kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah dasar fakulter dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas tentang hakikat dan tujuan pendidikan, landasan pendidikan, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan sekolah, pendidikan sains di sekolah dan masyarakat, pendidikan sains dan lifeskill abad 21, pendidikan karakter dan kajian pendidikan di berbagai negara.
Learning Outcomes1.Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious.
2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3.Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
4.Menginternaliasi nilai, norma, dan etika akademik.
5.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
6.Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
ReferencesKusdaryani, W. 2009. Landasan Kependidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Soegeng, A. Y. dkk. 2009. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Soegeng, A. Y. dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Details ...
Mata kuliah Landasan Kependidikan merupakan mata kuliah dasar fakulter dan bersifat wajib di tempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas tentang hakikat dan tujuan pendidikan, landasan pendidikan, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan sekolah, pendidikan sains di sekolah dan masyarakat, pendidikan sains dan lifeskill abad 21, pendidikan karakter dan kajian pendidikan di berbagai negara.
Learning Outcomes1.Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious.
2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3.Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
4.Menginternaliasi nilai, norma, dan etika akademik.
5.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
6.Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
ReferencesKusdaryani, W. 2009. Landasan Kependidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Soegeng, A. Y. dkk. 2009. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Soegeng, A. Y. dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Details ...