Microteaching, Curriculum : 2020


Courser in EnglishMICROTEACHING
ProgramPendidikan Matematika
SKS2 SKS
RPS7 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran, serta memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) dan keterampilan dasar mengajar berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi serta mempraktikan simulasi mengajar dengan didampingi dosen. Luaran mahasiswa mampu praktik mengajar dengan baik guna terjun kelapangan untuk praktik pada matakuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan.

Learning Outcomes

SIKAP:

S.4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa

S.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri

S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis.

 

PENGETAHUAN:

P.2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup 

P.3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika

 

KETERAMPILAN UMUM:

KU.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.3. Mampu memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya, mengelola pembelajaran secara mandiri dan melakukan proses evaluasi pembelajaran matematika

KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5. Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau desain pemecahan masalah

 

KETERAMPILAN KHUSUS:

KK.2. Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya

KK.5. Mampu membuat desain pembelajaran dan mengaplikasikan dalam pengelolaan pembelajaran secara mandiri berdasar prinsip TPACK dan HOTs.

KK.7. Menumbuhkan pola pemikiran HOTs melalui penerapan keterampilan 6C (Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative thinking, Computational logic, Compassion dan Civicresponsibility) dalam matematika

CMPK

CPMK 1: Menguasai konsep pedagogik, khususnya perencanaan pembelajaran, melalui pengkajian konsep dan model perencanaan pembelajaran berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas serta mandiri dalam pengelolaan pembelajaran [S11, P2, KU3, KU 5]

CPMK 2: Mengaplikasikan konsep teoretis pedagogi melalui kegiatan menganalisis permasalahan pembelajaran terkait kesulitan siswa dalam menguasai kemampuan matematis, kemampuan HOTs serta analisis perkembangan metode dan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal berdasar teori belajar yang relevan sebagai bentuk kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, khususnya lingkungan pendidikan [S6, P2, KU4, KK2]

CPMK 3: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan pembelajaran matematika melalui kegiatan menganalisis landasan yuridis perencanaan pembelajaran matematika untuk mengembangkan potensi peserta didik serta ketrampilan 6C sebagai wujud rasa tanggungjawab terhadap bangsa dan negara [S6, P3, KU4]

CPMK 4 : Mengaplikasikan prinsip dan teknik perencanaan pembelajaran matematika yang tertuang dalam Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Menyesuaikan kurikulum yang berlaku) matematika berdasar prinsip TPACK dan HOTs serta memfasilitasi ketrampilan 6C, melalui projek mandiri berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas serta mandiri dalam pengelolaan pembelajaran [S11, P3, KU3, KK5]

References

Buku Microteaching


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran, serta memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) dan keterampilan dasar mengajar berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi serta mempraktikan simulasi mengajar dengan didampingi dosen. Luaran mahasiswa mampu praktik mengajar dengan baik guna terjun kelapangan untuk praktik pada matakuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan.

Learning Outcomes

SIKAP:

S.4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa

S.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri

S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis.

 

PENGETAHUAN:

P.2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup 

P.3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika

 

KETERAMPILAN UMUM:

KU.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.3. Mampu memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya, mengelola pembelajaran secara mandiri dan melakukan proses evaluasi pembelajaran matematika

KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5. Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau desain pemecahan masalah

 

KETERAMPILAN KHUSUS:

KK.2. Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya

KK.5. Mampu membuat desain pembelajaran dan mengaplikasikan dalam pengelolaan pembelajaran secara mandiri berdasar prinsip TPACK dan HOTs.

KK.7. Menumbuhkan pola pemikiran HOTs melalui penerapan keterampilan 6C (Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative thinking, Computational logic, Compassion dan Civicresponsibility) dalam matematika

CMPK

CPMK 1: Menguasai konsep pedagogik, khususnya perencanaan pembelajaran, melalui pengkajian konsep dan model perencanaan pembelajaran berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas serta mandiri dalam pengelolaan pembelajaran [S11, P2, KU3, KU 5]

CPMK 2: Mengaplikasikan konsep teoretis pedagogi melalui kegiatan menganalisis permasalahan pembelajaran terkait kesulitan siswa dalam menguasai kemampuan matematis, kemampuan HOTs serta analisis perkembangan metode dan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal berdasar teori belajar yang relevan sebagai bentuk kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, khususnya lingkungan pendidikan [S6, P2, KU4, KK2]

CPMK 3: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan pembelajaran matematika melalui kegiatan menganalisis landasan yuridis perencanaan pembelajaran matematika untuk mengembangkan potensi peserta didik serta ketrampilan 6C sebagai wujud rasa tanggungjawab terhadap bangsa dan negara [S6, P3, KU4]

CPMK 4 : Mengaplikasikan prinsip dan teknik perencanaan pembelajaran matematika yang tertuang dalam Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Menyesuaikan kurikulum yang berlaku) matematika berdasar prinsip TPACK dan HOTs serta memfasilitasi ketrampilan 6C, melalui projek mandiri berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas serta mandiri dalam pengelolaan pembelajaran [S11, P3, KU3, KK5]

References

Buku Microteaching


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran, serta memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) dan keterampilan dasar mengajar berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi serta mempraktikan simulasi mengajar dengan didampingi dosen. Luaran mahasiswa mampu praktik mengajar dengan baik guna terjun kelapangan untuk praktik pada matakuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan.

Learning Outcomes

SIKAP:

S.4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa

S.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri

S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis.

 

PENGETAHUAN:

P.2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup 

P.3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika

 

KETERAMPILAN UMUM:

KU.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.3. Mampu memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya, mengelola pembelajaran secara mandiri dan melakukan proses evaluasi pembelajaran matematika

KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5. Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau desain pemecahan masalah

 

KETERAMPILAN KHUSUS:

KK.2. Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya

KK.5. Mampu membuat desain pembelajaran dan mengaplikasikan dalam pengelolaan pembelajaran secara mandiri berdasar prinsip TPACK dan HOTs.

KK.7. Menumbuhkan pola pemikiran HOTs melalui penerapan keterampilan 6C (Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative thinking, Computational logic, Compassion dan Civicresponsibility) dalam matematika

CMPK

CPMK 1: Menguasai konsep pedagogik, khususnya perencanaan pembelajaran, melalui pengkajian konsep dan model perencanaan pembelajaran berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas serta mandiri dalam pengelolaan pembelajaran [S11, P2, KU3, KU 5]

CPMK 2: Mengaplikasikan konsep teoretis pedagogi melalui kegiatan menganalisis permasalahan pembelajaran terkait kesulitan siswa dalam menguasai kemampuan matematis, kemampuan HOTs serta analisis perkembangan metode dan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal berdasar teori belajar yang relevan sebagai bentuk kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, khususnya lingkungan pendidikan [S6, P2, KU4, KK2]

CPMK 3: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan pembelajaran matematika melalui kegiatan menganalisis landasan yuridis perencanaan pembelajaran matematika untuk mengembangkan potensi peserta didik serta ketrampilan 6C sebagai wujud rasa tanggungjawab terhadap bangsa dan negara [S6, P3, KU4]

CPMK 4 : Mengaplikasikan prinsip dan teknik perencanaan pembelajaran matematika yang tertuang dalam Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Menyesuaikan kurikulum yang berlaku) matematika berdasar prinsip TPACK dan HOTs serta memfasilitasi ketrampilan 6C, melalui projek mandiri berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas serta mandiri dalam pengelolaan pembelajaran [S11, P3, KU3, KK5]

References

Buku Microteaching


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran, serta memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) dan keterampilan dasar mengajar berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi serta mempraktikan simulasi mengajar dengan didampingi dosen. Luaran mahasiswa mampu praktik mengajar dengan baik guna terjun kelapangan untuk praktik pada matakuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan.

Learning Outcomes

SIKAP:

S.4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa

S.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri

S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis.

 

PENGETAHUAN:

P.2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup 

P.3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika

 

KETERAMPILAN UMUM:

KU.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.3. Mampu memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya, mengelola pembelajaran secara mandiri dan melakukan proses evaluasi pembelajaran matematika

KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5. Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau desain pemecahan masalah

 

KETERAMPILAN KHUSUS:

KK.2. Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya

KK.5. Mampu membuat desain pembelajaran dan mengaplikasikan dalam pengelolaan pembelajaran secara mandiri berdasar prinsip TPACK dan HOTs.

KK.7. Menumbuhkan pola pemikiran HOTs melalui penerapan keterampilan 6C (Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative thinking, Computational logic, Compassion dan Civicresponsibility) dalam matematika

CMPK

CPMK 1: Menguasai konsep pedagogik, khususnya perencanaan pembelajaran, melalui pengkajian konsep dan model perencanaan pembelajaran berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas serta mandiri dalam pengelolaan pembelajaran [S11, P2, KU3, KU 5]

CPMK 2: Mengaplikasikan konsep teoretis pedagogi melalui kegiatan menganalisis permasalahan pembelajaran terkait kesulitan siswa dalam menguasai kemampuan matematis, kemampuan HOTs serta analisis perkembangan metode dan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal berdasar teori belajar yang relevan sebagai bentuk kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, khususnya lingkungan pendidikan [S6, P2, KU4, KK2]

CPMK 3: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan pembelajaran matematika melalui kegiatan menganalisis landasan yuridis perencanaan pembelajaran matematika untuk mengembangkan potensi peserta didik serta ketrampilan 6C sebagai wujud rasa tanggungjawab terhadap bangsa dan negara [S6, P3, KU4]

CPMK 4 : Mengaplikasikan prinsip dan teknik perencanaan pembelajaran matematika yang tertuang dalam Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Menyesuaikan kurikulum yang berlaku) matematika berdasar prinsip TPACK dan HOTs serta memfasilitasi ketrampilan 6C, melalui projek mandiri berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas serta mandiri dalam pengelolaan pembelajaran [S11, P3, KU3, KK5]

References

Buku Microteaching


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran, serta memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) dan keterampilan dasar mengajar berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi serta mempraktikan simulasi mengajar dengan didampingi dosen. Luaran mahasiswa mampu praktik mengajar dengan baik guna terjun kelapangan untuk praktik pada matakuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan.

Learning Outcomes

SIKAP:

S.4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa

S.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri

S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis.

 

PENGETAHUAN:

P.2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup 

P.3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika

 

KETERAMPILAN UMUM:

KU.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.3. Mampu memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya, mengelola pembelajaran secara mandiri dan melakukan proses evaluasi pembelajaran matematika

KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5. Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau desain pemecahan masalah

 

KETERAMPILAN KHUSUS:

KK.2. Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya

KK.5. Mampu membuat desain pembelajaran dan mengaplikasikan dalam pengelolaan pembelajaran secara mandiri berdasar prinsip TPACK dan HOTs.

KK.7. Menumbuhkan pola pemikiran HOTs melalui penerapan keterampilan 6C (Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative thinking, Computational logic, Compassion dan Civicresponsibility) dalam matematika

CMPK

CPMK 1: Menguasai konsep pedagogik, khususnya perencanaan pembelajaran, melalui pengkajian konsep dan model perencanaan pembelajaran berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas serta mandiri dalam pengelolaan pembelajaran [S11, P2, KU3, KU 5]

CPMK 2: Mengaplikasikan konsep teoretis pedagogi melalui kegiatan menganalisis permasalahan pembelajaran terkait kesulitan siswa dalam menguasai kemampuan matematis, kemampuan HOTs serta analisis perkembangan metode dan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal berdasar teori belajar yang relevan sebagai bentuk kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, khususnya lingkungan pendidikan [S6, P2, KU4, KK2]

CPMK 3: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan pembelajaran matematika melalui kegiatan menganalisis landasan yuridis perencanaan pembelajaran matematika untuk mengembangkan potensi peserta didik serta ketrampilan 6C sebagai wujud rasa tanggungjawab terhadap bangsa dan negara [S6, P3, KU4]

CPMK 4 : Mengaplikasikan prinsip dan teknik perencanaan pembelajaran matematika yang tertuang dalam Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Menyesuaikan kurikulum yang berlaku) matematika berdasar prinsip TPACK dan HOTs serta memfasilitasi ketrampilan 6C, melalui projek mandiri berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas serta mandiri dalam pengelolaan pembelajaran [S11, P3, KU3, KK5]

References

Buku Microteaching


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran, serta memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) dan keterampilan dasar mengajar berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi serta mempraktikan simulasi mengajar dengan didampingi dosen. Luaran mahasiswa mampu praktik mengajar dengan baik guna terjun kelapangan untuk praktik pada matakuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan.

Learning Outcomes

SIKAP:

S.4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa

S.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri

S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis.

 

PENGETAHUAN:

P.2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup 

P.3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika

 

KETERAMPILAN UMUM:

KU.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.3. Mampu memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya, mengelola pembelajaran secara mandiri dan melakukan proses evaluasi pembelajaran matematika

KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5. Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau desain pemecahan masalah

 

KETERAMPILAN KHUSUS:

KK.2. Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya

KK.5. Mampu membuat desain pembelajaran dan mengaplikasikan dalam pengelolaan pembelajaran secara mandiri berdasar prinsip TPACK dan HOTs.

KK.7. Menumbuhkan pola pemikiran HOTs melalui penerapan keterampilan 6C (Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative thinking, Computational logic, Compassion dan Civicresponsibility) dalam matematika

CMPK

CPMK 1: Menguasai konsep pedagogik, khususnya perencanaan pembelajaran, melalui pengkajian konsep dan model perencanaan pembelajaran berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas serta mandiri dalam pengelolaan pembelajaran [S11, P2, KU3, KU 5]

CPMK 2: Mengaplikasikan konsep teoretis pedagogi melalui kegiatan menganalisis permasalahan pembelajaran terkait kesulitan siswa dalam menguasai kemampuan matematis, kemampuan HOTs serta analisis perkembangan metode dan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal berdasar teori belajar yang relevan sebagai bentuk kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, khususnya lingkungan pendidikan [S6, P2, KU4, KK2]

CPMK 3: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan pembelajaran matematika melalui kegiatan menganalisis landasan yuridis perencanaan pembelajaran matematika untuk mengembangkan potensi peserta didik serta ketrampilan 6C sebagai wujud rasa tanggungjawab terhadap bangsa dan negara [S6, P3, KU4]

CPMK 4 : Mengaplikasikan prinsip dan teknik perencanaan pembelajaran matematika yang tertuang dalam Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Menyesuaikan kurikulum yang berlaku) matematika berdasar prinsip TPACK dan HOTs serta memfasilitasi ketrampilan 6C, melalui projek mandiri berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas serta mandiri dalam pengelolaan pembelajaran [S11, P3, KU3, KK5]

References

Buku Microteaching


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran, serta memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) dan keterampilan dasar mengajar berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi serta mempraktikan simulasi mengajar dengan didampingi dosen. Luaran mahasiswa mampu praktik mengajar dengan baik guna terjun kelapangan untuk praktik pada matakuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan.

Learning Outcomes

SIKAP:

S.4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa

S.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri

S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis.

 

PENGETAHUAN:

P.2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup 

P.3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika

 

KETERAMPILAN UMUM:

KU.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.3. Mampu memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya, mengelola pembelajaran secara mandiri dan melakukan proses evaluasi pembelajaran matematika

KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5. Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau desain pemecahan masalah

 

KETERAMPILAN KHUSUS:

KK.2. Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya

KK.5. Mampu membuat desain pembelajaran dan mengaplikasikan dalam pengelolaan pembelajaran secara mandiri berdasar prinsip TPACK dan HOTs.

KK.7. Menumbuhkan pola pemikiran HOTs melalui penerapan keterampilan 6C (Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative thinking, Computational logic, Compassion dan Civicresponsibility) dalam matematika

CMPK

CPMK 1: Menguasai konsep pedagogik, khususnya perencanaan pembelajaran, melalui pengkajian konsep dan model perencanaan pembelajaran berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas serta mandiri dalam pengelolaan pembelajaran [S11, P2, KU3, KU 5]

CPMK 2: Mengaplikasikan konsep teoretis pedagogi melalui kegiatan menganalisis permasalahan pembelajaran terkait kesulitan siswa dalam menguasai kemampuan matematis, kemampuan HOTs serta analisis perkembangan metode dan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal berdasar teori belajar yang relevan sebagai bentuk kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, khususnya lingkungan pendidikan [S6, P2, KU4, KK2]

CPMK 3: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan pembelajaran matematika melalui kegiatan menganalisis landasan yuridis perencanaan pembelajaran matematika untuk mengembangkan potensi peserta didik serta ketrampilan 6C sebagai wujud rasa tanggungjawab terhadap bangsa dan negara [S6, P3, KU4]

CPMK 4 : Mengaplikasikan prinsip dan teknik perencanaan pembelajaran matematika yang tertuang dalam Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Menyesuaikan kurikulum yang berlaku) matematika berdasar prinsip TPACK dan HOTs serta memfasilitasi ketrampilan 6C, melalui projek mandiri berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas serta mandiri dalam pengelolaan pembelajaran [S11, P3, KU3, KK5]

References

Buku Microteaching


Details ...