Courser in English | TEACHING-LEARNING STRATEGY OF ECONOMIC |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah strategi pembelajaran ekonomi merupakan mata kuliah yeng memberikan konsep dan prinsip belajar dan pembelajaran, analisis perbedaan individu dan pengaruhnya terhadap hasil belajar, menerapkan strategi pembelajaran ekonomi, menerapkan model pembelajaran ekonomi, menerapkan metode pembelajaran ekonomi, merancang prosedur pembelajaran dan mengimplementasikan model pembelajaran ekonomi.
Learning OutcomesSetelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa dapat mengetahui konsep dan prinsip belajar dan pembelajaran, analisis perbedaan individu dan pengaruhnya terhadap hasil belajar, menerapkan strategi pembelajaran ekonomi, menerapkan model pembelajaran ekonomi, menerapkan metode pembelajaran ekonomi, merancang prosedur pembelajaran dan mengimplementasikan model pembelajaran ekonomi.
References- Anitah, Sri. 2014.Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
- Robert E. Slavin. 2005. Educational Psychology_ Theory and Practice (8th Edition)-Allyn & Bacon
- Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PUSTAKA SETI.
Details ...
Matakuliah strategi pembelajaran ekonomi merupakan mata kuliah yeng memberikan konsep dan prinsip belajar dan pembelajaran, analisis perbedaan individu dan pengaruhnya terhadap hasil belajar, menerapkan strategi pembelajaran ekonomi, menerapkan model pembelajaran ekonomi, menerapkan metode pembelajaran ekonomi, merancang prosedur pembelajaran dan mengimplementasikan model pembelajaran ekonomi.
Learning OutcomesSetelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa dapat mengetahui konsep dan prinsip belajar dan pembelajaran, analisis perbedaan individu dan pengaruhnya terhadap hasil belajar, menerapkan strategi pembelajaran ekonomi, menerapkan model pembelajaran ekonomi, menerapkan metode pembelajaran ekonomi, merancang prosedur pembelajaran dan mengimplementasikan model pembelajaran ekonomi.
References- Anitah, Sri. 2014.Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
- Robert E. Slavin. 2005. Educational Psychology_ Theory and Practice (8th Edition)-Allyn & Bacon
- Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PUSTAKA SETI.
Details ...
Mata Kuliah SBM ini berisi sembilan (9) pokok bahasan yaitu, (1) Konsep Belajar Mengajar, (2) Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model pembelajaran (3) Perencanaan Pengajaran dan Asessment Pelajaran (4) Problem Solving, (5) Klasifikasi Strategi Belajar Mengajar, (6) Perencanaan Strategi Pengajaran, (7) Pendekatan Belajar Mengajar, (8) Media Sumber Belajar dalam Proses Belajar Mengajar dan (9) Keberhasilan Belajar Mengajar. Setelah mempelajari sembilan (9) pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan tentang Strategi Belajar Mengajar, dan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran.
Learning Outcomes- Ranah Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
- Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.
- Ranah Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
- Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
- Ranah Ketrampilan Khusus
- Mampu mendeskripsikan konsep belajar mengajar.
- Mampu menerapkan pendekatan, strategi, metode, teknik, dan model pembelajaran.
- Mampu membuat perencanaan pengajaran dan asessment pelajaran.
- Mampu menerapkan problem solving.
- Mampu mengklasifikasikan strategi belajar mengajar.
- Mampu membuat perencanaan strategi pengajaran.
- Mampu mengidentifikasi pendekatan dalam belajar mengajar.
- Mampu mengaplikasikan media sumber belajar dalam proses belajar mengajar.
- Mampu menganalisis keberhasilan belajar mengajar.
- Ranah Pengetahuan
- Menguasai konsep teoritis tentang konsep belajar mengajar
- Menguasai konsep teoritis pendekatan, strategi, metode, teknik, dan model pembelajaran
- Menguasai konsep teoritis tentang perencanaan pengajaran dan asessment pelajaran
- Menguasai pengetahuan tentang problem solving
- Menguasai konsep teoritis tentang klasifikasi strategi belajar mengajar
- Menguasai pengetahuan tentang perencanaan strategi pengajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang pendekatan dalam belajar mengajar
- Menguasai pengetahuan tentang media sumber belajar dalam proses belajar mengajar
- Menguasai pengetahuan tentang keberhasilan belajar mengajar.
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamiyah, Nur & Muh. Jauhar. 2016. SBM di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Harjanto. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hopkins, C.D. & Antes, R. L. 1990. Classroom Measurement and Evaluation. Illinois: F.E. Peacock Publisher, Inc.
Mardapi, D. 1998. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.
Marno & Idris. 2008. Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
JJ. Hasibuan, Moedjiono. 2002. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Roestiyah. 2008. SBM. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful, Bahri Djamarah & Aswan Zain. 1997. SBM. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Suyono, Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Surabaya: Unesa. Rosda
Syaiful, Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Uno, B. Hamzah. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Mengajara yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Moh. Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata Kuliah SBM ini berisi sembilan (9) pokok bahasan yaitu, (1) Konsep Belajar Mengajar, (2) Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model pembelajaran (3) Perencanaan Pengajaran dan Asessment Pelajaran (4) Problem Solving, (5) Klasifikasi Strategi Belajar Mengajar, (6) Perencanaan Strategi Pengajaran, (7) Pendekatan Belajar Mengajar, (8) Media Sumber Belajar dalam Proses Belajar Mengajar dan (9) Keberhasilan Belajar Mengajar. Setelah mempelajari sembilan (9) pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan tentang Strategi Belajar Mengajar, dan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran.
Learning Outcomes- Ranah Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
- Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.
- Ranah Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
- Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
- Ranah Ketrampilan Khusus
- Mampu mendeskripsikan konsep belajar mengajar.
- Mampu menerapkan pendekatan, strategi, metode, teknik, dan model pembelajaran.
- Mampu membuat perencanaan pengajaran dan asessment pelajaran.
- Mampu menerapkan problem solving.
- Mampu mengklasifikasikan strategi belajar mengajar.
- Mampu membuat perencanaan strategi pengajaran.
- Mampu mengidentifikasi pendekatan dalam belajar mengajar.
- Mampu mengaplikasikan media sumber belajar dalam proses belajar mengajar.
- Mampu menganalisis keberhasilan belajar mengajar.
- Ranah Pengetahuan
- Menguasai konsep teoritis tentang konsep belajar mengajar
- Menguasai konsep teoritis pendekatan, strategi, metode, teknik, dan model pembelajaran
- Menguasai konsep teoritis tentang perencanaan pengajaran dan asessment pelajaran
- Menguasai pengetahuan tentang problem solving
- Menguasai konsep teoritis tentang klasifikasi strategi belajar mengajar
- Menguasai pengetahuan tentang perencanaan strategi pengajaran.
- Menguasai pengetahuan tentang pendekatan dalam belajar mengajar
- Menguasai pengetahuan tentang media sumber belajar dalam proses belajar mengajar
- Menguasai pengetahuan tentang keberhasilan belajar mengajar.
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamiyah, Nur & Muh. Jauhar. 2016. SBM di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Harjanto. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hopkins, C.D. & Antes, R. L. 1990. Classroom Measurement and Evaluation. Illinois: F.E. Peacock Publisher, Inc.
Mardapi, D. 1998. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.
Marno & Idris. 2008. Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
JJ. Hasibuan, Moedjiono. 2002. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Roestiyah. 2008. SBM. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful, Bahri Djamarah & Aswan Zain. 1997. SBM. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Suyono, Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Surabaya: Unesa. Rosda
Syaiful, Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Uno, B. Hamzah. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Mengajara yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Moh. Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat strategi pembelajaran, model pembelajaran, prosedur pembelajaran, kriteria pemilihan dan penggunaan metode mengajar, kriteria pemilihan media pembelajaran, menerapkan keterampilan dasar mengajar, kegiatan remedial dan pengayaan, pengelolaan kelas, disiplin kelas dalam pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan menengah, agar nantinya mahasiswa dapat melakukan pembelajaran yang efektif dengan menggunakan metode tertentu sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Learning OutcomesMelalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami strategi pembelajaran, model pembelajaran, prosedur pembelajaran, kriteria pemilihan dan penggunaan metode mengajar, kriteria pemilihan media pembelajaran, menerapkan keterampilan dasar mengajar, kegiatan remedial dan pengayaan, pengelolaan kelas, disiplin kelas dalam pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan menengah.
ReferencesAnitah, Sri. 2014.Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Robert E. Slavin. 2005. Educational Psychology_ Theory and Practice (8th Edition)-Allyn & Bacon
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PUSTAKA SETI.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat strategi pembelajaran, model pembelajaran, prosedur pembelajaran, kriteria pemilihan dan penggunaan metode mengajar, kriteria pemilihan media pembelajaran, menerapkan keterampilan dasar mengajar, kegiatan remedial dan pengayaan, pengelolaan kelas, disiplin kelas dalam pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan menengah, agar nantinya mahasiswa dapat melakukan pembelajaran yang efektif dengan menggunakan metode tertentu sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Learning OutcomesMelalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami strategi pembelajaran, model pembelajaran, prosedur pembelajaran, kriteria pemilihan dan penggunaan metode mengajar, kriteria pemilihan media pembelajaran, menerapkan keterampilan dasar mengajar, kegiatan remedial dan pengayaan, pengelolaan kelas, disiplin kelas dalam pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan menengah.
ReferencesAnitah, Sri. 2014.Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Robert E. Slavin. 2005. Educational Psychology_ Theory and Practice (8th Edition)-Allyn & Bacon
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PUSTAKA SETI.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat strategi pembelajaran, model pembelajaran, prosedur pembelajaran, kriteria pemilihan dan penggunaan metode mengajar, kriteria pemilihan media pembelajaran, menerapkan keterampilan dasar mengajar, kegiatan remedial dan pengayaan, pengelolaan kelas, disiplin kelas dalam pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan menengah, agar nantinya mahasiswa dapat melakukan pembelajaran yang efektif dengan menggunakan metode tertentu sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Learning OutcomesMelalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami strategi pembelajaran, model pembelajaran, prosedur pembelajaran, kriteria pemilihan dan penggunaan metode mengajar, kriteria pemilihan media pembelajaran, menerapkan keterampilan dasar mengajar, kegiatan remedial dan pengayaan, pengelolaan kelas, disiplin kelas dalam pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan menengah.
ReferencesAnitah, Sri. 2014.Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Robert E. Slavin. 2005. Educational Psychology_ Theory and Practice (8th Edition)-Allyn & Bacon
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PUSTAKA SETI.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat strategi pembelajaran, model pembelajaran, prosedur pembelajaran, kriteria pemilihan dan penggunaan metode mengajar, kriteria pemilihan media pembelajaran, menerapkan keterampilan dasar mengajar, kegiatan remedial dan pengayaan, pengelolaan kelas, disiplin kelas dalam pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan menengah, agar nantinya mahasiswa dapat melakukan pembelajaran yang efektif dengan menggunakan metode tertentu sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Learning OutcomesMelalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami strategi pembelajaran, model pembelajaran, prosedur pembelajaran, kriteria pemilihan dan penggunaan metode mengajar, kriteria pemilihan media pembelajaran, menerapkan keterampilan dasar mengajar, kegiatan remedial dan pengayaan, pengelolaan kelas, disiplin kelas dalam pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan menengah.
ReferencesAnitah, Sri. 2014.Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Robert E. Slavin. 2005. Educational Psychology_ Theory and Practice (8th Edition)-Allyn & Bacon
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PUSTAKA SETI.
Details ...