Courser in English | Evaluation of Civics &Pancasila Education |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 3 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah Evaluasi / Asesmen PPKn adalah mata kuliah wajib program studi yang wajib ditempuh oleh mahasiswa semester lima PPKn. Matakuliah ini dimaksudkan untuk mengenalkan serta mempertajam pemahaman, gagasan, dan ketrampilan mahasiswa terkait persoalan-persoalan dalam Evaluasi/Asesmen PPKn. Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar,karakteristik penilaian berbasis kompetensi (evaluasi pencapaian belajar siswa), macam-macam tes hasil belajar, kualitas tes yang baik, teknik pengolahan hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, analisis dan interpretasi tes hasil belajar, pelaporan hasil belajar dan manfaatnya.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Evaluasi/Assessmen Pembelajaran PPKn, mahasiswa mampu: |
|
Menganalisis hakikat, prinsip, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S10, P4, KK1, KK4). |
|
Mengimplementasikan konsep assessmen dalam pembelajaran untuk mengidentifikasi karakteristik penilaian berbasis kompetensi dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S11, P6, KU3, KK5). |
|
Mengembangkan instrumen pada berbagai jenis asesemen test yang sesuai dengan komponen penilaian dalam proses pembelajaran dengan penuh tanggungjawab (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
|
Mengembangkan instrumen pada berbagai jenis asesemen nontest/ alternative assessment sesuai dengan hasil belajar siswa yang harus dinilai dengan penuh tanggungjawab (S9, P7, KK6, KK7, KK10). |
|
Mengevaluasi pencapaian hasil belajar sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab (S9, P3, KU9, KU10, KK3, KK8). |
|
Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada assessmen pembelajaran dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis (P2, KU1, KK2, KK11). |
|
Permendikbud RI. No.23 Tahun 2016 tenang Standart Penilaian Pendidikan
- Anderson, L.W. et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
- Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
- Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know. Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
- Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.
- Arikunto, S. 2007, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Purwanto, Ngalim, 2002, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sudjiono, A. 2008, Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grafindo.
Nurkacana,Wayan dan PPN.Sumartana,1985, Evaluasi Pendidikan, Surabaya,Usaha Nasional
Sumber lainnya yang relevan
Details ...
Perkuliahan ini meliputi tentang konsep, teori, pengujian, pengukuran dan penilaian, dalam aspek intelektual (civic knowledge ), sikap ( civic disposition ) dan tindakan ( civic skill – behavior ). Perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu dan masalah yang dihadapi dan perkembangan penilaian, pengujian, pengukuran dalam penerapan dalam kehidupan khususnya dalam pendidikan kewarganegaraan di Indonesia, dan ilmu pendidikan pada umumnya
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata kuliah ini para mahasiswa memiliki kompotensi : a. Pemaham konsep-konsep/teori, pengukuran, penilaian, pengujian dalam pembelajaran b. Penguasaan prinsip, asas, evaluasi pendidikan, dan pembelajaran PKn pada khususnya c. Merencanakan, mengkonstruksi instrumen pengukuran penilaian pembelajaran PKn d. Melaksanakan, mengolah hasil penilaian pembelajaran PKn di sekolah e. Mengambil keputusan penilaian pembelajaran PKn di sekolah
ReferencesArikunto, S., (1986), Dasar Evaluasi Pendidikan; Jakarta, Bina Aksara • Adkin DC. (1974), Test Construktion, Development and Interpretation of Achievement Tests, Colombus, Ohio, Charls E. Merril Publishing Co. • Biggs John, (2003), Teaching for Quality learning at University, Berkshire, McGraw-Hill Education, The Society for Research into Higler Education & Open University Press • Bloom BS., et.al (1956), Taxonomy of Education Objectives : The classification of Educational Goals ( Handbook I : Cognitive domain ) Ann Arbor, Michigan: Longmans.
Details ...
Perkuliahan ini meliputi tentang konsep, teori, pengujian, pengukuran dan penilaian, dalam aspek intelektual (civic knowledge ), sikap ( civic disposition ) dan tindakan ( civic skill – behavior ). Perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu dan masalah yang dihadapi dan perkembangan penilaian, pengujian, pengukuran dalam penerapan dalam kehidupan khususnya dalam pendidikan kewarganegaraan di Indonesia, dan ilmu pendidikan pada umumnya
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata kuliah ini para mahasiswa memiliki kompotensi : a. Pemaham konsep-konsep/teori, pengukuran, penilaian, pengujian dalam pembelajaran b. Penguasaan prinsip, asas, evaluasi pendidikan, dan pembelajaran PKn pada khususnya c. Merencanakan, mengkonstruksi instrumen pengukuran penilaian pembelajaran PKn d. Melaksanakan, mengolah hasil penilaian pembelajaran PKn di sekolah e. Mengambil keputusan penilaian pembelajaran PKn di sekolah
References• Arikunto, S., (1986), Dasar Evaluasi Pendidikan; Jakarta, Bina Aksara • Adkin DC. (1974), Test Construktion, Development and Interpretation of Achievement Tests, Colombus, Ohio, Charls E. Merril Publishing Co. • Biggs John, (2003), Teaching for Quality learning at University, Berkshire, McGraw-Hill Education, The Society for Research into Higler Education & Open University Press • Bloom BS., et.al (1956), Taxonomy of Education Objectives : The classification of Educational Goals ( Handbook I : Cognitive domain ) Ann Arbor, Michigan: Longmans.
Details ...