Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE AND LITERATURE EVALUATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 11 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia membahas materi tentang menganalisis dan menjabarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran SD 2006 dan Kurikulum 2013 menjadi materi ajar dan pengembangan bahan ajar. Secara umum materi pokok mata kuliah ini meliputi : pengertian kurikulum, pengorganisasian kurikulum,faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum, perbandingan kurikulum Bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan sampai zaman reformasi, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa Indonesia, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, pemetaan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan tujuan, materi (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa). penjabaran KD menjadi materi ajar, pengembangan materi ajar menjadi bahan ajar, penilaian buku pelajaran Bahasa Indonesia SD
Learning Outcomes1. mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kurikulum SD
2.mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan kurikulum bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan , zaman baru, zaman reformasi
3. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan ranah tujuan (afektif, kognitif, psikomotor)
4. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan materi ajar (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa)
5. mahasiswa dapat menjabarkan KD menjadi materi ajar materi ajar
6. mahasiswa dapat mengembangkan KD menjadi bahan ajar
7. mahasiswa dapat menilai buku pelajaran bahasa Indonesia SD sesuai dengan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013
References1.Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang standar isi
2. Gorys Keraf, 1991, Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia
3.S Efendi, 1982, Bimbingan Apresiasi Sastra
4.Herman J Waloyo, 1987, Teori dan Apresiasi Puisi
5. Hadi Suroso, ..., Pokok-pokok Materi Analisis Kurikulum dan Bahan Ajar Bahasa Indonesia
6. Pusat Kurikulum, 2009, Materi Pengembangan Kurikulum
Details ...
Matakuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia membahas materi tentang menganalisis dan menjabarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran SD 2006 dan Kurikulum 2013 menjadi materi ajar dan pengembangan bahan ajar. Secara umum materi pokok mata kuliah ini meliputi : pengertian kurikulum, pengorganisasian kurikulum,faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum, perbandingan kurikulum Bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan sampai zaman reformasi, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa Indonesia, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, pemetaan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan tujuan, materi (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa). penjabaran KD menjadi materi ajar, pengembangan materi ajar menjadi bahan ajar, penilaian buku pelajaran Bahasa Indonesia SD
Learning Outcomes1. mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kurikulum SD
2.mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan kurikulum bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan , zaman baru, zaman reformasi
3. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan ranah tujuan (afektif, kognitif, psikomotor)
4. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan materi ajar (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa)
5. mahasiswa dapat menjabarkan KD menjadi materi ajar materi ajar
6. mahasiswa dapat mengembangkan KD menjadi bahan ajar
7. mahasiswa dapat menilai buku pelajaran bahasa Indonesia SD sesuai dengan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013
References1.Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang standar isi
2. Gorys Keraf, 1991, Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia
3.S Efendi, 1982, Bimbingan Apresiasi Sastra
4.Herman J Waloyo, 1987, Teori dan Apresiasi Puisi
5. Hadi Suroso, ..., Pokok-pokok Materi Analisis Kurikulum dan Bahan Ajar Bahasa Indonesia
6. Pusat Kurikulum, 2009, Materi Pengembangan Kurikulum
Details ...
Matakuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia membahas materi tentang menganalisis dan menjabarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran SD 2006 dan Kurikulum 2013 menjadi materi ajar dan pengembangan bahan ajar. Secara umum materi pokok mata kuliah ini meliputi : pengertian kurikulum, pengorganisasian kurikulum,faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum, perbandingan kurikulum Bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan sampai zaman reformasi, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa Indonesia, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, pemetaan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan tujuan, materi (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa). penjabaran KD menjadi materi ajar, pengembangan materi ajar menjadi bahan ajar, penilaian buku pelajaran Bahasa Indonesia SD
Learning Outcomes1. mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kurikulum SD
2.mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan kurikulum bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan , zaman baru, zaman reformasi
3. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan ranah tujuan (afektif, kognitif, psikomotor)
4. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan materi ajar (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa)
5. mahasiswa dapat menjabarkan KD menjadi materi ajar materi ajar
6. mahasiswa dapat mengembangkan KD menjadi bahan ajar
7. mahasiswa dapat menilai buku pelajaran bahasa Indonesia SD sesuai dengan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013
References1.Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang standar isi
2. Gorys Keraf, 1991, Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia
3.S Efendi, 1982, Bimbingan Apresiasi Sastra
4.Herman J Waloyo, 1987, Teori dan Apresiasi Puisi
5. Hadi Suroso, ..., Pokok-pokok Materi Analisis Kurikulum dan Bahan Ajar Bahasa Indonesia
6. Pusat Kurikulum, 2009, Materi Pengembangan Kurikulum
Details ...
Matakuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia membahas materi tentang menganalisis dan menjabarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran SD 2006 dan Kurikulum 2013 menjadi materi ajar dan pengembangan bahan ajar. Secara umum materi pokok mata kuliah ini meliputi : pengertian kurikulum, pengorganisasian kurikulum,faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum, perbandingan kurikulum Bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan sampai zaman reformasi, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa Indonesia, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, pemetaan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan tujuan, materi (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa). penjabaran KD menjadi materi ajar, pengembangan materi ajar menjadi bahan ajar, penilaian buku pelajaran Bahasa Indonesia SD
Learning Outcomes1. mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kurikulum SD
2.mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan kurikulum bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan , zaman baru, zaman reformasi
3. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan ranah tujuan (afektif, kognitif, psikomotor)
4. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan materi ajar (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa)
5. mahasiswa dapat menjabarkan KD menjadi materi ajar materi ajar
6. mahasiswa dapat mengembangkan KD menjadi bahan ajar
7. mahasiswa dapat menilai buku pelajaran bahasa Indonesia SD sesuai dengan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013
References1.Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang standar isi
2. Gorys Keraf, 1991, Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia
3.S Efendi, 1982, Bimbingan Apresiasi Sastra
4.Herman J Waloyo, 1987, Teori dan Apresiasi Puisi
5. Hadi Suroso, ..., Pokok-pokok Materi Analisis Kurikulum dan Bahan Ajar Bahasa Indonesia
6. Pusat Kurikulum, 2009, Materi Pengembangan Kurikulum
Details ...
Matakuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia membahas materi tentang menganalisis dan menjabarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran SD 2006 dan Kurikulum 2013 menjadi materi ajar dan pengembangan bahan ajar. Secara umum materi pokok mata kuliah ini meliputi : pengertian kurikulum, pengorganisasian kurikulum,faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum, perbandingan kurikulum Bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan sampai zaman reformasi, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa Indonesia, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, pemetaan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan tujuan, materi (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa). penjabaran KD menjadi materi ajar, pengembangan materi ajar menjadi bahan ajar, penilaian buku pelajaran Bahasa Indonesia SD
Learning Outcomes1. mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kurikulum SD
2.mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan kurikulum bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan , zaman baru, zaman reformasi
3. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan ranah tujuan (afektif, kognitif, psikomotor)
4. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan materi ajar (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa)
5. mahasiswa dapat menjabarkan KD menjadi materi ajar materi ajar
6. mahasiswa dapat mengembangkan KD menjadi bahan ajar
7. mahasiswa dapat menilai buku pelajaran bahasa Indonesia SD sesuai dengan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013
References1.Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang standar isi
2. Gorys Keraf, 1991, Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia
3.S Efendi, 1982, Bimbingan Apresiasi Sastra
4.Herman J Waloyo, 1987, Teori dan Apresiasi Puisi
5. Hadi Suroso, ..., Pokok-pokok Materi Analisis Kurikulum dan Bahan Ajar Bahasa Indonesia
6. Pusat Kurikulum, 2009, Materi Pengembangan Kurikulum
Details ...
Matakuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia membahas materi tentang menganalisis dan menjabarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran SD 2006 dan Kurikulum 2013 menjadi materi ajar dan pengembangan bahan ajar. Secara umum materi pokok mata kuliah ini meliputi : pengertian kurikulum, pengorganisasian kurikulum,faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum, perbandingan kurikulum Bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan sampai zaman reformasi, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa Indonesia, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, pemetaan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan tujuan, materi (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa). penjabaran KD menjadi materi ajar, pengembangan materi ajar menjadi bahan ajar, penilaian buku pelajaran Bahasa Indonesia SD
Learning Outcomes1. mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kurikulum SD
2.mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan kurikulum bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan , zaman baru, zaman reformasi
3. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan ranah tujuan (afektif, kognitif, psikomotor)
4. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan materi ajar (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa)
5. mahasiswa dapat menjabarkan KD menjadi materi ajar materi ajar
6. mahasiswa dapat mengembangkan KD menjadi bahan ajar
7. mahasiswa dapat menilai buku pelajaran bahasa Indonesia SD sesuai dengan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013
References1.Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang standar isi
2. Gorys Keraf, 1991, Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia
3.S Efendi, 1982, Bimbingan Apresiasi Sastra
4.Herman J Waloyo, 1987, Teori dan Apresiasi Puisi
5. Hadi Suroso, ..., Pokok-pokok Materi Analisis Kurikulum dan Bahan Ajar Bahasa Indonesia
6. Pusat Kurikulum, 2009, Materi Pengembangan Kurikulum
Details ...
Matakuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia membahas materi tentang menganalisis dan menjabarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran SD 2006 dan Kurikulum 2013 menjadi materi ajar dan pengembangan bahan ajar. Secara umum materi pokok mata kuliah ini meliputi : pengertian kurikulum, pengorganisasian kurikulum,faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum, perbandingan kurikulum Bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan sampai zaman reformasi, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa Indonesia, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, pemetaan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan tujuan, materi (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa). penjabaran KD menjadi materi ajar, pengembangan materi ajar menjadi bahan ajar, penilaian buku pelajaran Bahasa Indonesia SD
Learning Outcomes1. mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kurikulum SD
2.mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan kurikulum bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan , zaman baru, zaman reformasi
3. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan ranah tujuan (afektif, kognitif, psikomotor)
4. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan materi ajar (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa)
5. mahasiswa dapat menjabarkan KD menjadi materi ajar materi ajar
6. mahasiswa dapat mengembangkan KD menjadi bahan ajar
7. mahasiswa dapat menilai buku pelajaran bahasa Indonesia SD sesuai dengan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013
References1.Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang standar isi
2. Gorys Keraf, 1991, Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia
3.S Efendi, 1982, Bimbingan Apresiasi Sastra
4.Herman J Waloyo, 1987, Teori dan Apresiasi Puisi
5. Hadi Suroso, ..., Pokok-pokok Materi Analisis Kurikulum dan Bahan Ajar Bahasa Indonesia
6. Pusat Kurikulum, 2009, Materi Pengembangan Kurikulum
Details ...
Matakuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia membahas materi tentang menganalisis dan menjabarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran SD 2006 dan Kurikulum 2013 menjadi materi ajar dan pengembangan bahan ajar. Secara umum materi pokok mata kuliah ini meliputi : pengertian kurikulum, pengorganisasian kurikulum,faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum, perbandingan kurikulum Bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan sampai zaman reformasi, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa Indonesia, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, pemetaan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan tujuan, materi (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa). penjabaran KD menjadi materi ajar, pengembangan materi ajar menjadi bahan ajar, penilaian buku pelajaran Bahasa Indonesia SD
Learning Outcomes1. mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kurikulum SD
2.mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan kurikulum bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan , zaman baru, zaman reformasi
3. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan ranah tujuan (afektif, kognitif, psikomotor)
4. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan materi ajar (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa)
5. mahasiswa dapat menjabarkan KD menjadi materi ajar materi ajar
6. mahasiswa dapat mengembangkan KD menjadi bahan ajar
7. mahasiswa dapat menilai buku pelajaran bahasa Indonesia SD sesuai dengan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013
References1.Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang standar isi
2. Gorys Keraf, 1991, Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia
3.S Efendi, 1982, Bimbingan Apresiasi Sastra
4.Herman J Waloyo, 1987, Teori dan Apresiasi Puisi
5. Hadi Suroso, ..., Pokok-pokok Materi Analisis Kurikulum dan Bahan Ajar Bahasa Indonesia
6. Pusat Kurikulum, 2009, Materi Pengembangan Kurikulum
Details ...
Matakuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia membahas materi tentang menganalisis dan menjabarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran SD 2006 dan Kurikulum 2013 menjadi materi ajar dan pengembangan bahan ajar. Secara umum materi pokok mata kuliah ini meliputi : pengertian kurikulum, pengorganisasian kurikulum,faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum, perbandingan kurikulum Bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan sampai zaman reformasi, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa Indonesia, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, pemetaan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan tujuan, materi (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa). penjabaran KD menjadi materi ajar, pengembangan materi ajar menjadi bahan ajar, penilaian buku pelajaran Bahasa Indonesia SD
Learning Outcomes1. mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kurikulum SD
2.mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan kurikulum bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan , zaman baru, zaman reformasi
3. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan ranah tujuan (afektif, kognitif, psikomotor)
4. mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan materi ajar (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa)
5. mahasiswa dapat menjabarkan KD menjadi materi ajar materi ajar
6. mahasiswa dapat mengembangkan KD menjadi bahan ajar
7. mahasiswa dapat menilai buku pelajaran bahasa Indonesia SD sesuai dengan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013
References1.Permendiknas No 22 tahun 2006 tentang standar isi
2. Gorys Keraf, 1991, Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia
3.S Efendi, 1982, Bimbingan Apresiasi Sastra
4.Herman J Waloyo, 1987, Teori dan Apresiasi Puisi
5. Hadi Suroso, ..., Pokok-pokok Materi Analisis Kurikulum dan Bahan Ajar Bahasa Indonesia
6. Pusat Kurikulum, 2009, Materi Pengembangan Kurikulum
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia membahas materi tentang menganalisis dan menjabarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran SD 2006 dan Kurikulum 2013 menjadi materi ajar dan Pengembangan bahan ajar. Secara umum materi pokok mata kuliah ini meliputi : pengertian kurikulu, pengorganisasian kurikulum, faktor yang mrempengaruhi perubahan kurikulum, perbandingan kurikulum Bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan sampai zaman reformasi, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa indonesi, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, pemetaan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan tujuan, materi (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa). Penjabaran KD menjadi materi ajar, Pengembangan materi ajar menjadi bahan ajar, Penilaian buku pelajaran Bahasa Indonesia SD.
Learning Outcomes1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kurikulum SD
2. Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan kurikulum bahasa indonesia SD dari zaman kemerdekaan, zaman baru, zaman reformasi
3. Mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan ranah tujuan (afektif, kognitif, psikomotor)
4. Mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan materi ajar ( materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa
5. Mahasiswa dapat menjabarkan KD menjadi materi ajar
6. Mahasiswa dapat mengembangkan KD menjadi bahan ajar
7. Mahasiswa dapat menilai buku pelajaran bahasa Indonesia SD sesuai dengan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013
References1. Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang standar isi
2. Gorys Keraf, 1991, Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia
3. S Efendi, 1982, Bimbingan Apresiasi Sastra
4. Herman J Waloyo, 1987, Teori dan Apresiasi Puisi
5. Hadi Suroso, Pokok-pokok Materi Analisi Kurikulum dan Bahan Ajar Bahasa Indonesia
6. Pusat Kurikulum, 2009, Materi Pengembangan Kurikulum
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia membahas materi tentang menganalisis dan menjabarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran SD 2006 dan Kurikulum 2013 menjadi materi ajar dan Pengembangan bahan ajar. Secara umum materi pokok mata kuliah ini meliputi : pengertian kurikulu, pengorganisasian kurikulum, faktor yang mrempengaruhi perubahan kurikulum, perbandingan kurikulum Bahasa Indonesia SD dari zaman kemerdekaan sampai zaman reformasi, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa indonesi, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, pemetaan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan tujuan, materi (materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa). Penjabaran KD menjadi materi ajar, Pengembangan materi ajar menjadi bahan ajar, Penilaian buku pelajaran Bahasa Indonesia SD.
Learning Outcomes1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kurikulum SD
2. Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan kurikulum bahasa indonesia SD dari zaman kemerdekaan, zaman baru, zaman reformasi
3. Mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan ranah tujuan (afektif, kognitif, psikomotor)
4. Mahasiswa dapat memetakan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 berdasarkan materi ajar ( materi formal, fungsional, keterampilan berbahasa
5. Mahasiswa dapat menjabarkan KD menjadi materi ajar
6. Mahasiswa dapat mengembangkan KD menjadi bahan ajar
7. Mahasiswa dapat menilai buku pelajaran bahasa Indonesia SD sesuai dengan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013
References1. Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang standar isi
2. Gorys Keraf, 1991, Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia
3. S Efendi, 1982, Bimbingan Apresiasi Sastra
4. Herman J Waloyo, 1987, Teori dan Apresiasi Puisi
5. Hadi Suroso, Pokok-pokok Materi Analisi Kurikulum dan Bahan Ajar Bahasa Indonesia
6. Pusat Kurikulum, 2009, Materi Pengembangan Kurikulum
Details ...