Courser in English | - |
Program | Teknik Mesin - S1 |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Elemen Mesin disusun sebagai dasar bagi mahasiswa mempelajari konsep penerapan teknik pengambilan keputusan yang dibuat dalam bentuk perhitungan/rancangan dari komponen sebagai pedukung keputusan. Rancangan pembelajaran yang digunakan sebagai pegangan mahasiswa tersedia di website/sistem dan dapat diunduh kapanpun dan di manapun. Rancangan ini mencakup rancangan pembelajaran, rancangan tugas, serta materi-materi mata kuliah yang terdiri dari perancangan sambungan tetap dan tidak tetap, perancangan poros dan pasak, dan perancangan kopling tetap dan tidak tetap. Model pembelajaran yang dikembangkan ialah Student Centered Learning (SCL) sehingga mahasiswa diharapkan sudah membaca dengan seksama rancangan tugas serta pustaka-pustaka yang diacu sebelum melaksanakan proses pembelajaran.
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri S.11. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat |
P.1. Menguasai konsep teoretis sains, aplikasi matematika rekayasa, dasar-dasar teknik mesin dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem manufaktur serta komponen komponen yang diperlukan. P.2. Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem manufaktur dan komponen-komponen yang diperlukan. |
K.U.1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang Teknik Mesin. K.U.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. K.U.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tatacara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain. K.U.4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengu nggahnya dalam laman perguruan tinggi. K.U.5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
K.K.1. Mampu menerapkan prinsip-prinsip matematika dan sains alam, serta prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks (complex engineering problem). K.K.2. Mampu menemukan sumber masalah rekayasa melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa. K.K.3. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa. K.K.6. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa |
- Juvinall , (1991) Fundamental of Machine Component Design, 2 nd edition, John Willey and Sons, New York.
- Jack stolk, Elemen mesin.
- Khurmi R.S., Machine Design.
- Niemen G, Elemen Mesin, Jilid I, II dan III, Penerbit Erlangga, Jakarta.
- Paul H Black, Machine Design.
- Shigley, Perencanaan Teknik Mesin.
Sularso, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin.
Details ...
Elemen Mesin disusun sebagai dasar bagi mahasiswa mempelajari konsep penerapan teknik pengambilan keputusan yang dibuat dalam bentuk perhitungan/rancangan dari komponen sebagai pedukung keputusan. Rancangan pembelajaran yang digunakan sebagai pegangan mahasiswa tersedia di website/sistem dan dapat diunduh kapanpun dan di manapun. Rancangan ini mencakup rancangan pembelajaran, rancangan tugas, serta materi-materi mata kuliah yang terdiri dari perancangan sambungan tetap dan tidak tetap, perancangan poros dan pasak, dan perancangan kopling tetap dan tidak tetap. Model pembelajaran yang dikembangkan ialah Student Centered Learning (SCL) sehingga mahasiswa diharapkan sudah membaca dengan seksama rancangan tugas serta pustaka-pustaka yang diacu sebelum melaksanakan proses pembelajaran.
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri S.11. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat |
P.1. Menguasai konsep teoretis sains, aplikasi matematika rekayasa, dasar-dasar teknik mesin dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem manufaktur serta komponen komponen yang diperlukan. P.2. Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem manufaktur dan komponen-komponen yang diperlukan. |
K.U.1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang Teknik Mesin. K.U.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. K.U.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tatacara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain. K.U.4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengu nggahnya dalam laman perguruan tinggi. K.U.5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
K.K.1. Mampu menerapkan prinsip-prinsip matematika dan sains alam, serta prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks (complex engineering problem). K.K.2. Mampu menemukan sumber masalah rekayasa melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa. K.K.3. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa. K.K.6. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa |
- Juvinall , (1991) Fundamental of Machine Component Design, 2 nd edition, John Willey and Sons, New York.
- Jack stolk, Elemen mesin.
- Khurmi R.S., Machine Design.
- Niemen G, Elemen Mesin, Jilid I, II dan III, Penerbit Erlangga, Jakarta.
- Paul H Black, Machine Design.
- Shigley, Perencanaan Teknik Mesin.
Sularso, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin.
Details ...
Elemen Mesin disusun sebagai dasar bagi mahasiswa mempelajari konsep penerapan teknik pengambilan keputusan yang dibuat dalam bentuk perhitungan/rancangan dari komponen sebagai pedukung keputusan. Rancangan pembelajaran yang digunakan sebagai pegangan mahasiswa tersedia di website/sistem dan dapat diunduh kapanpun dan di manapun. Rancangan ini mencakup rancangan pembelajaran, rancangan tugas, serta materi-materi mata kuliah yang terdiri dari perancangan sambungan tetap dan tidak tetap, perancangan poros dan pasak, dan perancangan kopling tetap dan tidak tetap. Model pembelajaran yang dikembangkan ialah Student Centered Learning (SCL) sehingga mahasiswa diharapkan sudah membaca dengan seksama rancangan tugas serta pustaka-pustaka yang diacu sebelum melaksanakan proses pembelajaran.
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri S.11. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat |
P.1. Menguasai konsep teoretis sains, aplikasi matematika rekayasa, dasar-dasar teknik mesin dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem manufaktur serta komponen komponen yang diperlukan. P.2. Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem manufaktur dan komponen-komponen yang diperlukan. |
K.U.1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang Teknik Mesin. K.U.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. K.U.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tatacara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain. K.U.4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengu nggahnya dalam laman perguruan tinggi. K.U.5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
K.K.1. Mampu menerapkan prinsip-prinsip matematika dan sains alam, serta prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks (complex engineering problem). K.K.2. Mampu menemukan sumber masalah rekayasa melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa. K.K.3. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa. K.K.6. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa |
- Juvinall , (1991) Fundamental of Machine Component Design, 2 nd edition, John Willey and Sons, New York.
- Jack stolk, Elemen mesin.
- Khurmi R.S., Machine Design.
- Niemen G, Elemen Mesin, Jilid I, II dan III, Penerbit Erlangga, Jakarta.
- Paul H Black, Machine Design.
- Shigley, Perencanaan Teknik Mesin.
Sularso, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin.
Details ...
Elemen Mesin disusun sebagai dasar bagi mahasiswa mempelajari konsep penerapan teknik pengambilan keputusan yang dibuat dalam bentuk perhitungan/rancangan dari komponen sebagai pedukung keputusan. Rancangan pembelajaran yang digunakan sebagai pegangan mahasiswa tersedia di website/sistem dan dapat diunduh kapanpun dan di manapun. Rancangan ini mencakup rancangan pembelajaran, rancangan tugas, serta materi-materi mata kuliah yang terdiri dari perancangan sambungan tetap dan tidak tetap, perancangan poros dan pasak, dan perancangan kopling tetap dan tidak tetap. Model pembelajaran yang dikembangkan ialah Student Centered Learning (SCL) sehingga mahasiswa diharapkan sudah membaca dengan seksama rancangan tugas serta pustaka-pustaka yang diacu sebelum melaksanakan proses pembelajaran.
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri S.11. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat |
P.1. Menguasai konsep teoretis sains, aplikasi matematika rekayasa, dasar-dasar teknik mesin dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem manufaktur serta komponen komponen yang diperlukan. P.2. Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem manufaktur dan komponen-komponen yang diperlukan. |
K.U.1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang Teknik Mesin. K.U.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. K.U.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tatacara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain. K.U.4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengu nggahnya dalam laman perguruan tinggi. K.U.5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
K.K.1. Mampu menerapkan prinsip-prinsip matematika dan sains alam, serta prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks (complex engineering problem). K.K.2. Mampu menemukan sumber masalah rekayasa melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa. K.K.3. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa. K.K.6. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa |
- Juvinall , (1991) Fundamental of Machine Component Design, 2 nd edition, John Willey and Sons, New York.
- Jack stolk, Elemen mesin.
- Khurmi R.S., Machine Design.
- Niemen G, Elemen Mesin, Jilid I, II dan III, Penerbit Erlangga, Jakarta.
- Paul H Black, Machine Design.
- Shigley, Perencanaan Teknik Mesin.
Sularso, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin.
Details ...
Elemen Mesin disusun sebagai dasar bagi mahasiswa mempelajari konsep penerapan teknik pengambilan keputusan yang dibuat dalam bentuk perhitungan/rancangan dari komponen sebagai pedukung keputusan. Rancangan pembelajaran yang digunakan sebagai pegangan mahasiswa tersedia di website/sistem dan dapat diunduh kapanpun dan di manapun. Rancangan ini mencakup rancangan pembelajaran, rancangan tugas, serta materi-materi mata kuliah yang terdiri dari perancangan sambungan tetap dan tidak tetap, perancangan poros dan pasak, dan perancangan kopling tetap dan tidak tetap. Model pembelajaran yang dikembangkan ialah Student Centered Learning (SCL) sehingga mahasiswa diharapkan sudah membaca dengan seksama rancangan tugas serta pustaka-pustaka yang diacu sebelum melaksanakan proses pembelajaran.
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri S.11. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat |
P.1. Menguasai konsep teoretis sains, aplikasi matematika rekayasa, dasar-dasar teknik mesin dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem manufaktur serta komponen komponen yang diperlukan. P.2. Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem manufaktur dan komponen-komponen yang diperlukan. |
K.U.1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang Teknik Mesin. K.U.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. K.U.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tatacara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain. K.U.4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengu nggahnya dalam laman perguruan tinggi. K.U.5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
K.K.1. Mampu menerapkan prinsip-prinsip matematika dan sains alam, serta prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks (complex engineering problem). K.K.2. Mampu menemukan sumber masalah rekayasa melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa. K.K.3. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa. K.K.6. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa |
- Juvinall , (1991) Fundamental of Machine Component Design, 2 nd edition, John Willey and Sons, New York.
- Jack stolk, Elemen mesin.
- Khurmi R.S., Machine Design.
- Niemen G, Elemen Mesin, Jilid I, II dan III, Penerbit Erlangga, Jakarta.
- Paul H Black, Machine Design.
- Shigley, Perencanaan Teknik Mesin.
Sularso, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin.
Details ...