Techopreneur, Curriculum : 2020


Courser in English-
ProgramPendidikan Teknologi Informasi
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas pengenalan technopreneur, inti technopreneur/kewirausahaan, proses technopreneur/kewiraushaaan, mengenal manajemen resiko, mengenal pasar, pemasaran dan strategi pemasaran, analisa data bisnis, perkiraan rencana bisnis dan analisa pesaing, dan mengelola dan mengembangkan dan tren technopreneur/kewirausahaan

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dan memahami wirausaha, inti technopreneur/kewirausahaan, proses technopreneur/kewirausahaaan, mengenal manajemen resiko, mengenal pasar, pemasaran dan strategi pemasaran, analisa data bisnis, perkiraan rencana bisnis dan analisa pesaing, dan mengelola dan mengembangkan dan tren technopreneur/kewirausahaan

References

Hendro. 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kasmir. 2013. Kewirausahaan. Jakarta : PT. Raja Grafindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliahinimemberikanpemahaman dan skill kepadamahasiswauntukmampumengidentifikasi,
dan mengevaluasipeluangusahaberbasisteknologisesuaidenganbidangkeahlianmahasiswa,
sertamengembangkanpeluangusahatersebut. Mata kuliahinimenggabungkanpengenalanteori dan
prakteklangsung(hands-on experience) secaraterintegrasidalammengembangkan ide dan
peluangusaha. Pada
akhirnyamahasiswadiharapkanmampumenuangkanpeluangusahakedalambusiness plan yang
efektif.
Pokokbahasandalammatakuliahinidiantaranyaadalah: konsepbisnis dan kewirausahaan,
entrepreneursial mindset dan evaluasidiri, kreatifitas dan identifikasipeluangusaha, bisnis model,
analisis dan evaluasipeluangusaha, analisis dan perencanaan pasar, analisisbiaya dan
penentuanhargaproduk, team building dan perencanaansumberdayamanusia,
perencanaanfinansial, pemodalan, dan pengembanganbusiness plan.

Learning Outcomes

KeterampilanKhusus:

1. Mampuberadaptasiterhadapsituasi yang dihadapi dan bertahandalamkondisi yang tidakpasti

2. Mampuberinovasi dan berkreasiuntukmenghasilkanrancanganbisnis/produk (prototype) berbasisteknologi yang berorientasi pasar denganmemanfaatkan IPTEKS.

3. Mampumenyusun proposal business plan yang siapdiajukankepada investor/penyandang dana.

4. Bertanggungjawab pada pekerjaansendiri dan dapatdiberitanggungjawabataspencapaianhasilkerjatimdenganmengedepankanetikabisnis.

5. Mampumengambilrisikobisnisdenganperhitungan yang tepat.

References

Barringer, B. R., & Ireland, R. D. (2010). Entrepreneurship: Successfully launching new ventures. Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.
International Labor Organization, Generate Your Business Idea
International Labor Organization, MemulaiBisnis
sterwalder, A., Pigneur, Y., & Clark, T. (2010). Business model generation: A handbook for visionaries, game changers, and challengers. Hoboken, NJ: Wiley.
William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S., (2013). Business: A Practical Introduction. Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliahinimemberikanpemahaman dan skill kepadamahasiswauntukmampumengidentifikasi,
dan mengevaluasipeluangusahaberbasisteknologisesuaidenganbidangkeahlianmahasiswa,
sertamengembangkanpeluangusahatersebut. Mata kuliahinimenggabungkanpengenalanteori dan
prakteklangsung(hands-on experience) secaraterintegrasidalammengembangkan ide dan
peluangusaha. Pada
akhirnyamahasiswadiharapkanmampumenuangkanpeluangusahakedalambusiness plan yang
efektif.
Pokokbahasandalammatakuliahinidiantaranyaadalah: konsepbisnis dan kewirausahaan,
entrepreneursial mindset dan evaluasidiri, kreatifitas dan identifikasipeluangusaha, bisnis model,
analisis dan evaluasipeluangusaha, analisis dan perencanaan pasar, analisisbiaya dan
penentuanhargaproduk, team building dan perencanaansumberdayamanusia,
perencanaanfinansial, pemodalan, dan pengembanganbusiness plan.

Learning Outcomes

KeterampilanKhusus:

1. Mampuberadaptasiterhadapsituasi yang dihadapi dan bertahandalamkondisi yang tidakpasti

2. Mampuberinovasi dan berkreasiuntukmenghasilkanrancanganbisnis/produk (prototype) berbasisteknologi yang berorientasi pasar denganmemanfaatkan IPTEKS.

3. Mampumenyusun proposal business plan yang siapdiajukankepada investor/penyandang dana.

4. Bertanggungjawab pada pekerjaansendiri dan dapatdiberitanggungjawabataspencapaianhasilkerjatimdenganmengedepankanetikabisnis.

5. Mampumengambilrisikobisnisdenganperhitungan yang tepat.

References

Barringer, B. R., & Ireland, R. D. (2010). Entrepreneurship: Successfully launching new ventures. Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.
International Labor Organization, Generate Your Business Idea
International Labor Organization, MemulaiBisnis
sterwalder, A., Pigneur, Y., & Clark, T. (2010). Business model generation: A handbook for visionaries, game changers, and challengers. Hoboken, NJ: Wiley.
William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S., (2013). Business: A Practical Introduction. Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall 


Details ...