Courser in English | - |
Program | Pendidikan Teknologi Informasi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas pengenalan technopreneur, inti technopreneur/kewirausahaan, proses technopreneur/kewiraushaaan, mengenal manajemen resiko, mengenal pasar, pemasaran dan strategi pemasaran, analisa data bisnis, perkiraan rencana bisnis dan analisa pesaing, dan mengelola dan mengembangkan dan tren technopreneur/kewirausahaan
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dan memahami wirausaha, inti technopreneur/kewirausahaan, proses technopreneur/kewirausahaaan, mengenal manajemen resiko, mengenal pasar, pemasaran dan strategi pemasaran, analisa data bisnis, perkiraan rencana bisnis dan analisa pesaing, dan mengelola dan mengembangkan dan tren technopreneur/kewirausahaan
ReferencesHendro. 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kasmir. 2013. Kewirausahaan. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Details ...
Mata kuliahinimemberikanpemahaman dan skill kepadamahasiswauntukmampumengidentifikasi,
dan mengevaluasipeluangusahaberbasisteknologisesuaidenganbidangkeahlianmahasiswa,
sertamengembangkanpeluangusahatersebut. Mata kuliahinimenggabungkanpengenalanteori dan
prakteklangsung(hands-on experience) secaraterintegrasidalammengembangkan ide dan
peluangusaha. Pada
akhirnyamahasiswadiharapkanmampumenuangkanpeluangusahakedalambusiness plan yang
efektif.
Pokokbahasandalammatakuliahinidiantaranyaadalah: konsepbisnis dan kewirausahaan,
entrepreneursial mindset dan evaluasidiri, kreatifitas dan identifikasipeluangusaha, bisnis model,
analisis dan evaluasipeluangusaha, analisis dan perencanaan pasar, analisisbiaya dan
penentuanhargaproduk, team building dan perencanaansumberdayamanusia,
perencanaanfinansial, pemodalan, dan pengembanganbusiness plan.
KeterampilanKhusus:
1. Mampuberadaptasiterhadapsituasi yang dihadapi dan bertahandalamkondisi yang tidakpasti
2. Mampuberinovasi dan berkreasiuntukmenghasilkanrancanganbisnis/produk (prototype) berbasisteknologi yang berorientasi pasar denganmemanfaatkan IPTEKS.
3. Mampumenyusun proposal business plan yang siapdiajukankepada investor/penyandang dana.
4. Bertanggungjawab pada pekerjaansendiri dan dapatdiberitanggungjawabataspencapaianhasilkerjatimdenganmengedepankanetikabisnis.
5. Mampumengambilrisikobisnisdenganperhitungan yang tepat.
ReferencesBarringer, B. R., & Ireland, R. D. (2010). Entrepreneurship: Successfully launching new ventures. Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.
International Labor Organization, Generate Your Business Idea
International Labor Organization, MemulaiBisnis
sterwalder, A., Pigneur, Y., & Clark, T. (2010). Business model generation: A handbook for visionaries, game changers, and challengers. Hoboken, NJ: Wiley.
William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S., (2013). Business: A Practical Introduction. Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall
Details ...
Mata kuliahinimemberikanpemahaman dan skill kepadamahasiswauntukmampumengidentifikasi,
dan mengevaluasipeluangusahaberbasisteknologisesuaidenganbidangkeahlianmahasiswa,
sertamengembangkanpeluangusahatersebut. Mata kuliahinimenggabungkanpengenalanteori dan
prakteklangsung(hands-on experience) secaraterintegrasidalammengembangkan ide dan
peluangusaha. Pada
akhirnyamahasiswadiharapkanmampumenuangkanpeluangusahakedalambusiness plan yang
efektif.
Pokokbahasandalammatakuliahinidiantaranyaadalah: konsepbisnis dan kewirausahaan,
entrepreneursial mindset dan evaluasidiri, kreatifitas dan identifikasipeluangusaha, bisnis model,
analisis dan evaluasipeluangusaha, analisis dan perencanaan pasar, analisisbiaya dan
penentuanhargaproduk, team building dan perencanaansumberdayamanusia,
perencanaanfinansial, pemodalan, dan pengembanganbusiness plan.
KeterampilanKhusus:
1. Mampuberadaptasiterhadapsituasi yang dihadapi dan bertahandalamkondisi yang tidakpasti
2. Mampuberinovasi dan berkreasiuntukmenghasilkanrancanganbisnis/produk (prototype) berbasisteknologi yang berorientasi pasar denganmemanfaatkan IPTEKS.
3. Mampumenyusun proposal business plan yang siapdiajukankepada investor/penyandang dana.
4. Bertanggungjawab pada pekerjaansendiri dan dapatdiberitanggungjawabataspencapaianhasilkerjatimdenganmengedepankanetikabisnis.
5. Mampumengambilrisikobisnisdenganperhitungan yang tepat.
ReferencesBarringer, B. R., & Ireland, R. D. (2010). Entrepreneurship: Successfully launching new ventures. Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.
International Labor Organization, Generate Your Business Idea
International Labor Organization, MemulaiBisnis
sterwalder, A., Pigneur, Y., & Clark, T. (2010). Business model generation: A handbook for visionaries, game changers, and challengers. Hoboken, NJ: Wiley.
William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S., (2013). Business: A Practical Introduction. Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall
Details ...