Konsep Dasar IPA Biologi, Curriculum : 2020


Courser in EnglishBASIC CONCEPTS OF NATURAL SCIENCES BIOLOGY
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS9 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup, keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

  1. Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
  2. Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
  3. Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
  4. Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
  5. Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  6. Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
  7. Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
  8. http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
  9. Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
  10. Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
  11. Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
  12. Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup, keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

  1. Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
  2. Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
  3. Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
  4. Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
  5. Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  6. Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
  7. Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
  8. http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
  9. Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
  10. Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
  11. Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
  12. Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup, keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

  1. Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
  2. Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
  3. Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
  4. Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
  5. Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  6. Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
  7. Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
  8. http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
  9. Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
  10. Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
  11. Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
  12. Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup, keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

  1. Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
  2. Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
  3. Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
  4. Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
  5. Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  6. Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
  7. Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
  8. http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
  9. Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
  10. Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
  11. Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
  12. Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup, keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

  1. Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
  2. Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
  3. Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
  4. Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
  5. Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  6. Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
  7. Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
  8. http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
  9. Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
  10. Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
  11. Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
  12. Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup, keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

  1. Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
  2. Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
  3. Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
  4. Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
  5. Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  6. Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
  7. Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
  8. http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
  9. Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
  10. Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
  11. Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
  12. Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup, keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

  1. Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
  2. Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
  3. Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
  4. Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
  5. Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  6. Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
  7. Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
  8. http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
  9. Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
  10. Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
  11. Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
  12. Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup, keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

  1. Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
  2. Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
  3. Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
  4. Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
  5. Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  6. Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
  7. Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
  8. http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
  9. Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
  10. Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
  11. Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
  12. Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan IPA SD merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan IPA SD, mahasiswa mampu:

1. Menganalisis hakikat IPA dan Pendidikan IPA di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S9, P4, KK1, KK4).

2. Mengimplementasikan teori belajar, model, metode, pendekatan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar sesuai perkembangan kurikulum (S9, P4,  KU1, KK4).

3. Mengidentifikasi kesesuaian silabus, RPP dan materi ajar IPA dengan model, metode, pendekatan yang sesuai dengan kurikulum IPA di SD dengan penuh tanggungjawab (S9, KK4, P4, P5)

4. Mengimplementasikan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab. (S9, KK4, P4, P5)

References

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  3. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  4. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
  8. Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press


Details ...