Courser in English | FOOTBALL II |
Program | Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 16 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berbobot 2 sks dan ditempuh oleh mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah Sepakbola 1. Materi perkuliahan mencakup peraturan permainan dan pertandingan Sepakbola, serta pemahaman pendekatan taktis dalam permainan sepakbola yang meliputi: mencetak angka (mempertahankan kepemilikan bola, menyerang gawang, menciptakan dan menggunakan ruang saat menyerang), mencegah gol (mempertahankan ruang, menjaga daerah gawang, merebut bola), memulai kembali permainan (lemparan ke dalam, tendangan pojok, tendangan bebas) secara metodik melalui kuliah teori dan praktik.
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan dapat mengerti, memahami, dan mempraktikkan peraturan permainan dan pertandingan serta prinsip-prinsip pendekatan taktik sepakbola.
References- Komarudin. (2005). Diktat Pembelajaran Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: FIK UNY.
- Linda L. Griffin. (1997). Teaching Sport Concept and Skills: A Tactical Games Approach. USA: Human Knetics.
- Remmy Muchtar. (1992). Orpil Sepakbola. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
- Toto Subroto. (2001). Pembelajaran Keterampilan dan Konsep Olahraga di Sekolah Dasar: Sebuah Pendekatan Permainan Taktis. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Details ...
Mata kuliah ini berbobot 2 sks dan ditempuh oleh mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah Sepakbola 1. Materi perkuliahan mencakup peraturan permainan dan pertandingan Sepakbola, serta pemahaman pendekatan taktis dalam permainan sepakbola yang meliputi: mencetak angka (mempertahankan kepemilikan bola, menyerang gawang, menciptakan dan menggunakan ruang saat menyerang), mencegah gol (mempertahankan ruang, menjaga daerah gawang, merebut bola), memulai kembali permainan (lemparan ke dalam, tendangan pojok, tendangan bebas) secara metodik melalui kuliah teori dan praktik.
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan dapat mengerti, memahami, dan mempraktikkan peraturan permainan dan pertandingan serta prinsip-prinsip pendekatan taktik sepakbola.
References- Komarudin. (2005). Diktat Pembelajaran Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: FIK UNY.
- Linda L. Griffin. (1997). Teaching Sport Concept and Skills: A Tactical Games Approach. USA: Human Knetics.
- Remmy Muchtar. (1992). Orpil Sepakbola. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
- Toto Subroto. (2001). Pembelajaran Keterampilan dan Konsep Olahraga di Sekolah Dasar: Sebuah Pendekatan Permainan Taktis. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Details ...
Mata kuliah ini berbobot 2 sks dan ditempuh oleh mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah Sepakbola 1. Materi perkuliahan mencakup peraturan permainan dan pertandingan Sepakbola, serta pemahaman pendekatan taktis dalam permainan sepakbola yang meliputi: mencetak angka (mempertahankan kepemilikan bola, menyerang gawang, menciptakan dan menggunakan ruang saat menyerang), mencegah gol (mempertahankan ruang, menjaga daerah gawang, merebut bola), memulai kembali permainan (lemparan ke dalam, tendangan pojok, tendangan bebas) secara metodik melalui kuliah teori dan praktik.
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan dapat mengerti, memahami, dan mempraktikkan peraturan permainan dan pertandingan serta prinsip-prinsip pendekatan taktik sepakbola.
References- Komarudin. (2005). Diktat Pembelajaran Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: FIK UNY.
- Linda L. Griffin. (1997). Teaching Sport Concept and Skills: A Tactical Games Approach. USA: Human Knetics.
- Remmy Muchtar. (1992). Orpil Sepakbola. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
- Toto Subroto. (2001). Pembelajaran Keterampilan dan Konsep Olahraga di Sekolah Dasar: Sebuah Pendekatan Permainan Taktis. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Details ...
Mata kuliah ini berbobot 2 sks dan ditempuh oleh mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah Sepakbola 1. Materi perkuliahan mencakup peraturan permainan dan pertandingan Sepakbola, serta pemahaman pendekatan taktis dalam permainan sepakbola yang meliputi: mencetak angka (mempertahankan kepemilikan bola, menyerang gawang, menciptakan dan menggunakan ruang saat menyerang), mencegah gol (mempertahankan ruang, menjaga daerah gawang, merebut bola), memulai kembali permainan (lemparan ke dalam, tendangan pojok, tendangan bebas) secara metodik melalui kuliah teori dan praktik.
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan dapat mengerti, memahami, dan mempraktikkan peraturan permainan dan pertandingan serta prinsip-prinsip pendekatan taktik sepakbola.
References- Komarudin. (2005). Diktat Pembelajaran Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: FIK UNY.
- Linda L. Griffin. (1997). Teaching Sport Concept and Skills: A Tactical Games Approach. USA: Human Knetics.
- Remmy Muchtar. (1992). Orpil Sepakbola. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
- Toto Subroto. (2001). Pembelajaran Keterampilan dan Konsep Olahraga di Sekolah Dasar: Sebuah Pendekatan Permainan Taktis. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Details ...
Mata kuliah ini berbobot 2 sks dan ditempuh oleh mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah Sepakbola 1. Materi perkuliahan mencakup peraturan permainan dan pertandingan sepakbola, serta pemahaman pendekatan taktis dalam permainan sepakbola yang meliputi: mencetak angka (mempertahankan kepemilikan bola, menyerang gawang, menciptakan dan menggunakan ruang saat menyerang), mencegah gol (mempertahankan ruang, menjaga daerah gawang, merebut bola), memulai kembali permainan (lemparan ke dalam, tendangan pojok, tendangan bebas) secara metodik melalui kuliah teori dan praktik.
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan dapat mengerti, memahami, dan mempraktikkan peraturan permainan dan pertandingan serta prinsip-prinsip pendekatan taktik sepakbola.
References- Komarudin. (2005). Diktat Pembelajaran Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: FIK UNY.
- Linda L. Griffin. (1997). Teaching Sport Concept and Skills: A Tactical Games Approach. USA: Human Knetics.
- Remmy Muchtar. (1992). Orpil Sepakbola. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
- Toto Subroto. (2001). Pembelajaran Keterampilan dan Konsep Olahraga di Sekolah Dasar: Sebuah Pendekatan Permainan Taktis. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Details ...
Mata kuliah ini berbobot 2 sks dan ditempuh oleh mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah Sepakbola 1. Materi perkuliahan mencakup peraturan permainan dan pertandingan sepakbola, serta pemahaman pendekatan taktis dalam permainan sepakbola yang meliputi: mencetak angka (mempertahankan kepemilikan bola, menyerang gawang, menciptakan dan menggunakan ruang saat menyerang), mencegah gol (mempertahankan ruang, menjaga daerah gawang, merebut bola), memulai kembali permainan (lemparan ke dalam, tendangan pojok, tendangan bebas) secara metodik melalui kuliah teori dan praktik.
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan dapat mengerti, memahami, dan mempraktikkan peraturan permainan dan pertandingan serta prinsip-prinsip pendekatan taktik sepakbola.
References- Komarudin. (2005). Diktat Pembelajaran Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: FIK UNY.
- Linda L. Griffin. (1997). Teaching Sport Concept and Skills: A Tactical Games Approach. USA: Human Knetics.
- Remmy Muchtar. (1992). Orpil Sepakbola. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
- Toto Subroto. (2001). Pembelajaran Keterampilan dan Konsep Olahraga di Sekolah Dasar: Sebuah Pendekatan Permainan Taktis. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Details ...
Mata kuliah ini berbobot 2 sks dan ditempuh oleh mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah Sepakbola 1. Materi perkuliahan mencakup peraturan permainan dan pertandingan sepakbola, serta pemahaman pendekatan taktis dalam permainan sepakbola yang meliputi: mencetak angka (mempertahankan kepemilikan bola, menyerang gawang, menciptakan dan menggunakan ruang saat menyerang), mencegah gol (mempertahankan ruang, menjaga daerah gawang, merebut bola), memulai kembali permainan (lemparan ke dalam, tendangan pojok, tendangan bebas) secara metodik melalui kuliah teori dan praktik.
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan dapat mengerti, memahami, dan mempraktikkan peraturan permainan dan pertandingan serta prinsip-prinsip pendekatan taktik sepakbola.
References- Komarudin. (2005). Diktat Pembelajaran Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: FIK UNY.
- Linda L. Griffin. (1997). Teaching Sport Concept and Skills: A Tactical Games Approach. USA: Human Knetics.
- Remmy Muchtar. (1992). Orpil Sepakbola. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
- Toto Subroto. (2001). Pembelajaran Keterampilan dan Konsep Olahraga di Sekolah Dasar: Sebuah Pendekatan Permainan Taktis. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Details ...
Mata kuliah ini berbobot 2 sks dan ditempuh oleh mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah Sepakbola 1. Materi perkuliahan mencakup peraturan permainan dan pertandingan sepakbola, serta pemahaman pendekatan taktis dalam permainan sepakbola yang meliputi: mencetak angka (mempertahankan kepemilikan bola, menyerang gawang, menciptakan dan menggunakan ruang saat menyerang), mencegah gol (mempertahankan ruang, menjaga daerah gawang, merebut bola), memulai kembali permainan (lemparan ke dalam, tendangan pojok, tendangan bebas) secara metodik melalui kuliah teori dan praktik.
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan dapat mengerti, memahami, dan mempraktikkan peraturan permainan dan pertandingan serta prinsip-prinsip pendekatan taktik sepakbola.
References- Komarudin. (2005). Diktat Pembelajaran Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: FIK UNY.
- Linda L. Griffin. (1997). Teaching Sport Concept and Skills: A Tactical Games Approach. USA: Human Knetics.
- Remmy Muchtar. (1992). Orpil Sepakbola. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
- Toto Subroto. (2001). Pembelajaran Keterampilan dan Konsep Olahraga di Sekolah Dasar: Sebuah Pendekatan Permainan Taktis. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Details ...
Mata kuliah ini berbobot 2 sks (1 sks teori dan 1 sks praktik) dan ditempuh oleh
mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah Sepakbola 1. Mahasiswa
diharapkan dapat mengerti, memahami, dan mempraktikkan peraturan permainan dan
pertandingan serta prinsip-prinsip pendekatan taktik sepakbola. Materi perkuliahan
mencakup peraturan permainan dan pertandingan sepakbola, serta pemahaman
pendekatan taktis dalam permainan sepakbola yang meliputi: mencetak angka
(mempertahankan kepemilikan bola, menyerang gawang, menciptakan dan
menggunakan ruang saat menyerang), mencegah gol (mempertahankan ruang, menjaga
daerah gawang, merebut bola), memulai kembali permainan (lemparan ke dalam,
tendangan pojok, tendangan bebas) secara metodik melalui kuliah teori dan praktik.
Penilaian didasarkan pada partisipasi perkuliahan, tugas mandiri dan kelompok, ujian
teori dan praktik.
-
References1. Komarudin. (2005). Diktat Pembelajaran Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: FIK
UNY.
2. Linda L. Griffin. (1997). Teaching Sport Concept and Skills: A Tactical Games
Approach. USA: Human Knetics.
3. Remmy Muchtar. (1992). Orpil Sepakbola. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, Proyek
Pembinaan Tenaga Kependidikan.
4. Toto Subroto. (2001). Pembelajaran Keterampilan dan Konsep Olahraga di Sekolah
Dasar: Sebuah Pendekatan Perma
Details ...
Mata kuliah ini berbobot 2 sks (1 sks teori dan 1 sks praktik) dan ditempuh oleh
mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah Sepakbola 1. Mahasiswa
diharapkan dapat mengerti, memahami, dan mempraktikkan peraturan permainan dan
pertandingan serta prinsip-prinsip pendekatan taktik sepakbola. Materi perkuliahan
mencakup peraturan permainan dan pertandingan sepakbola, serta pemahaman
pendekatan taktis dalam permainan sepakbola yang meliputi: mencetak angka
(mempertahankan kepemilikan bola, menyerang gawang, menciptakan dan
menggunakan ruang saat menyerang), mencegah gol (mempertahankan ruang, menjaga
daerah gawang, merebut bola), memulai kembali permainan (lemparan ke dalam,
tendangan pojok, tendangan bebas) secara metodik melalui kuliah teori dan praktik.
Penilaian didasarkan pada partisipasi perkuliahan, tugas mandiri dan kelompok, ujian
teori dan praktik.
-
References1. Komarudin. (2005). Diktat Pembelajaran Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: FIK
UNY.
2. Linda L. Griffin. (1997). Teaching Sport Concept and Skills: A Tactical Games
Approach. USA: Human Knetics.
3. Remmy Muchtar. (1992). Orpil Sepakbola. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, Proyek
Pembinaan Tenaga Kependidikan.
4. Toto Subroto. (2001). Pembelajaran Keterampilan dan Konsep Olahraga di Sekolah
Dasar: Sebuah Pendekatan Perma
Details ...
Mata kuliah ini berbobot 2 sks (1 sks teori dan 1 sks praktik) dan ditempuh oleh
mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah Sepakbola 1. Mahasiswa
diharapkan dapat mengerti, memahami, dan mempraktikkan peraturan permainan dan
pertandingan serta prinsip-prinsip pendekatan taktik sepakbola. Materi perkuliahan
mencakup peraturan permainan dan pertandingan sepakbola, serta pemahaman
pendekatan taktis dalam permainan sepakbola yang meliputi: mencetak angka
(mempertahankan kepemilikan bola, menyerang gawang, menciptakan dan
menggunakan ruang saat menyerang), mencegah gol (mempertahankan ruang, menjaga
daerah gawang, merebut bola), memulai kembali permainan (lemparan ke dalam,
tendangan pojok, tendangan bebas) secara metodik melalui kuliah teori dan praktik.
Penilaian didasarkan pada partisipasi perkuliahan, tugas mandiri dan kelompok, ujian
teori dan praktik.
-
References1. Komarudin. (2005). Diktat Pembelajaran Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: FIK
UNY.
2. Linda L. Griffin. (1997). Teaching Sport Concept and Skills: A Tactical Games
Approach. USA: Human Knetics.
3. Remmy Muchtar. (1992). Orpil Sepakbola. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, Proyek
Pembinaan Tenaga Kependidikan.
4. Toto Subroto. (2001). Pembelajaran Keterampilan dan Konsep Olahraga di Sekolah
Dasar: Sebuah Pendekatan Perma
Details ...
Mata kuliah ini berbobot 2 sks (1 sks teori dan 1 sks praktik) dan ditempuh oleh
mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah Sepakbola 1. Mahasiswa
diharapkan dapat mengerti, memahami, dan mempraktikkan peraturan permainan dan
pertandingan serta prinsip-prinsip pendekatan taktik sepakbola. Materi perkuliahan
mencakup peraturan permainan dan pertandingan sepakbola, serta pemahaman
pendekatan taktis dalam permainan sepakbola yang meliputi: mencetak angka
(mempertahankan kepemilikan bola, menyerang gawang, menciptakan dan
menggunakan ruang saat menyerang), mencegah gol (mempertahankan ruang, menjaga
daerah gawang, merebut bola), memulai kembali permainan (lemparan ke dalam,
tendangan pojok, tendangan bebas) secara metodik melalui kuliah teori dan praktik.
Penilaian didasarkan pada partisipasi perkuliahan, tugas mandiri dan kelompok, ujian
teori dan praktik.
-
References1. Komarudin. (2005). Diktat Pembelajaran Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: FIK
UNY.
2. Linda L. Griffin. (1997). Teaching Sport Concept and Skills: A Tactical Games
Approach. USA: Human Knetics.
3. Remmy Muchtar. (1992). Orpil Sepakbola. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, Proyek
Pembinaan Tenaga Kependidikan.
4. Toto Subroto. (2001). Pembelajaran Keterampilan dan Konsep Olahraga di Sekolah
Dasar: Sebuah Pendekatan Perma
Details ...