Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE |
Program | Teknik Mesin - S1 |
SKS | 2 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Bahasa Indonesia membekalkan mahasiswa Universitas PGRI Semarang untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik di lingkungan akademik maupun di lingkungan masyarakat.
Learning Outcomes- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, serta inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
- Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.
Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera,
Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo).
Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press.
Salam, Aprinus. 2008. Problematika Menulis di Indonesia.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Indonesia ini merupakan satu dari tiga mata kuliah dasar umum (MKDU) yang berlaku di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.
Learning Outcomes- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
- Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.
Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)
Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Indonesia ini merupakan satu dari tiga mata kuliah dasar umum (MKDU) yang berlaku di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.
Learning Outcomes- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
- Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.
Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)
Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Indonesia ini merupakan satu dari tiga mata kuliah dasar umum (MKDU) yang berlaku di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.
Learning Outcomes- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
- Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.
Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)
Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press.
Details ...
Mengembangkan dan menrapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara untuk mewujudkan cinta berbahasa Indonesia.
Learning OutcomesMengetahui sejarah perkembangan bahasa Indonesia di Indonesia dan menerapkan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
ReferencesKeraf, Gorys. Komposis. Ende Flores
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan keterampilan berbahasa Indonesia dalam ranah akademik. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memperkaya pikiran, gagasan, dan sikap ilmiah dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang memenuhi syarat kohesi dan koherensi, efektivitas, efisiensi, dan komunikatif. Mahasiswa diharapkan memiliki kecakapan dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengembangkan diri sepanjang hayat. Materi yang dibahas di dalam perkuliahan adalah sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, ragam bahasa, kohesi, koherensi, topik artikel, tema artikel, kutipan, dan daftar pustaka.
Learning Outcomes- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
- Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.
Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)
Pamungkas, Sri. 2012. Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta. Andi Offset.
Rahardi, Kunjana. 2004. Dinamika Kebahasaan. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.
Rohmadi, Muhammad dan Aninditya Sri Nugraheni. 2011. Belajar Bahasa Indonesia. Surakarta: Cakrawala Media.
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan keterampilan berbahasa Indonesia dalam ranah akademik. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memperkaya pikiran, gagasan, dan sikap ilmiah dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang memenuhi syarat kohesi dan koherensi, efektivitas, efisiensi, dan komunikatif. Mahasiswa diharapkan memiliki kecakapan dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengembangkan diri sepanjang hayat. Materi yang dibahas di dalam perkuliahan adalah sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, ragam bahasa, kohesi, koherensi, topik artikel, tema artikel, kutipan, dan daftar pustaka.
Learning Outcomes- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
- Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.
Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)
Pamungkas, Sri. 2012. Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta. Andi Offset.
Rahardi, Kunjana. 2004. Dinamika Kebahasaan. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.
Rohmadi, Muhammad dan Aninditya Sri Nugraheni. 2011. Belajar Bahasa Indonesia. Surakarta: Cakrawala Media.
Details ...
Mata kuliah ini adalah mata kuliah pengembangan keterampilan berbahasa Indonesia. Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu (1) menggunakan bahasa Indonesia untuk memperkaya pikiran, gagasan, dan sikap ilmiah ke dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang berkualitas (memenuhi syarat objektivitas, koherensi, kohesi, efektivitas, efisiensi, dan komunikatif); (2) menyunting secara kritis berbagai karya ilmiah dan menyempurnakannya berdasarkan hasil suntingan; Perkuliahan ini dilaksanakan dengan pendekatan komunikatif dan kontekstual melalui teknik diskusi, latihan, dan presentasi.
Learning Outcomes- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
- Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.
Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)
Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press .
Details ...