Interaksi Manusia dan Komputer, Curriculum : 2015


Courser in EnglishHUMAN AND COMPUTER INTERACTION
ProgramPendidikan Teknologi Informasi
SKS3 SKS
RPS13 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer yakni terdiri dari konsep interaksi manusia dan computer serta ruang lingkupnya, bidang studi yang berperan dalam interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, komputer, ragam dialog, desain, prototyping, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, computer-supported cooperative work, viksualisasi informasi, audio dan agent sesuai dengan prinsip-prinsip User Centered Design ,

Learning Outcomes

Mahasiswa agar dapat menguasai konsep-konsep interaksi manusia dan computer dengan baik, sehingga dapat mengimplementasikannya dalam mendesain software sesuai dengan prinsip-prinsip User Centered Design

 

 

References

  1. Referensi                                                         :
  2. Dix, Alan et.al, Human-Computer Interaction, 2nd Edition, Prentice Hall, Europe, 1998
  3. Johnson, P., Human-Computer Interaction : Psychology, Task Analysis and Software Engineering, McGraw-Hill, England
  4. Raskin, J, The Human Interface, Addison Wesley, 2000
  5. Sutcliffe,  A  G., Human-Computer Interface Design, 2ND Edition, MacMillan, London, 1995
  6. Santoso,Insap; Interaksi Manusia dan Komputer : Teori dan Praktek, Andi Offset, Yogyakarta, 2004
  7. Surbakti,  Irfan;  Interaksi  Manusia  Dan  Komputer,  Edisi  Jurusan  Teknik Informatika-ITS, 200
  8. Sudarmawan; Ariyus, Dony; Interaksi Manusia dan Komputer, Andi Offset Yogyakarta, 2007
  9. Shneiderman,  Ben,      Designing  The  User  Interface,  Addison  Wesley Longman, 1
  10. Newman, W. M and Lamming, M. G, Interactive System Design, Addison Wesley, Cambrigde, Great Britain, 1995.
  11. www.worldwidestore.com, 2009


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, ragam dialog, desain, prototyping, piranti interaktif, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, CSCW dan groupware, visualisasi informasi, audio dan agent.Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, ragam dialog, desain, prototyping, piranti interaktif, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, CSCW dan groupware, visualisasi informasi, audio dan agent.

Learning Outcomes

Setelah selsai mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer diharapkan mahasiswa mengenal dan memahami konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, ragam dialog, desain, prototyping, piranti interaktif, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, CSCW dan groupware, visualisasi informasi, audio dan agent.Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, ragam dialog, desain, prototyping, piranti interaktif, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, CSCW dan groupware, visualisasi informasi, audio dan agent, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

References

1. Dix, Alan et.al, Human-Computer Interaction, 2nd Edition, Prentice Hall, Europe, 1998.
2. Johnson, P., Human-Computer Interaction : Psychology, Task Analysis and
Software Engineering, McGraw-Hill, England UK, 1992.
3. Raskin, J, The Human Interface, Addison Wesley, 2000
4. Sutcliffe, A. G., Human-Computer Interface Design, 2ND Edition, MacMillan, London, 1995.
5. Santoso,Insap; Interaksi Manusia dan Komputer : Teori dan Praktek, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.
6. Surbakti, Irfan; Interaksi Manusia Dan Komputer, Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS, 2006
7. Sudarmawan; Ariyus, Dony; Interaksi Manusia dan Komputer, Andi Offset Yogyakarta, 2007
8. Shneiderman, Ben, Designing The User Interface, Addison Wesley Longman, 1998.
9. Newman, W. M and Lamming, M. G, Interactive System Design, Addison Wesley, Cambrigde, Great Britain, 1995.
10. www.worldwidestore.com, 2009


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer yakni terdiri dari konsep interaksi manusia dan computer serta ruang lingkupnya, bidang studi yang berperan dalam interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, komputer, ragam dialog, desain, prototyping, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, computer-supported cooperative work, viksualisasi informasi, audio dan agent sesuai dengan prinsip-prinsip User Centered Design ,

Learning Outcomes

Mahasiswa agar dapat menguasai konsep-konsep interaksi manusia dan computer dengan baik, sehingga dapat mengimplementasikannya dalam mendesain software sesuai dengan prinsip-prinsip User Centered Design

References

Dix, Alan et.al, Human-Computer Interaction, 2nd Edition, Prentice Hall, Europe, 1998

Johnson, P., Human-Computer Interaction : Psychology, Task Analysis and Software Engineering, McGraw-Hill, England UK, 1992

Raskin, J, The Human Interface, Addison Wesley, 2000

Sutcliffe,           A.            G.,           Human-Computer Interface Design,             2ND        Edition, MacMillan, London, 1995

Santoso,Insap; Interaksi Manusia dan Komputer : Teori dan Praktek, Andi Offset, Yogyakarta, 2004

Surbakti,  Irfan;  Interaksi  Manusia  Dan  Komputer,  Edisi  Jurusan  Teknik Informatika-ITS, 2006

Sudarmawan; Ariyus, Dony; Interaksi Manusia dan Komputer, Andi Offset Yogyakarta, 2007

Shneiderman,  Ben,      Designing  The  User  Interface,  Addison  Wesley Longman, 1998

Newman, W. M and Lamming, M. G, Interactive System Design, Addison Wesley, Cambrigde, Great Britain, 1995

www.worldwidestore.com, 2009


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membantu mahasiswa untuk memahami tentang konsep-konsep interkasi manusia dan komputer, sehingga mahasiswa dapat mengimplementasikannya dalam mendesain software sesuai dengan prinsip-prinsip User Centered Design dalam kehidupan sehari-hari

Learning Outcomes

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah untuk mengenal interaksi manusia dan komputer dengan baik, sehingga dapat mengimplementasikannya dalam mendesain software sesuai dengan prinsip-prinsip Use Centered Design untukm mendapatkan ide dalam membuat desain yang baik untuk aplikasi user centered design

References

Surbakti, Irfan dan Santosa, Insap. 2006. Interaksi Manusia dan Komputer. Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS

Sudarmawan, Ariyus dan Dony. 2007. Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta: Andi Offset

Schneiderman, Ben. 2000. The User Interface. Addition: Wesley Longman

Santosa, Insap. Interaksi Manusia dan Komputer, Teori dan Praktek. Yogyakarta: Andi Offset.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membantu mahasiswa untuk memahami tentang konsep-konsep interkasi manusia dan komputer, sehingga mahasiswa dapat mengimplementasikannya dalam mendesain software sesuai dengan prinsip-prinsip User Centered Design dalam kehidupan sehari-hari

Learning Outcomes

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah untuk mengenal interaksi manusia dan komputer dengan baik, sehingga dapat mengimplementasikannya dalam mendesain software sesuai dengan prinsip-prinsip Use Centered Design untukm mendapatkan ide dalam membuat desain yang baik untuk aplikasi user centered design

References

Surbakti, Irfan dan Santosa, Insap. 2006. Interaksi Manusia dan Komputer. Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS

Sudarmawan, Ariyus dan Dony. 2007. Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta: Andi Offset

Schneiderman, Ben. 2000. The User Interface. Addition: Wesley Longman

Santosa, Insap. Interaksi Manusia dan Komputer, Teori dan Praktek. Yogyakarta: Andi Offset.


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, komputer, ragam dialog, desain, prototyping, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, computer supported cooperative work, visualisasi informasi, audio dan agent

Learning Outcomes

Mahasiswa mempunyai pemahaman mengenai konsep interaksi manusia dan komputer secara keseluruhan serta ruang lingkupnya yaitu faktor manusia, komputer, ragam dialog, desain, prototyping, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, comnputer supported cooperative work, visualisasi informasi, audio dan agent

References

Subakti, Irfan. 2006. Interaksi Manusia dan Komputer. Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS.

Sudarmawan, Ariyus. Dony. 2007. Interaksi Manusia dan Komputer.Yogyakarta: Andi Offset


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, komputer, ragam dialog, desain, prototyping, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, computer supported cooperative work, visualisasi informasi, audio dan agent

Learning Outcomes

Mahasiswa mempunyai pemahaman mengenai konsep interaksi manusia dan komputer secara keseluruhan serta ruang lingkupnya yaitu faktor manusia, komputer, ragam dialog, desain, prototyping, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, comnputer supported cooperative work, visualisasi informasi, audio dan agent

References

Subakti, Irfan. 2006. Interaksi Manusia dan Komputer. Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS.

Sudarmawan, Ariyus. Dony. 2007. Interaksi Manusia dan Komputer.Yogyakarta: Andi Offset


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manussia, ragam dialog, desain, ptototyping, piranti interaktif, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, groupware, visualisasi informasi

Learning Outcomes

Mahasiswa mempunyai pemahaman mengenai konsep interaksi manusia dan komputer secara keseluruhan yaitu mendesain, mengevaluasi, mengaplikasikan dalam bentuk user interface, sehingga akan diperoleh hubungan antara aksi yang diharapkan dan kemampuan dalam memerlukan suatu keberhasilan sistem komputer

References

Subakti, Irfan. Interaksi Manusia dan Komputer.  Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS. 2006

Sudarmawan, Ariyus, Dony.  Interaksi Manusia dan Komputer. Andi Offset. Yogyakarta. 2007
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manussia, ragam dialog, desain, ptototyping, piranti interaktif, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, groupware, visualisasi informasi

Learning Outcomes

Mahasiswa mempunyai pemahaman mengenai konsep interaksi manusia dan komputer secara keseluruhan yaitu mendesain, mengevaluasi, mengaplikasikan dalam bentuk user interface, sehingga akan diperoleh hubungan antara aksi yang diharapkan dan kemampuan dalam memerlukan suatu keberhasilan sistem komputer

References

Subakti, Irfan. Interaksi Manusia dan Komputer.  Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS. 2006

Sudarmawan, Ariyus, Dony.  Interaksi Manusia dan Komputer. Andi Offset. Yogyakarta. 2007
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, ragam dialog, desain, prototyping, piranti interaktif, penanganan kesalahn  dan help dokumentasi, evaluasi, website, groupware, visualisasi informasi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mempunyai pemahaman mengenai konsep interaksi manusia dan komputer secara keseluruhan yaitu mendesain, mengevaluasi, mengaplikasikan dalam bentuk user interface, sehingga akan diperoleh hubungan anatara aksi yang diharapkan dan kemampuan dalam menentukan suatu keberhasilan sistem komputer.

References

1. Subakti, Irfan. Interaksi Manusia dan Komputer. Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS. 2006

2. Sudarmawan; Ariyus, Dony. Interaksi Manusia dan Komputer. Andi Offset. Yogyakarta. 2007


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, ragam dialog, desain, prototyping, piranti interaktif, penanganan kesalahn  dan help dokumentasi, evaluasi, website, groupware, visualisasi informasi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mempunyai pemahaman mengenai konsep interaksi manusia dan komputer secara keseluruhan yaitu mendesain, mengevaluasi, mengaplikasikan dalam bentuk user interface, sehingga akan diperoleh hubungan anatara aksi yang diharapkan dan kemampuan dalam menentukan suatu keberhasilan sistem komputer.

References

1. Subakti, Irfan. Interaksi Manusia dan Komputer. Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS. 2006

2. Sudarmawan; Ariyus, Dony. Interaksi Manusia dan Komputer. Andi Offset. Yogyakarta. 2007


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer yakni terdiri dari konsep interaksi manusia dan computer serta ruang lingkupnya, bidang studi yang berperan dalam interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, komputer, ragam dialog, desain, prototyping, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, computer-supported cooperative work, viksualisasi informasi, audio dan agent sesuai dengan prinsip-prinsip User Centered Design ,

Learning Outcomes

Mahasiswa agar dapat menguasai konsep-konsep interaksi manusia dan komputer dengan baik, sehingga dapat mengimplementasikannya dalam mendefinisikan software sesuai dengan prinsip-prinsip User Centerd Design 

References

William, Brian, Sawyer, Stacey. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi. Edisi 7. Yogyakarta, ANDI. 2010

Mc. Leod, Raymond. Sistem Informasi Manajemen JIlid I. Jakarta, PT. Prehallindo. 20027.


Details ...