Courser in English | HUMAN AND COMPUTER INTERACTION |
Program | Pendidikan Teknologi Informasi |
SKS | 3 SKS |
RPS | 13 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer yakni terdiri dari konsep interaksi manusia dan computer serta ruang lingkupnya, bidang studi yang berperan dalam interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, komputer, ragam dialog, desain, prototyping, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, computer-supported cooperative work, viksualisasi informasi, audio dan agent sesuai dengan prinsip-prinsip User Centered Design ,
Learning OutcomesMahasiswa agar dapat menguasai konsep-konsep interaksi manusia dan computer dengan baik, sehingga dapat mengimplementasikannya dalam mendesain software sesuai dengan prinsip-prinsip User Centered Design
References
- Referensi :
- Dix, Alan et.al, Human-Computer Interaction, 2nd Edition, Prentice Hall, Europe, 1998
- Johnson, P., Human-Computer Interaction : Psychology, Task Analysis and Software Engineering, McGraw-Hill, England
- Raskin, J, The Human Interface, Addison Wesley, 2000
- Sutcliffe, A G., Human-Computer Interface Design, 2ND Edition, MacMillan, London, 1995
- Santoso,Insap; Interaksi Manusia dan Komputer : Teori dan Praktek, Andi Offset, Yogyakarta, 2004
- Surbakti, Irfan; Interaksi Manusia Dan Komputer, Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS, 200
- Sudarmawan; Ariyus, Dony; Interaksi Manusia dan Komputer, Andi Offset Yogyakarta, 2007
- Shneiderman, Ben, Designing The User Interface, Addison Wesley Longman, 1
- Newman, W. M and Lamming, M. G, Interactive System Design, Addison Wesley, Cambrigde, Great Britain, 1995.
- www.worldwidestore.com, 2009
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, ragam dialog, desain, prototyping, piranti interaktif, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, CSCW dan groupware, visualisasi informasi, audio dan agent.Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, ragam dialog, desain, prototyping, piranti interaktif, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, CSCW dan groupware, visualisasi informasi, audio dan agent.
Learning OutcomesSetelah selsai mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer diharapkan mahasiswa mengenal dan memahami konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, ragam dialog, desain, prototyping, piranti interaktif, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, CSCW dan groupware, visualisasi informasi, audio dan agent.Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, ragam dialog, desain, prototyping, piranti interaktif, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, CSCW dan groupware, visualisasi informasi, audio dan agent, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
References1. Dix, Alan et.al, Human-Computer Interaction, 2nd Edition, Prentice Hall, Europe, 1998.
2. Johnson, P., Human-Computer Interaction : Psychology, Task Analysis and
Software Engineering, McGraw-Hill, England UK, 1992.
3. Raskin, J, The Human Interface, Addison Wesley, 2000
4. Sutcliffe, A. G., Human-Computer Interface Design, 2ND Edition, MacMillan, London, 1995.
5. Santoso,Insap; Interaksi Manusia dan Komputer : Teori dan Praktek, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.
6. Surbakti, Irfan; Interaksi Manusia Dan Komputer, Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS, 2006
7. Sudarmawan; Ariyus, Dony; Interaksi Manusia dan Komputer, Andi Offset Yogyakarta, 2007
8. Shneiderman, Ben, Designing The User Interface, Addison Wesley Longman, 1998.
9. Newman, W. M and Lamming, M. G, Interactive System Design, Addison Wesley, Cambrigde, Great Britain, 1995.
10. www.worldwidestore.com, 2009
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer yakni terdiri dari konsep interaksi manusia dan computer serta ruang lingkupnya, bidang studi yang berperan dalam interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, komputer, ragam dialog, desain, prototyping, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, computer-supported cooperative work, viksualisasi informasi, audio dan agent sesuai dengan prinsip-prinsip User Centered Design ,
Learning OutcomesMahasiswa agar dapat menguasai konsep-konsep interaksi manusia dan computer dengan baik, sehingga dapat mengimplementasikannya dalam mendesain software sesuai dengan prinsip-prinsip User Centered Design
ReferencesDix, Alan et.al, Human-Computer Interaction, 2nd Edition, Prentice Hall, Europe, 1998
Johnson, P., Human-Computer Interaction : Psychology, Task Analysis and Software Engineering, McGraw-Hill, England UK, 1992
Raskin, J, The Human Interface, Addison Wesley, 2000
Sutcliffe, A. G., Human-Computer Interface Design, 2ND Edition, MacMillan, London, 1995
Santoso,Insap; Interaksi Manusia dan Komputer : Teori dan Praktek, Andi Offset, Yogyakarta, 2004
Surbakti, Irfan; Interaksi Manusia Dan Komputer, Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS, 2006
Sudarmawan; Ariyus, Dony; Interaksi Manusia dan Komputer, Andi Offset Yogyakarta, 2007
Shneiderman, Ben, Designing The User Interface, Addison Wesley Longman, 1998
Newman, W. M and Lamming, M. G, Interactive System Design, Addison Wesley, Cambrigde, Great Britain, 1995
Details ...
Mata kuliah ini membantu mahasiswa untuk memahami tentang konsep-konsep interkasi manusia dan komputer, sehingga mahasiswa dapat mengimplementasikannya dalam mendesain software sesuai dengan prinsip-prinsip User Centered Design dalam kehidupan sehari-hari
Learning OutcomesMata kuliah ini merupakan mata kuliah untuk mengenal interaksi manusia dan komputer dengan baik, sehingga dapat mengimplementasikannya dalam mendesain software sesuai dengan prinsip-prinsip Use Centered Design untukm mendapatkan ide dalam membuat desain yang baik untuk aplikasi user centered design
ReferencesSurbakti, Irfan dan Santosa, Insap. 2006. Interaksi Manusia dan Komputer. Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS
Sudarmawan, Ariyus dan Dony. 2007. Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta: Andi Offset
Schneiderman, Ben. 2000. The User Interface. Addition: Wesley Longman
Santosa, Insap. Interaksi Manusia dan Komputer, Teori dan Praktek. Yogyakarta: Andi Offset.
Details ...
Mata kuliah ini membantu mahasiswa untuk memahami tentang konsep-konsep interkasi manusia dan komputer, sehingga mahasiswa dapat mengimplementasikannya dalam mendesain software sesuai dengan prinsip-prinsip User Centered Design dalam kehidupan sehari-hari
Learning OutcomesMata kuliah ini merupakan mata kuliah untuk mengenal interaksi manusia dan komputer dengan baik, sehingga dapat mengimplementasikannya dalam mendesain software sesuai dengan prinsip-prinsip Use Centered Design untukm mendapatkan ide dalam membuat desain yang baik untuk aplikasi user centered design
ReferencesSurbakti, Irfan dan Santosa, Insap. 2006. Interaksi Manusia dan Komputer. Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS
Sudarmawan, Ariyus dan Dony. 2007. Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta: Andi Offset
Schneiderman, Ben. 2000. The User Interface. Addition: Wesley Longman
Santosa, Insap. Interaksi Manusia dan Komputer, Teori dan Praktek. Yogyakarta: Andi Offset.
Details ...
matakuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, komputer, ragam dialog, desain, prototyping, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, computer supported cooperative work, visualisasi informasi, audio dan agent
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai pemahaman mengenai konsep interaksi manusia dan komputer secara keseluruhan serta ruang lingkupnya yaitu faktor manusia, komputer, ragam dialog, desain, prototyping, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, comnputer supported cooperative work, visualisasi informasi, audio dan agent
ReferencesSubakti, Irfan. 2006. Interaksi Manusia dan Komputer. Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS.
Sudarmawan, Ariyus. Dony. 2007. Interaksi Manusia dan Komputer.Yogyakarta: Andi Offset
Details ...
matakuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, komputer, ragam dialog, desain, prototyping, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, computer supported cooperative work, visualisasi informasi, audio dan agent
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai pemahaman mengenai konsep interaksi manusia dan komputer secara keseluruhan serta ruang lingkupnya yaitu faktor manusia, komputer, ragam dialog, desain, prototyping, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, comnputer supported cooperative work, visualisasi informasi, audio dan agent
ReferencesSubakti, Irfan. 2006. Interaksi Manusia dan Komputer. Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS.
Sudarmawan, Ariyus. Dony. 2007. Interaksi Manusia dan Komputer.Yogyakarta: Andi Offset
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manussia, ragam dialog, desain, ptototyping, piranti interaktif, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, groupware, visualisasi informasi
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai pemahaman mengenai konsep interaksi manusia dan komputer secara keseluruhan yaitu mendesain, mengevaluasi, mengaplikasikan dalam bentuk user interface, sehingga akan diperoleh hubungan antara aksi yang diharapkan dan kemampuan dalam memerlukan suatu keberhasilan sistem komputer
ReferencesSubakti, Irfan. Interaksi Manusia dan Komputer. Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS. 2006
Sudarmawan, Ariyus, Dony. Interaksi Manusia dan Komputer. Andi Offset. Yogyakarta. 2007
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manussia, ragam dialog, desain, ptototyping, piranti interaktif, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, groupware, visualisasi informasi
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai pemahaman mengenai konsep interaksi manusia dan komputer secara keseluruhan yaitu mendesain, mengevaluasi, mengaplikasikan dalam bentuk user interface, sehingga akan diperoleh hubungan antara aksi yang diharapkan dan kemampuan dalam memerlukan suatu keberhasilan sistem komputer
ReferencesSubakti, Irfan. Interaksi Manusia dan Komputer. Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS. 2006
Sudarmawan, Ariyus, Dony. Interaksi Manusia dan Komputer. Andi Offset. Yogyakarta. 2007
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, ragam dialog, desain, prototyping, piranti interaktif, penanganan kesalahn dan help dokumentasi, evaluasi, website, groupware, visualisasi informasi.
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai pemahaman mengenai konsep interaksi manusia dan komputer secara keseluruhan yaitu mendesain, mengevaluasi, mengaplikasikan dalam bentuk user interface, sehingga akan diperoleh hubungan anatara aksi yang diharapkan dan kemampuan dalam menentukan suatu keberhasilan sistem komputer.
References1. Subakti, Irfan. Interaksi Manusia dan Komputer. Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS. 2006
2. Sudarmawan; Ariyus, Dony. Interaksi Manusia dan Komputer. Andi Offset. Yogyakarta. 2007
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, ragam dialog, desain, prototyping, piranti interaktif, penanganan kesalahn dan help dokumentasi, evaluasi, website, groupware, visualisasi informasi.
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai pemahaman mengenai konsep interaksi manusia dan komputer secara keseluruhan yaitu mendesain, mengevaluasi, mengaplikasikan dalam bentuk user interface, sehingga akan diperoleh hubungan anatara aksi yang diharapkan dan kemampuan dalam menentukan suatu keberhasilan sistem komputer.
References1. Subakti, Irfan. Interaksi Manusia dan Komputer. Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS. 2006
2. Sudarmawan; Ariyus, Dony. Interaksi Manusia dan Komputer. Andi Offset. Yogyakarta. 2007
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep interaksi manusia dan komputer yakni terdiri dari konsep interaksi manusia dan computer serta ruang lingkupnya, bidang studi yang berperan dalam interaksi manusia dan komputer, faktor manusia, komputer, ragam dialog, desain, prototyping, penanganan kesalahan dan help dokumentasi, evaluasi, website, computer-supported cooperative work, viksualisasi informasi, audio dan agent sesuai dengan prinsip-prinsip User Centered Design ,
Learning OutcomesMahasiswa agar dapat menguasai konsep-konsep interaksi manusia dan komputer dengan baik, sehingga dapat mengimplementasikannya dalam mendefinisikan software sesuai dengan prinsip-prinsip User Centerd Design
ReferencesWilliam, Brian, Sawyer, Stacey. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi. Edisi 7. Yogyakarta, ANDI. 2010
Mc. Leod, Raymond. Sistem Informasi Manajemen JIlid I. Jakarta, PT. Prehallindo. 20027.
Details ...