Berbicara Individual, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINDIVIDUAL SPEAKING
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS15 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa memperoleh keterampilan untuk berbicara secara individu dalam lingkup publik. Mata kuliah ini membahas
berbagai hal dalam berbicara individu meliputi, konsep dasar berbicara, aspek berbicara, tujuan berbicara, faktor keefektivan berbicara individu,
metode dalam berbicara, perencanaan pembicaraan, dan bentuk berbicara.Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa memperoleh keterampilan untuk berbicara secara individu dalam lingkup publik.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan berbicara secara mandiri
  2. Menunjukan kinarja mandiri, bermutu dan terukur
  3. Menguasai konsep dasar, faktor, jenis, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan berbicara individual
  4. Mahasiswa mampu mempraktikan keterampilan berbicara individual

References

 Arsjad, Maidar G. dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Dunar, Hilbram. 2015. My Public Speaking. Jakarta: Gramedia.

Hendrikus, Dori wuwur. 1991. Retorika. Yogyakarta: Kanisius

King, Larry. 2009. Seni  Berbicara : Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, di Mana Saja.  Jakarta: Gramedia.

Rahkmat, Jalaludin. 1996. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung:Remaja Rosdakarya

Strickland, Dorothy S., Lee Galda, & Bernice E. Culihan. 2007. Language Arts: Learning and Teaching. Singapore, Victoria, Mexico, Canada, london, Madrid: Thomson Wadsword.

Tarigan, Djago. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tarigan, H.G. 1994. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widya Amartaya, A. 1989. Kreatif Berwicara. Yogyakarta: Kanisius.                                               

 Arsjad, Maidar G. dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Dunar, Hilbram. 2015. My Public Speaking. Jakarta: Gramedia.

Hendrikus, Dori wuwur. 1991. Retorika. Yogyakarta: Kanisius

King, Larry. 2009. Seni  Berbicara : Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, di Mana Saja.  Jakarta: Gramedia.

Rahkmat, Jalaludin. 1996. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung:Remaja Rosdakarya

Strickland, Dorothy S., Lee Galda, & Bernice E. Culihan. 2007. Language Arts: Learning and Teaching. Singapore, Victoria, Mexico, Canada, london, Madrid: Thomson Wadsword.

Tarigan, Djago. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tarigan, H.G. 1994. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widya Amartaya, A. 1989. Kreatif Berwicara. Yogyakarta: Kanisius.                                               


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah berbicara individual diberikan pada mahasiswa semester 1. Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan keterampilan berbahasa mahasiswa, khususnya berkaitan dengan keterampilan berbicara. Mahasiswa akan mendapatkan berbagai materi yang menjadi landasan pengetahuan bagi sejumlah praktik berbicara yang akan dilaksanakan. Materi yang akan diberikan, yaitu konsep berbicara, faktor yang berpengaruh terhadap keterampilan berbicara, jenis-jenis berbicara, metode berbicara, dan perencanaan seorang pembicara serta etika yang perlu dikuasai seorang pembicara. Mata kuliah ini akan dilaksanakan berbasis pemberian kesempatan praktik dan evaluasi hasil praktik. Hal ini dilakukan agar mahasiswa terbiasa berbicara di depan publik.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan berbicara secara mandiri
  2. Menunjukan kinarja mandiri, bermutu dan terukur
  3. Menguasai konsep dasar, faktor, jenis, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan berbicara individu
  4. Mahasiswa mampu mempraktikan keterampilan berbicara individu

References

Arsjad, Maidar G. dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Hendrikus, Dori wuwur. 1991. Retorika. Yogyakarta: Kanisius

King, Larry. 2009. Seni  Berbicara : Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, di Mana Saja.  Jakarta: Gramedia.

Rahkmat, Jalaludin. 1996. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung:Remaja Rosdakarya

Strickland, Dorothy S., Lee Galda, & Bernice E. Culihan. 2007. Language Arts: Learning and Teaching. Singapore, Victoria, Mexico, Canada, london, Madrid: Thomson Wadsword.

Tarigan, Djago. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tarigan, H.G. 1994. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widya Amartaya, A. 1989. Kreatif Berwicara. Yogyakarta: Kanisius.           


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa memperoleh keterampilan untuk berbicara secara individu dalam lingkup publik. Keterampilan yang dimaksud tidak sekadar menjadikan mahasiswa dapat berbicara, tetapi meningkatkan kecerdasan mahasiswa mengorganisasi ide, menyajikan ide dan menunjukan etika yang baik dalam berbicara. Mata kuliah ini membahas berbagai hal dalam berbicara individual meliputi, konsep dasar berbicara, aspek berbicara, tujuan berbicara, faktor keefektivan berbicara, metode dalam berbicara, perencanaan pembicaraan, dan bentuk berbicara.

Learning Outcomes

-

References

Arsjad, Maidar G. dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

 

Hendrikus, Dori wuwur. 1991. Retorika. Yogyakarta: Kanisius

 

King, Larry. 2009. Seni  Berbicara : Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, di Mana Saja.  Jakarta: Gramedia.

 

Rahkmat, Jalaludin. 1996. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung:Remaja Rosdakarya

 

Strickland, Dorothy S., Lee Galda, & Bernice E. Culihan. 2007. Language Arts: Learning and Teaching. Singapore, Victoria, Mexico, Canada, london, Madrid: Thomson Wadsword.

 

Tarigan, Djago. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

 

Tarigan, H.G. 1994. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

 

Widya Amartaya, A. 1989. Kreatif Berwicara. Yogyakarta: Kanisius.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa memperoleh keterampilan untuk berbicara secara individu dalam lingkup publik. Mata kuliah ini membahas berbagai hal dalam berbicara individu meliputi, konsep dasar berbicara, aspek berbicara, tujuan berbicara, faktor keefektivan berbicara individu, metode dalam berbicara, perencanaan pembicaraan, dan bentuk berbicara.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan berbicara secara mandiri
  2. Menunjukan kinarja mandiri, bermutu dan terukur
  3. Menguasai konsep dasar, faktor, jenis, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan berbicara individu
  4. Mahasiswa mampu mempraktikan keterampilan berbicara individu
     

References

DAFTAR PUSTAKA / SUMBER BELAJAR:

Arsjad, Maidar G. dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Dunar, Hilbram. 2015. My Public Speaking. Jakarta: Gramedia

Hendrikus, Dori wuwur. 1991. Retorika. Yogyakarta: Kanisius

Rahkmat, Jalaludin. 1996. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung:Remaja Rosdakarya

Strickland, Dorothy S., Lee Galda, & Bernice E. Culihan. 2007. Language Arts: Learning and Teaching. Singapore, Victoria, Mexico, Canada, london, Madrid: Thomson Wadsword.

Tarigan, Djago. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tarigan, H.G. 1994. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widya Amartaya, A. 1989. Kreatif Berwicara. Yogyakarta: Kanisius.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa memperoleh keterampilan untuk berbicara secara individu dalam lingkup publik. Mata kuliah ini membahas berbagai hal dalam berbicara individu meliputi, konsep dasar berbicara, aspek berbicara, tujuan berbicara, faktor keefektivan berbicara individu, metode dalam berbicara, perencanaan pembicaraan, dan bentuk berbicara.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan berbicara secara mandiri
  2. Menunjukan kinarja mandiri, bermutu dan terukur
  3. Menguasai konsep dasar, faktor, jenis, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan berbicara individu
  4. Mahasiswa mampu mempraktikan keterampilan berbicara individu
     

References

DAFTAR PUSTAKA / SUMBER BELAJAR:

Arsjad, Maidar G. dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Dunar, Hilbram. 2015. My Public Speaking. Jakarta: Gramedia

Hendrikus, Dori wuwur. 1991. Retorika. Yogyakarta: Kanisius

Rahkmat, Jalaludin. 1996. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung:Remaja Rosdakarya

Strickland, Dorothy S., Lee Galda, & Bernice E. Culihan. 2007. Language Arts: Learning and Teaching. Singapore, Victoria, Mexico, Canada, london, Madrid: Thomson Wadsword.

Tarigan, Djago. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tarigan, H.G. 1994. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widya Amartaya, A. 1989. Kreatif Berwicara. Yogyakarta: Kanisius.


Details ...