Courser in English | Evaluation of Process and Results of Mathematic Education |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mempelajari tentang; manfaat evaluasi dalam pembelajaran, perbedaan prestasi belajar dan hasil belajar, taksonomi bloom, desain instruksional, Tes-Pengukuran-dan Penilaian hasil belajar, kisi-kisi dan soal pilihan ganda dan uraian, Validitas dan reliabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran soal, pedoman penilaian soal uraian, penilaian alternative, lembar observasi non tes, mengubah skor menjadi nilai, menentukan kedudukan siswa dalam suatu kelompok (merangking), sehingga mahasiswa dapat Menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
Learning Outcomes- Pengetahuan: Mahasiswa menguasai teori evaluasi pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran, mahasiswa menguasai penilaian kurikulum 2013, mahasiswa dapat membuat kisi-kisi soal dan dapat membuat instrument Tes dan Non Tes, mahasiswa dapat menganalisis Instrumen penilaian, mahasiswa dapat menganalisis hasil pembelajaran.
- Sikap: Mahasiswa memiliki sikap yang baik selama mengikuti perkuliahan, dan memahami bahwa materi evaluasi dan hasil pembelajaran matematika dapat dikaitkan dengan sikap hidup, seperti; disiplin, tanggung jawab, pantang menyerah, semangat, bekerjasama.
- Keterampilan: Mahasiswa mampu merencanakan instrument, membuat instrumen, menganalisis instrumen, dan menevaluasi instrument evaluasi pendidikan dan menerapkannya dalam pembelajaran di sekolah.
- Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
- Asrul, Ananda, Rosnita. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Perdana Mulya Sarana.
- Nuryadi. 2009. Evaluasi Hasil dan Proses Pembelajaran matematika. Yoyakarta: Universitas Mercu buana yoyakarta.
- Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Agama
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang; manfaat evaluasi dalam pembelajaran, perbedaan prestasi belajar dan hasil belajar, taksonomi bloom, desain instruksional, Tes-Pengukuran-dan Penilaian hasil belajar, kisi-kisi dan soal pilihan ganda dan uraian, Validitas dan reliabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran soal, pedoman penilaian soal uraian, penilaian alternative, lembar observasi non tes, mengubah skor menjadi nilai, menentukan kedudukan siswa dalam suatu kelompok (merangking), sehingga mahasiswa dapat Menyusun rancangan evaluasi pembelajaran yang hasilnya akan dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
Learning Outcomes- Pengetahuan: Mahasiswa menguasai teori evaluasi pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran, mahasiswa menguasai penilaian kurikulum 2013, mahasiswa dapat membuat kisi-kisi soal dan dapat membuat instrument Tes dan Non Tes, mahasiswa dapat menganalisis Instrumen penilaian, mahasiswa dapat menganalisis hasil pembelajaran.
- Sikap: Mahasiswa memiliki sikap yang baik selama mengikuti perkuliahan, dan memahami bahwa materi evaluasi dan hasil pembelajaran matematika dapat dikaitkan dengan sikap hidup, seperti; disiplin, tanggung jawab, pantang menyerah, semangat, bekerjasama.
- Keterampilan: Mahasiswa mampu merencanakan instrument, membuat instrumen, menganalisis instrumen, dan menevaluasi instrument evaluasi pendidikan dan menerapkannya dalam pembelajaran di sekolah.
- Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
- Asrul, Ananda, Rosnita. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Perdana Mulya Sarana.
- Nuryadi. 2009. Evaluasi Hasil dan Proses Pembelajaran matematika. Yoyakarta: Universitas Mercu buana yoyakarta.
- Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Agama
Details ...