Statistik Pendidikan, Curriculum : 2010


Courser in EnglishStatistics for Education
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang pengertian dan fungsi statistic, statistic deskriptif, tendensi sentral (median, mean, modus), variabilitas (range, mean deviasi, standar deviasi), nilai-nilai Standar (z-score, t-score), distribusi normal, dan statistik inferensial, estimasi, dan pengujian hipotesis

Learning Outcomes

  1. menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran;
  2. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  3. memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar;

References

Budiyono, 2004, Statitiska Untuk Penelitian, Surakarta: UNS Press.

 

Syah Darwan, Supardi, Hasibuan, 2007, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang pengertian dan fungsi statistic, statistic deskriptif, tendensi sentral (median, mean, modus), variabilitas (range, mean deviasi, standar deviasi), nilai-nilai Standar (z-score, t-score), distribusi normal, dan statistik inferensial, estimasi, dan pengujian hipotesis

Learning Outcomes

  1. menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran;
  2. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  3. memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar;

References

Budiyono, 2004, Statitiska Untuk Penelitian, Surakarta: UNS Press.

 

Syah Darwan, Supardi, Hasibuan, 2007, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang pengertian dan fungsi statistic, statistic deskriptif, tendensi sentral (median, mean, modus), variabilitas (range, mean deviasi, standar deviasi), nilai-nilai Standar (z-score, t-score), distribusi normal, dan statistik inferensial, estimasi, dan pengujian hipotesis

Learning Outcomes

  1. menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran;
  2. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  3. memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar;

References

Budiyono, 2004, Statitiska Untuk Penelitian, Surakarta: UNS Press.

 

Syah Darwan, Supardi, Hasibuan, 2007, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang pengertian dan fungsi statistic, statistic deskriptif, tendensi sentral (median, mean, modus), variabilitas (range, mean deviasi, standar deviasi), nilai-nilai Standar (z-score, t-score), distribusi normal, dan statistik inferensial, estimasi, dan pengujian hipotesis.

  •  

 

Learning Outcomes

  1. menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran;
  2. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  3. memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar;

References

Hadi, Sutrisno.2000. Statistik Jilid I. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.

Ferguson, George, A. 1981. Statistic Analysis in Psychologogy and Education. Aucland: Megraw Hill International book Company.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang pengertian dan fungsi statistic, statistic deskriptif, tendensi sentral (median, mean, modus), variabilitas (range, mean deviasi, standar deviasi), nilai-nilai Standar (z-score, t-score), distribusi normal, dan statistik inferensial, estimasi, dan pengujian hipotesis.

  •  

 

Learning Outcomes

  1. menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran;
  2. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  3. memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar;

References

Hadi, Sutrisno.2000. Statistik Jilid I. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.

Ferguson, George, A. 1981. Statistic Analysis in Psychologogy and Education. Aucland: Megraw Hill International book Company.


Details ...