Courser in English | Assessment of Process & Product of Biology Learning |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 3 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Memahami dan mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama.
Learning OutcomesMahasiswa memahami dan mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama.
ReferencesArikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Grafindo;
Details ...
Memahami dan mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama.
Learning OutcomesMahasiswa memahami dan mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama.
Referenceskela ahh
Details ...
Memahami dan mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama.
Learning OutcomesMahasiswa memahami dan mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama.
References
Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Grafindo;
Details ...
Memahami dan mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama.
Learning OutcomesMahasiswa memahami dan mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil belajar dan manfaatnya. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama.
References
Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Grafindo;
Details ...