Evaluasi Proses & Hasil Pembelajaran Bio, Curriculum : 2010


Courser in EnglishAssessment of Process & Product of Biology Learning
ProgramPendidikan Biologi
SKS3 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Memahami dan mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik  analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil  belajar dan manfaatnya. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami dan mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik  analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil  belajar dan manfaatnya. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama.

References

Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Grafindo;


Details ...
Course Descriptions

Memahami dan mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik  analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil  belajar dan manfaatnya. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami dan mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik  analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil  belajar dan manfaatnya. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama.

References

kela ahh


Details ...
Course Descriptions

Memahami dan mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik  analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil  belajar dan manfaatnya. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami dan mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik  analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil  belajar dan manfaatnya. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama.

References

 

Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Grafindo;


Details ...
Course Descriptions

Memahami dan mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik  analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil  belajar dan manfaatnya. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami dan mengkaji hakikat dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, karakteristik penilaian berbasis kompetensi, evaluasi pencapaian belajar siswa, macam-macam bentuk tes hasil belajar, prinsip-prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar, teknik pengolahan skor hasil evaluasi, metode pengembangan instrumen dan teknik penskoran, teknik  analisis dan interpretasi tes hasil belajar, kualitas dan ciri-ciri teknik evaluasi yang baik dan pelaporan hasil  belajar dan manfaatnya. Secara afektif mata kuliah ini untuk membiasakan nilai-nilai karakter, kritis, logis kreatif dan percaya diri serta saling menghargai dan kerja sama.

References

 

Arikunto, S. 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto, N. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjiono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan , Jakarta: Grafindo;


Details ...