Mikrobiologi, Curriculum : 2015


Courser in EnglishMICROBIOLOGY
ProgramPendidikan Biologi
SKS3 SKS
RPS15 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mikrobiologi merupakan mata kuliah yang membahas mengenai mikroorganisme, meliputi bakteri, khamir, dan jamur. Selain itu juga dibahas mengenai virus dan Protista yang dianggap memiliki kaitan yang cukup dekat dengan mikroorganisme lainnya. Dalam mata kuliah ini dibahas mengenai sejarah mikrobiologi (perkembangan mikrobiologi: periode perintisan, periode keemasan, dan periode modern), morfologi dan struktur bakteri dimulai dari morfologi golongan Eubacteria dan Archaebacteria, reproduksi dan pertumbuhan bakteri serta peran bakteri dalam kehidupan manusia, Protista meliputi ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista serta peranannya bagi kehidupan manusia, Virus meliputi ciri, struktur,reproduksi, serta peranan virus bagi manusia, proses biosintesis sebagai salah satu aktivitas metabolisme mikroorganisme meliputi proses biosintesis dan bioenergi, lingkungan hidup yang dapat mempengaruhi aktivitas mikroorganisme, toksin yang dapat dihasilkan oleh mikroorganisme, mikrobiologi terapan (mikrobiologi pangan, industri, pertanian, lingkungan, peternakan, dan kesehatan).

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

 

  1. Sikap
    1. Berkontribusi  dalam  peningkatan  mutu  kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
    2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
    3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
    4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
    5. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan  unggul
  2. Keterampilan Umum
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
    3. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
    4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
    5. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
    6. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
    7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
    8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  3. Keterampilan Khusus
  1. Profil Pendidik Biologi
    1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
    2. Mampu menganalisis kurikulum biologi sekolah menengah dan implementasinya dalam pembelajaran biologi
    3. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
    4. Mampu menerapkan pedagogi specifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat sebagai implementasi tecnological pedagogigal content knowledge (TPCK)
    5. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang pendidikan biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan biologi (menggunakan bahasa internasional)
    6. Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
    7. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
  2. Profil Pelaku Wirausaha Bidang Pembelajaran Biologi
    1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan. IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
    2. Mampu menganalisis kurikulum biologi sekolah menengah dan implementasinya dalam pembelajaran biologi
    3. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
    4. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang pendidikan biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan biologi (menggunakan bahasa internasional)
    5. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
    6. Mampu menganalisis dan mendisain produk-produk pendidikan dan pembelajaran  berbasis prinsip-prinsip pembelajaran biologi secara kreatif
    7. Mampu mengelola produk-produk pendidikan dan pembelajaran  berbasis prinsip-prinsip pembelajaran biologi secara kreatif
  3. Profil Pelaku wirausaha hortikultura dan bioteknologi.
    1. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura dan bioteknologi
    2. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan usaha di bidang hortikultura dan bioteknologi yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
    3. Mampu menganalisis dan mendisain produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan.
    4. Mampu mengelola produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan.

 

 

  1. Penguasaan Pengetahuan
    1. Profil Pendidik Biologi
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar biologi serta terapannya.
  2. Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, untuk mendukung pembelajaran biologi di kelas dan sekolah.
  3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran
  4. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan biologi dan biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah
  5. Menguasai prinsip-prinsip TIK yang mendukung proses pembelajaran biologi dan inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi
    1. Profil Pelaku Wirausaha Bidang Pembelajaran Biologi
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar biologi serta terapannya.
  2. Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, untuk mendukung pembelajaran biologi di kelas dan sekolah.
  3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran
  4. Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar pengelolaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  5. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan biologi dan biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah
  6. Menguasai prinsip-prinsip TIK yang mendukung proses pembelajaran biologi dan inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi
    1. Profil Pelaku wirausaha hortikultura dan bioteknologi.
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar biologi serta terapannya.
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien.
  3. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura dan bioteknologi sesuai prinsip komunikasi ilmiah.
  4. Menguasai prinsip TIK yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura dan bioteknologi.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH           :

  1. Sikap :
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dalam mempelajari materi Mikrobiologi.
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari materi Mikrobiologi.
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam mempelajari materi Mikrobiologi

 

  1. Pengetahuan:
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang Mikrobiologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
  1. Keterampilan Umum:
  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi Mikrobiologi berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi Mikrobiologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.
  1. Keterampilan Khusus:
  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam mikrobiologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

References

Black, J. G. 2008. Microbiology: Principles and Explorations. 7th ed. John Wiley & Sons, Inc. Virginia, pp: 52-73, 81-88.

Carter, J. B. and V. A. Saunders. 2007. Virology: Principles and Applications. John Wiley & Sons Ltd. The Atrium. Chichester, pp: 24-27.

Presscott, L. M., John P. H., and Donald A. K. 1999. Microbiology. 4th ed. McGraw-Hill Company, Inc. USA, pp: 702.

Sarles, W. B., W. C. Frazier, J. B. Wilson, and S. G. Knight. 1956. Microbiology: General and Applied. 2nd ed. Harper & Brothers. New York, pp: 38-40.

Sumarsih, S. 2003. Mikrobiologi Dasar. Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian. UPN Veteran. Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Mikrobiologi merupakan mata kuliah yang membahas mengenai mikroorganisme, meliputi bakteri, khamir, dan jamur. Selain itu juga dibahas mengenai virus dan Protista yang dianggap memiliki kaitan yang cukup dekat dengan mikroorganisme lainnya. Dalam mata kuliah ini dibahas mengenai sejarah mikrobiologi (perkembangan mikrobiologi: periode perintisan, periode keemasan, dan periode modern), morfologi dan struktur bakteri dimulai dari morfologi golongan Eubacteria dan Archaebacteria, reproduksi dan pertumbuhan bakteri serta peran bakteri dalam kehidupan manusia, Protista meliputi ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista serta peranannya bagi kehidupan manusia, Virus meliputi ciri, struktur,reproduksi, serta peranan virus bagi manusia, proses biosintesis sebagai salah satu aktivitas metabolisme mikroorganisme meliputi proses biosintesis dan bioenergi, lingkungan hidup yang dapat mempengaruhi aktivitas mikroorganisme, toksin yang dapat dihasilkan oleh mikroorganisme, mikrobiologi terapan (mikrobiologi pangan, industri, pertanian, lingkungan, peternakan, dan kesehatan).

Learning Outcomes

  1. Sikap :
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dalam mempelajari materi Mikrobiologi.
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari materi Mikrobiologi.
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam mempelajari materi Mikrobiologi

 

  1. Pengetahuan:
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang Mikrobiologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
  1. Keterampilan Umum:
  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi Mikrobiologi berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi Mikrobiologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.
  1. Keterampilan Khusus:
  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam mikrobiologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

References

Sumber Belajar

  1. Pelczar, Michael, J. dan E.C.S. Chan. 1986. Dasar-dasar Mikrobiologi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI)
  2. Dwijoseputro, D. 2003. Dasar-dasar Mikrobiologi. Malang: Penerbit Djambatan
  3. Entjang Indan. 2003.Mikrobiologi dan Parasitologi. Bandung. Penerbit: PT. Citra Aditya Bakti
  4. Melnick, Jawetz dan Adelberg’s. 2001. Mikrobiologi Kedokteran. Universitas Airlangga. Penerbit: Salemba Medika.

Rujukan Pengayaan


Details ...
Course Descriptions

Mikrobiologi merupakan mata kuliah yang membahas mengenai mikroorganisme, meliputi bakteri, khamir, dan jamur. Selain itu juga dibahas mengenai virus dan Protista yang dianggap memiliki kaitan yang cukup dekat dengan mikroorganisme lainnya. Dalam mata kuliah ini dibahas mengenai sejarah mikrobiologi (perkembangan mikrobiologi: periode perintisan, periode keemasan, dan periode modern), morfologi dan struktur bakteri dimulai dari morfologi golongan Eubacteria dan Archaebacteria, reproduksi dan pertumbuhan bakteri serta peran bakteri dalam kehidupan manusia, Protista meliputi ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista serta peranannya bagi kehidupan manusia, Virus meliputi ciri, struktur,reproduksi, serta peranan virus bagi manusia, proses biosintesis sebagai salah satu aktivitas metabolisme mikroorganisme meliputi proses biosintesis dan bioenergi, lingkungan hidup yang dapat mempengaruhi aktivitas mikroorganisme, toksin yang dapat dihasilkan oleh mikroorganisme, mikrobiologi terapan (mikrobiologi pangan, industri, pertanian, lingkungan, peternakan, dan kesehatan).

Learning Outcomes

1. Sikap :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dalam mempelajari materi Mikrobiologi.
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari materi Mikrobiologi.
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam mempelajari materi Mikrobiologi

2. Pengetahuan:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang Mikrobiologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
  2. Keterampilan Umum:
  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi Mikrobiologi berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi Mikrobiologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.

3. Keterampilan Khusus:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam mikrobiologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

References

Sumber Belajar

  1. Pelczar, Michael, J. dan E.C.S. Chan. 1986. Dasar-dasar Mikrobiologi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI)
  2. Dwijoseputro, D. 2003. Dasar-dasar Mikrobiologi. Malang: Penerbit Djambatan
  3. Entjang Indan. 2003.Mikrobiologi dan Parasitologi. Bandung. Penerbit: PT. Citra Aditya Bakti
  4. Melnick, Jawetz dan Adelberg’s. 2001. Mikrobiologi Kedokteran. Universitas Airlangga. Penerbit: Salemba Medika.
  5. Endah Rita Sulistya Dewi, Atip Nurwahyunani. 2017. Dasar-dasar Mikrobiologi. Semarang. Swadaya Manunggal


Details ...