Courser in English | ENVIRONMENTAL IMPACT Analysis |
Program | Teknik Sipil - S1 |
SKS | 2 SKS |
RPS | 16 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengaplikasikan konsep serta memberikan solusi masalah dmpak dan rekayasa lingkungan untuk berbagai rekayasa ketekniksipilan
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata Kuliah Dampak dan Rekayasa Lingkungan mempelajari mengenai penyediaan air bersih, plumbing, pencemaran lingkungan, sistem pengelolaan limbah, persampahan dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengaplikasikan konsep serta memberikan solusi masalah dampak dan rekayasa lingkungan untuk berbagai rekayasa ketekniksipilan.
References1. Memahami AMDAL, Mursid Raharjo, Graha Ilmu
2. Rekayasa Lingkungan, Gunadarma
3. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Otto Soemarwoto, UGM Press
4. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, F. Gunawan Suratmo, UGM Press
Details ...
Mata Kuliah Dampak dan Rekayasa Lingkungan mempelajari mengenai penyediaan air bersih, plumbing, pencemaran lingkungan, sistem pengelolaan limbah, persampahan dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengaplikasikan konsep serta memberikan solusi masalah dampak dan rekayasa lingkungan untuk berbagai rekayasa ketekniksipilan.
References1. Memahami AMDAL, Mursid Raharjo, Graha Ilmu
2. Rekayasa Lingkungan, Gunadarma
3. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Otto Soemarwoto, UGM Press
4. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, F. Gunawan Suratmo, UGM Press
Details ...
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengaplikasikan konsep serta memberikan solusi masalah dampak dan rekayasa lingkungan untuk berbagai rekayasa ketekniksipilan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti Mata Kuliah ini, mahasiswa diharapkan:
Mahasiswa mampu memahami pentingnya lingkungan dengan interaksinya dalam perencanaan dan pembangunan dalam bidang teknik sipil, sehingga mampu merencanakan dalam bidang penyediaan air bersih, pembuatan saluran pembuangan air kotor, perencanaan plumbing dan tempat pembuangan sampah (TPS) secara mandiri maupun kelompok.
References
Utama : |
|
|
|
Pendukung : |
|
5.Soemirat, J., 1994, Kesehatan Lingkungan, Gadjah Mada Press, Yogyakarta. 6. Soeritdmaja, R, E. 1981, Ilmu Lingkungan, Penerbit ITB, Bandung. 7. Arthur, S, C., 1977, Air polution, Vol. 4, Engineering Control of Air Polution, Academic Press, New York, USA, 8. otto, S., 1994, Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan, Djembatan, Bandung. 9. Sulistyoweni, 1986, Teknik Penyehatan, Universitas Indonesia, Jakarta. |
Details ...
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengaplikasikan konsep serta memberikan solusi masalah dampak dan rekayasa lingkungan untuk berbagai rekayasa ketekniksipilan.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang pengertian konsep dasar dampak dan rekayasa lingkungan serta peran pentingya pada konstruksi sipil.
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengaplikasikan konsep serta memberikan solusi masalah dampak dan rekayasa lingkungan untuk berbagai rekayasa ketekniksipilan.
References1. Memahami AMDAL, Mursid Raharjo, Graha Ilmu
2. Rekayasa Lingkungan, Gunadarma
3. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Otto Soemarwoto, UGM Press
4. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, F. Gunawan Suratmo, UGM Press
Details ...
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang: Pengertian dan lingkup Rekayasa Lingkungan. Kegunaan sungai dan Rekayasa Lingkungan.Tipe
dan sifat-sifat sungai. Morfologi sungai. Hidrologi sungai. Hidrolika sungai. Erosi dan sedimentasi sungai. Konstruksi bangunan di sungai
Penerapan Rekayasa Lingkungan. Aspek eko-hidraulik dalam penanganan sungai. Restorasi sungai. Pengendalian banjir.
Mampu bekerjasama dalam suatu tim lintas bidang.
Bertanggung jawab pada pekerjaan secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
Menjadi ilmuwan dan praktisi bidang teknik sipil yang professional (kritis, kreatif, sistematis dan ilmiah, berwawasan luas, etis,
estetis).
Mampu menyatakan pendapat secara lisan dan tertulis serta memahami aturan-aturan yang berlaku.
Memahami prinsip-prinsip dasar rekayasa lingkungan pada pekerjaan teknik sipil.
Mampu merencanakan dan merancang bangunan teknik sipil yang berwawasan lingkungan.
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam
bidang teknik sipil yang berwawasan lingkungan.
Mampu mengidentifikasi aspek lingkungan dalam bidang teknik sipil.Mampu berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan dalam bidang teknik sipil.
Menguasai sains dan teknologi mutakhir dalam pembangunan yang berkelanjutan dan berkeselamatan.
Mampu memanfaatkan konsep-konsep manajemen lingkungan dalam pekerjaan teknik sipil
1. Dahli, Eli (1990), Environmental Engineering in Developing Countries, Technical University of Denmark, Copenhagen..
2. Kamala &Rao, Environmental Engineering, McGraw-Hill New Delhi.
3. Salvato (1988), Environmental Sanitation, John Wiley & Son Inc., New York.
Details ...