Courser in English | RETAIL MANAGEMENT |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan & wawasan tentang manajemen bisnis ritel. Mahasiswa akan
memperoleh materi berupa pemahaman konsep bisnis ritel, analisis perilaku pembelian, strategi bauran pemasaran
ritel yang terdiri dari lokasi dan multi distribusi ritel, pengelolaan SDM dalam ritel, pengelolaan promosi dan
penetapan harga ritel. Selain itu mahasiswa diberikan wawasan mengenai manajemen toko ritel yang terdiri dari
manajemen merchandising, desain dan layout toko, manajemen toko ritel dan etika ritel, layanan dan manajemen
hubungan pelayanan serta sistem informasi dan manajemen rantai pasokan secara komprehensif
Mahasiswa diharapkan mampu mendeskripsikan, mendiskusikan, mengidentifikasi dan membuat rekomendasi dari hasil pengamatan pada unit bisnis ritel yang ada di sekitar mereka yang nantinya dapat memberikan informasi tambahan yang berguna bagi perkembangan bisnis ritel tersebut.
ReferencesKotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0. John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.
Lamb, C. W., Hair, J. F., & Mcdaniel, C. (2018). Mktg11. Cengage Learning.
Levy, M., Weitz, B. A., & Grewal, D. (2014). Retailing Management, Ninth Edition. Mcgraw-Hill Education, 2 Penn Plaza, New York, Ny 10121.
Zwick, D., & Cayla, J. (2011). Inside Marketing: Practices, Ideologies, Devices. Https://Doi.Org/10.1093/Acprof:Oso/9780199576746.001.0001
Details ...
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar mulai tentang bagaimana suatu bisnis ritel dijalankan berdasarkan teori yang mencakup tata kelola strategi pemasaran, penetapan harga, pemilihan lokasi bisnis ritel yang paling tepat dan mensinergikan seluruh sumber daya untuk mencapai keuntungan maksimal. Pada mata kuliah ini juga mahasiswa akan dibekali dengan pengalaman melihat praktek bisnis ritel yang sudah berjalan dan mampu menghasilkan sebuah rancangan rencana bisnis ritel untuk diaplikasikan.
Learning OutcomesCapaian pembelajaran diharapkan mahasiswa dapat melakukan pengenalan bisnis ritel, membangun dan menjaga hubungan dalam bisni ritel,rencana stratejik bisnis ritel, kepemilikan bisnis ritel, mengidentifikasi dan memahami pelanggan ritel, mengumpulkan dan memprosesinformasi dalam bisnis ritel, memilih dan menganalisa lokasi bisnis ritel, organisasi ritel dan sumber daya manusia, manajemen operasidan harga dalam bisnis ritel, promosi dan strategi lainnya dalam bisnis ritel, menyusun serta merancang Retail Business Plan
ReferencesBerman & Evan (2013) Retail Management: A Strategic Approach, 12th Edition,Pearson & Genadinik, Alex. (2015) How to Write A Business
Plan (Business Planning Made Simple). Createspace Independent Publishing Platform
Chaniago, H. (2021). Manajemen Ritel & Implementasinya. Bandung: Edukasi Riset Digital PT.
Ekawati, S., & Sha, T. L. (2019). Implementasi Strategi Manajemen Ritel Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).
Respatiningsih, H. (2008). Implementasi manajemen kategori dalam manajemen ritel modern. SEGMEN: Jurnal Manajemen dan Bisnis, (1).
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel_Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia.
Sundari, A., & Syaikhudin, A. Y. (2021). Manajemen ritel (Teori dan strategi dalam bisnis ritel). Academia Publication.
Details ...