Courser in English | ELEMENTARY EDUCATION VIDEOGRAPHY LEARNING MEDIA |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah media media pembelajaran videografi DIKDAS merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengimplementasikan bagaimana memproduksi sebuah proyek media pembelajaran vidiografi secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan; (1) definisi teori editing media video grafis dan produk multimedia dan video grafis , (2) konsep dasar videografi serta teknik pembuatannya, (3) implementa teknik pengenalan dasar pengambilan gambar, teknik editing gambar dalam video, audio vide dan backsound, teknik pembuatan judul filem (Cinematrik Title), teknik pembuatan credit tittle dan teknik running text , (4) produksi media video grafis. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah media dan sumber belajar. Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami dan mempraktekkan bagaimana memproduksi sebuah proyek memproduksi media pembelajaran vidiografis sehingga diharapkan mahasiswa mendpatkan bekal tentang pengembangan media pembelajaran vidiografis dalam dunia nyata yang kelak dapt dijadikan sebagai
Learning OutcomesCPMK-1 Capaian Sikap: 1. Mahasiswa mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila melalui praktik dan pengambangan media pembelajaran video grafis dikdas SD. 2. Mahasiswa memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar dengan berinovasi mengembangkan projek media pembelajaran video grafis dalam dunia nyata yang kelak dapt dijadikan sebagai modal dalam mereka berwira usaha digital visual maupun sebagai guru professional. CPMK-2 Capaian Pengetahuan: 1. Mahasiswa mampu memahami keprofesionalan secara berkelanjutaan dengan melakukan tindakan reflektif melalui praktik dan pengemabngan media pembelajaran video grafis dikdas SD 2. Mahasiswa mampu menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran melalui melalui praktik dan pengemabngan media pembelajaran video grafis dikdas SD 3. Mahasiswa mampu memahami komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar melalui projek media pembelajaran video grafis dalam dunia nyata. CPMK-3 Capaian Keterampilan: 1. Mahasiswa mampu membangun keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif dalam berinovasi mengembangkan projek media pembelajaran video grafis dalam dunia nyata. 2. Mahasiswa mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran melalui Pengembangan media pembelajaran video grafis dalam berwirausaha digital visual maupun sebagai guru professional.
ReferencesAskurifai Baskin., 2002. Videografi, Bandung : Widya Padjadjaran Braha, Yael., 2013. Creative Motion Graphic Titling For Film,Video & the web, USA: Focal Press Harrington, Richard dan Jago, Maxim., 2014. Adobe Premiere Pro CC Classroom in a Book. California: Peachpit Kevin Daum & Matt Scott., 2012. Video Marketing for Dummies, USA: John Wiley & Sons.Inc Paul Wheeler., 2005. Practical Cinematography, Boston: Focal Press
Details ...
Mata kuliah media media pembelajaran videografi DIKDAS merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengimplementasikan bagaimana memproduksi sebuah proyek media pembelajaran vidiografi secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan; (1) definisi teori editing media video grafis dan produk multimedia dan video grafis , (2) konsep dasar videografi serta teknik pembuatannya, (3) implementa teknik pengenalan dasar pengambilan gambar, teknik editing gambar dalam video, audio vide dan backsound, teknik pembuatan judul filem (Cinematrik Title), teknik pembuatan credit tittle dan teknik running text , (4) produksi media video grafis. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah media dan sumber belajar. Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami dan mempraktekkan bagaimana memproduksi sebuah proyek memproduksi media pembelajaran vidiografis sehingga diharapkan mahasiswa mendpatkan bekal tentang pengembangan media pembelajaran vidiografis dalam dunia nyata yang kelak dapt dijadikan sebagai
Learning OutcomesCPMK-1 Capaian Sikap: 1. Mahasiswa mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila melalui praktik dan pengambangan media pembelajaran video grafis dikdas SD. 2. Mahasiswa memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar dengan berinovasi mengembangkan projek media pembelajaran video grafis dalam dunia nyata yang kelak dapt dijadikan sebagai modal dalam mereka berwira usaha digital visual maupun sebagai guru professional. CPMK-2 Capaian Pengetahuan: 1. Mahasiswa mampu memahami keprofesionalan secara berkelanjutaan dengan melakukan tindakan reflektif melalui praktik dan pengemabngan media pembelajaran video grafis dikdas SD 2. Mahasiswa mampu menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran melalui melalui praktik dan pengemabngan media pembelajaran video grafis dikdas SD 3. Mahasiswa mampu memahami komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar melalui projek media pembelajaran video grafis dalam dunia nyata. CPMK-3 Capaian Keterampilan: 1. Mahasiswa mampu membangun keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif dalam berinovasi mengembangkan projek media pembelajaran video grafis dalam dunia nyata. 2. Mahasiswa mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran melalui Pengembangan media pembelajaran video grafis dalam berwirausaha digital visual maupun sebagai guru professional.
ReferencesAskurifai Baskin., 2002. Videografi, Bandung : Widya Padjadjaran Braha, Yael., 2013. Creative Motion Graphic Titling For Film,Video & the web, USA: Focal Press Harrington, Richard dan Jago, Maxim., 2014. Adobe Premiere Pro CC Classroom in a Book. California: Peachpit Kevin Daum & Matt Scott., 2012. Video Marketing for Dummies, USA: John Wiley & Sons.Inc Paul Wheeler., 2005. Practical Cinematography, Boston: Focal Press
Details ...
Mata kuliah media media pembelajaran videografi DIKDAS merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengimplementasikan bagaimana memproduksi sebuah proyek media pembelajaran vidiografi secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan; (1) definisi teori editing media video grafis dan produk multimedia dan video grafis , (2) konsep dasar videografi serta teknik pembuatannya, (3) implementa teknik pengenalan dasar pengambilan gambar, teknik editing gambar dalam video, audio vide dan backsound, teknik pembuatan judul filem (Cinematrik Title), teknik pembuatan credit tittle dan teknik running text , (4) produksi media video grafis. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah media dan sumber belajar. Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami dan mempraktekkan bagaimana memproduksi sebuah proyek memproduksi media pembelajaran vidiografis sehingga diharapkan mahasiswa mendpatkan bekal tentang pengembangan media pembelajaran vidiografis dalam dunia nyata yang kelak dapt dijadikan sebagai
Learning OutcomesCPMK-1 Capaian Sikap: 1. Mahasiswa mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila melalui praktik dan pengambangan media pembelajaran video grafis dikdas SD. 2. Mahasiswa memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar dengan berinovasi mengembangkan projek media pembelajaran video grafis dalam dunia nyata yang kelak dapt dijadikan sebagai modal dalam mereka berwira usaha digital visual maupun sebagai guru professional. CPMK-2 Capaian Pengetahuan: 1. Mahasiswa mampu memahami keprofesionalan secara berkelanjutaan dengan melakukan tindakan reflektif melalui praktik dan pengemabngan media pembelajaran video grafis dikdas SD 2. Mahasiswa mampu menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran melalui melalui praktik dan pengemabngan media pembelajaran video grafis dikdas SD 3. Mahasiswa mampu memahami komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar melalui projek media pembelajaran video grafis dalam dunia nyata. CPMK-3 Capaian Keterampilan: 1. Mahasiswa mampu membangun keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif dalam berinovasi mengembangkan projek media pembelajaran video grafis dalam dunia nyata. 2. Mahasiswa mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran melalui Pengembangan media pembelajaran video grafis dalam berwirausaha digital visual maupun sebagai guru professional.
ReferencesAskurifai Baskin., 2002. Videografi, Bandung : Widya Padjadjaran Braha, Yael., 2013. Creative Motion Graphic Titling For Film,Video & the web, USA: Focal Press Harrington, Richard dan Jago, Maxim., 2014. Adobe Premiere Pro CC Classroom in a Book. California: Peachpit Kevin Daum & Matt Scott., 2012. Video Marketing for Dummies, USA: John Wiley & Sons.Inc Paul Wheeler., 2005. Practical Cinematography, Boston: Focal Press
Details ...