Courser in English | ECONOMICS TEACHING AND LEARNING STRATEGY |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji bagaimana pembelajaran ekonomi dapat menjadi lebih efektif dengan mempelajari teori-teori belajar seperti behavioristik, kognitif, dan sosial. Pendekatan dan model pembelajaran seperti konstruktivisme dan pembelajaran kontekstual (CTL) juga akan dibahas.
Learning Outcomes- Capaian Pembelajaran Program Studi (CPPS)
- Memahami konsep pedagogik untuk melaksanakan pembelajaran ekonomi.
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi pembelajaran ekonomi.
- Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran ekonomi secara kreatif dan inovatif.
- Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
- Memahami teori-teori belajar dan penerapannya dalam pembelajaran ekonomi.
- Mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif.
Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson.
Woolfolk, A. (2019). Educational Psychology. Pearson.
Santrock, J. W. (2020). *Educational Psychology*. McGraw-Hill Education.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2016). *Educational Psychology: Windows on Classrooms*. Pearson.
Details ...
Mata kuliah strategi belajar mengajar ekonomi merupakan mata kuliah yang memberikan konsep dan prinsip belajar dan pembelajaran, analisis perbedaan individu dan pengaruhnya terhadap hasil belajar, menerapkan strategi pembelajaran ekonomi, menerapkan model pembelajaran ekonomi,
menerapkan metode pembelajaran ekonomi, merancang prosedur pembelajaran dan mengimplementasikan model pembelajaran ekonomi.
CPMK 1 Mampu menganalisis secara rasional tentang konsep dan prinsip belajar dan
pembelajaran,
CPMK 2 Mampu menganalisis perbedaan individu dan pengaruhnya terhadap hasil belajar,
CPMK 3 Mampu menerapkan strategi pembelajaran ekonomi,
CPMK 4 Mampu menerapkan model pembelajaran ekonomi,
CPMK 5 Mampu menerapkan metode pembelajaran ekonomi,
CPMK 6 Mampu merancang prosedur pembelajaran dan mengimplementasikan model
pembelajaran ekonomi
1. Arifin, M. Z., & Setiawan, A. (2020). Strategi Belajar Dan Mengajar Guru Pada Abad
21. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2).
2. Baroya, E. H. (2018). Strategi pembelajaran abad 21. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu
Keislaman, 1(1), 101-115.
3. Fauziyah, D. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry pada Mata Pelajaran Ekonomi
Pokok Bahasan Pasar. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9, pp. 49-59).
4. Johar, R., & Hanum, L. (2016). Strategi belajar mengajar. Deepublish.
5. Lidia Susanti, S. P. (2020). Strategi pembelajaran berbasis motivasi. Elex Media
Komputindo.
6. Panggabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Chamidah, D.,
... & Cecep, H. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
7. Setiani, A. (2021). Pengantar Stategi belajar mengajar. Pengantar Stategi belajar mengajar.
8. Suharti, S. P., Sumardi, M. K., Hanafi, M., & Hakim, L. (2020). Strategi Belajar Mengajar.
Jakad Media Publishing.
9. Sumar, W. T., & Razak, I. A. (2016). Strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum
berbasis soft skill. Deepublish.
Details ...
Mata kuliah strategi belajar mengajar ekonomi merupakan mata kuliah yang memberikan konsep dan prinsip belajar dan pembelajaran, analisis perbedaan individu dan pengaruhnya terhadap hasil belajar, menerapkan strategi pembelajaran ekonomi, menerapkan model pembelajaran ekonomi,
menerapkan metode pembelajaran ekonomi, merancang prosedur pembelajaran dan mengimplementasikan model pembelajaran ekonomi.
CPMK 1 Mampu menganalisis secara rasional tentang konsep dan prinsip belajar dan
pembelajaran,
CPMK 2 Mampu menganalisis perbedaan individu dan pengaruhnya terhadap hasil belajar,
CPMK 3 Mampu menerapkan strategi pembelajaran ekonomi,
CPMK 4 Mampu menerapkan model pembelajaran ekonomi,
CPMK 5 Mampu menerapkan metode pembelajaran ekonomi,
CPMK 6 Mampu merancang prosedur pembelajaran dan mengimplementasikan model
pembelajaran ekonomi
1. Arifin, M. Z., & Setiawan, A. (2020). Strategi Belajar Dan Mengajar Guru Pada Abad
21. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2).
2. Baroya, E. H. (2018). Strategi pembelajaran abad 21. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu
Keislaman, 1(1), 101-115.
3. Fauziyah, D. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry pada Mata Pelajaran Ekonomi
Pokok Bahasan Pasar. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9, pp. 49-59).
4. Johar, R., & Hanum, L. (2016). Strategi belajar mengajar. Deepublish.
5. Lidia Susanti, S. P. (2020). Strategi pembelajaran berbasis motivasi. Elex Media
Komputindo.
6. Panggabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Chamidah, D.,
... & Cecep, H. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
7. Setiani, A. (2021). Pengantar Stategi belajar mengajar. Pengantar Stategi belajar mengajar.
8. Suharti, S. P., Sumardi, M. K., Hanafi, M., & Hakim, L. (2020). Strategi Belajar Mengajar.
Jakad Media Publishing.
9. Sumar, W. T., & Razak, I. A. (2016). Strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum
berbasis soft skill. Deepublish.
Details ...