Courser in English | Pronunciation Practice |
Program | Pendidikan Bahasa Inggris |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
This course is designed to train students how to produce 12 vowels, 8 diphthongs and 24 consonants correctly as well as to produce consonant clusters and word endings. The knowledge of speech organs, their functions, and how to use them properly in speech will also be learnt by the students. In the final phase, students should have complex skills which are able to pronounce sounds in the form of words, phrases, and sentences using appropriate stress and intonation as native like.
Learning Outcomes- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU8)
- Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate (KK1)
- Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate (KK2)
- Mampu mengadaptasi/budaya pemakai bahasa sasaran yang positif kedalam budaya bahasa ibu (KK3)
- Menguasai konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistics) dan aplikasinya dalam pembelajaran (P6)
- Menguasai teknik berkomunikasi lisan dan tulisan umum (general English) setara tingkat post-intermediate dan untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate dalam konteks keseharian atau umum, akademis, dan pekerjaan (P11)
- Menguasai keterampilan berbahasa Inggris (language skills) secara lisan dan tertulis (P13)
- Menguasai unsur kebahasaan (language elements) bahasa Inggris (P14)
- Lane, Linda. 2005. Focus on Pronunciation I. New York: Pearson Education.
- Baker, Susan. 2006. Tree or Three. Cambridge: Cambridge University Press.
- Baker, Susan. 2006. Ship or Sheep. Cambridge: Cambridge University Press.
- https://drive.google.com/file/d/13ecr_CvXB8W3GRY6ssovWxsBPrNca875/view (IPA symbols)
- https://youtu.be/c97xwLdSsXU (English vowels)
- https://youtu.be/4cU9fqpCqBA (English consonants)
- https://youtu.be/A7hi-ipU2n0 (-ed verb endings)
- https://youtu.be/UaFIejjqCoI (Plural Nouns)
- https://youtu.be/IG95Nc_KV5g (voiced vs. unvoiced consonants)
- https://youtu.be/p8DJFNjZiIM (intonation)
- https://youtu.be/08qBN29mIBs (English stress)
- English Pronunciation Application (Android & IOS)
- Sounds: Pronunciation App FREE (Android & IOS)
Details ...
This course is designed to train students how to produce 12 vowels, 8 diphthongs and 24 consonants correctly as well as to produce consonant clusters and word endings. The knowledge of speech organs, their functions, and how to use them properly in speech will also be learnt by the students. In the final phase, students should have complex skills which are able to pronounce sounds in the form of words, phrases, and sentences using appropriate stress and intonation as native like.
Learning Outcomes- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU8)
- Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate (KK1)
- Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate (KK2)
- Mampu mengadaptasi/budaya pemakai bahasa sasaran yang positif kedalam budaya bahasa ibu (KK3)
- Menguasai konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistics) dan aplikasinya dalam pembelajaran (P6)
- Menguasai teknik berkomunikasi lisan dan tulisan umum (general English) setara tingkat post-intermediate dan untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate dalam konteks keseharian atau umum, akademis, dan pekerjaan (P11)
- Menguasai keterampilan berbahasa Inggris (language skills) secara lisan dan tertulis (P13)
- Menguasai unsur kebahasaan (language elements) bahasa Inggris (P14)
- Lane, Linda. 2005. Focus on Pronunciation I. New York: Pearson Education.
- Baker, Susan. 2006. Tree or Three. Cambridge: Cambridge University Press.
- Baker, Susan. 2006. Ship or Sheep. Cambridge: Cambridge University Press.
- https://drive.google.com/file/d/13ecr_CvXB8W3GRY6ssovWxsBPrNca875/view (IPA symbols)
- https://youtu.be/c97xwLdSsXU (English vowels)
- https://youtu.be/4cU9fqpCqBA (English consonants)
- https://youtu.be/A7hi-ipU2n0 (-ed verb endings)
- https://youtu.be/UaFIejjqCoI (Plural Nouns)
- https://youtu.be/IG95Nc_KV5g (voiced vs. unvoiced consonants)
- https://youtu.be/p8DJFNjZiIM (intonation)
- https://youtu.be/08qBN29mIBs (English stress)
- English Pronunciation Application (Android & IOS)
- Sounds: Pronunciation App FREE (Android & IOS)
Details ...
This course is designed to train students how to produce 12 vowels, 8 diphthongs and 24 consonants correctly as well as to produce consonant clusters and word endings. The knowledge of speech organs, their functions, and how to use them properly in speech will also be learnt by the students. In the final phase, students should have complex skills which are able to pronounce sounds in the form of words, phrases, and sentences using appropriate stress and intonation as native like.
Learning Outcomes- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU8)
- Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate (KK1)
- Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate (KK2)
- Mampu mengadaptasi/budaya pemakai bahasa sasaran yang positif kedalam budaya bahasa ibu (KK3)
- Menguasai konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistics) dan aplikasinya dalam pembelajaran (P6)
- Menguasai teknik berkomunikasi lisan dan tulisan umum (general English) setara tingkat post-intermediate dan untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate dalam konteks keseharian atau umum, akademis, dan pekerjaan (P11)
- Menguasai keterampilan berbahasa Inggris (language skills) secara lisan dan tertulis (P13)
- Menguasai unsur kebahasaan (language elements) bahasa Inggris (P14)
- Lane, Linda. 2005. Focus on Pronunciation I. New York: Pearson Education.
- Baker, Susan. 2006. Tree or Three. Cambridge: Cambridge University Press.
- Baker, Susan. 2006. Ship or Sheep. Cambridge: Cambridge University Press.
- https://drive.google.com/file/d/13ecr_CvXB8W3GRY6ssovWxsBPrNca875/view (IPA symbols)
- https://youtu.be/c97xwLdSsXU (English vowels)
- https://youtu.be/4cU9fqpCqBA (English consonants)
- https://youtu.be/A7hi-ipU2n0 (-ed verb endings)
- https://youtu.be/UaFIejjqCoI (Plural Nouns)
- https://youtu.be/IG95Nc_KV5g (voiced vs. unvoiced consonants)
- https://youtu.be/p8DJFNjZiIM (intonation)
- https://youtu.be/08qBN29mIBs (English stress)
- English Pronunciation Application (Android & IOS)
- Sounds: Pronunciation App FREE (Android & IOS)
Details ...