Belajar dan Pembelajaran Ilmu Komputer, Curriculum : 2020


Courser in EnglishCOMPUTER SCIENCE TEACHING AND LEARNING
ProgramPendidikan Teknologi Informasi
SKS3 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah belajar dan pembelajaran ilmu komputer ini merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program
studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini untuk ini mempelajari mengenal hakikat belajar dan pembelajaran ilmu
komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, motivasi belajar komputer, pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan
proses dalam pembelajaran komputer, pendekatan pembelajaran ilmu komputer, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer,
masalah-masalah belajar ilmu komputer, pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer

Learning Outcomes

1.Mengimplementasikan konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam pembelajaran untuk mengidentifikasi karakteristik penilaian berbasis
   kompetensi dengan dilandasi nilai-nilai akademik 
2.Mengembangkan instrumen pada berbagai jenis asesemen test yang sesuai dengan komponen penilaian dalam proses pembelajaran belajar dan
   pembelajaran ilmu komputer dengan penuh tanggungjawab 
3.Mengembangkan instrumen pada berbagai jenis nontest sesuai dengan hasil belajar siswa yang harus dinilai dengan penuh tanggungjawab 
4.Mengevaluasi pencapaian hasil belajar sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab 
5.Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada pembelajaran belajar dan pembelajaran ilmu komputer dengan
   pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis 

References

Dimyati dan Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Gondodiyoto,Sanyoto. 2000. Komputer dan Komputerisasi. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka belajar

Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Prasodjo, Lantip, dan Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media

Sawyer, Stacey C dan Williams, Brian K. 2009. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komuniasi Edisi 7.
Yogyakarta: ANDI 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah belajar dan pembelajaran ilmu komputer ini merupakan mata kuliah program studi dan bersifat  wajib ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi  dengan  bobot 3 sks. Mata kuliah ini untuk ini mempelajari mengenal hakikat belajar dan pembelajaran ilmu komputer, prinsip-prinsip belajar dan asas pembelajaran ilmu komputer, motivasi belajar komputer, pendekatan CBSA dan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran komputer, pendekatan pembelajaran ilmu komputer, konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran ilmu komputer, masalah-masalah belajar ilmu komputer, pembelajaran dan pengembangan kurikulum ilmu komputer  

Learning Outcomes

1. Mengimplementasikan konsep belajar dan pembelajaran ilmu komputer dalam pembelajaran untuk mengidentifikasi karakteristik penilaian berbasis kompetensi dengan dilandasi nilai-nilai akademik

2. Mengembangkan instrumen pada berbagai jenis asesemen test yang sesuai dengan komponen penilaian dalam proses pembelajaran belajar dan pembelajaran ilmu komputer dengan penuh tanggungjawab

3. Mengembangkan instrumen pada berbagai jenis nontest sesuai dengan hasil belajar siswa yang harus dinilai dengan penuh tanggungjawab

4. Mengevaluasi  pencapaian hasil belajar  sesuai dengan prinsip dan prosedur penilaian hasil belajar secara bertanggung jawab

5. Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada  pembelajaran belajar dan pembelajaran ilmu komputer dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis

References

  1. Dimyati dan Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Gondodiyoto,Sanyoto. 2000. Komputer dan Komputerisasi. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo
  3. Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka belajar
  4. Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
  5. Prasodjo, Lantip, dan Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media
  6. Sawyer, Stacey C dan Williams, Brian K. 2009. Using Information Technology Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komuniasi Edisi 7. Yogyakarta: ANDI

Sumber lainnya.


Details ...