Courser in English | LEARNER DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 6 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi mempelajari tahap-tahap perkembangan dan pertumbuhan peeserta didik dan aplikasinya pada pembelajaran di sekolah
Learning Outcomesmampu menerapkan teori-teori pertumbuhan dan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran fisika di sekolah
ReferencesPrinsip-prinsip perkembangan
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
b. Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
References
|
Details ...
Mata kuliah ini merupakan integrasi kajian psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup:
(a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning Outcomes1.Mendeskripsikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.
- Memahami karakteristik peserta didik sesuai dengan usia, jenjang satuan pendidikan, dan keunikan mata pelajaran.
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat :
-
- mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan;
-
- mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.
B. Hurlock. 1980. psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Abin Syamsuddin, M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
R. Semiawan, Conny . 1998/1999. Perkembangan & Belajar Peserta Didik. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti.
Havighaurst, R.I. 1980. Developmental Task and Education. New York. HURLOCK,E.B. 1980 Developmental Psychology. Mekay A life Span approach. New
New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.Perkembangan Anak I & 2 (alih bhs Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasi) Lingdern H. C. 1972. Educational Psychology in the Classroom.Third edition. New York:John Wiley Son.Ltd.
Lemer, R.M. 1983. Human Development :A Life Span Perspective. New York: McGrow-Hill.Inc.
Nandang, Budiman, 2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah dasar. Jakarta: Dikti. Santrok, J.Human Development, A Life Span Perspective. New York: McGraw-Hill, Inc.
Sunarto dan Agung Hartono. 2002. Perkembangan Peserta Ddidik.Jakarta: PT Rineka Cipta. Syamsu, Yusuf. 2005. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja.Bandung: Rosda Karya. Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.
Supriadi, Oding. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan integrasi kajian psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning Outcomes1.Mendeskripsikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.
2.Memahami karakteristik peserta didik sesuai dengan usia, jenjang satuan pendidikan, dan keunikan mata pelajaran.
3.Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat :
a. mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan;
b. mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.
ReferencesB. Hurlock. 1980. psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Abin Syamsuddin, M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
R. Semiawan, Conny . 1998/1999. Perkembangan & Belajar Peserta Didik. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti.
Havighaurst, R.I. 1980. Developmental Task and Education. New York. HURLOCK,E.B. 1980 Developmental Psychology. Mekay A life Span approach. New
New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd. Perkembangan Anak I & 2 (alih bhs Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasi)
Lingdern H. C. 1972. Educational Psychology in the Classroom.Third edition. New York:John Wiley Son.Ltd.
Lemer, R.M. 1983. Human Development :A Life Span Perspective. New York: McGrow-Hill.Inc.
Nandang, Budiman, 2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah dasar. Jakarta: Dikti.
Santrok, J. Human Development, A Life Span Perspective. New York: McGraw-Hill, Inc.
Sunarto dan Agung Hartono. 2002. Perkembangan Peserta Ddidik.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Syamsu, Yusuf. 2005. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja.Bandung: Rosda Karya.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.
Supriadi, Oding. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
b. Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
References
1.Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada 2.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya 3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia 4.Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga |
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning Outcomes
1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.
2. Memahami karakteristik peserta didik sesuai dengan usia, jenjang satuan pendidikan, dan keunikan mata pelajaran.
3. Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat :
a. mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan;
b. mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.
References
B. Hurlock. 1980. psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.
Supriadi, Oding. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.
Details ...