Courser in English | ENGINEERING MATHEMATICS II |
Program | Teknik Mesin - S1 |
SKS | 3 SKS |
RPS | 7 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang perhitungan matetamatika yang diterapkan dalam ilmu perkembangan keteknikan, baik dalam perhitungan maupun penafsiran pada Statistika dan Transformasi Laplace
Learning OutcomesTujuan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa dapat menerapkan dalam ilmu perkembangan keteknikan, baik dalam perhitungan maupun penafsiran pada Statistika dan Transformasi Laplace
ReferencesSpiegel, Murray R, 1981. Advanced Calculus, Schaum’s Series, Mc. Graw Hill, Singapore.
Kreyzig Erwin, 2011. Advance Engineering Mathematic, Edisi ke-10, John Wiley.
Matthew R. Boelkin, 2009. Differential Equation with Linier Algebra, Oxford University Press.
Budiono. 2009. Statistika Untuk Penelitian (Edisi Ke-2). Surakarta: UNS Press.
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang perhitungan matetamatika yang diterapkan dalam ilmu perkembangan keteknikan, baik dalam perhitungan maupun penafsiran pada Statistika dan Transformasi Laplace
Learning OutcomesTujuan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa dapat menerapkan dalam ilmu perkembangan keteknikan, baik dalam perhitungan maupun penafsiran pada Statistika dan Transformasi Laplace
ReferencesSpiegel, Murray R, 1981. Advanced Calculus, Schaum’s Series, Mc. Graw Hill, Singapore.
Kreyzig Erwin, 2011. Advance Engineering Mathematic, Edisi ke-10, John Wiley.
Matthew R. Boelkin, 2009. Differential Equation with Linier Algebra, Oxford University Press.
Budiono. 2009. Statistika Untuk Penelitian (Edisi Ke-2). Surakarta: UNS Press.
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang perhitungan matetamatika yang diterapkan dalam ilmu perkembangan keteknikan, baik dalam perhitungan maupun penafsiran pada Statistika dan Transformasi Laplace
Learning OutcomesTujuan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa dapat menerapkan dalam ilmu perkembangan keteknikan, baik dalam perhitungan maupun penafsiran pada Statistika dan Transformasi Laplace
ReferencesSpiegel, Murray R, 1981. Advanced Calculus, Schaum’s Series, Mc. Graw Hill, Singapore.
Kreyzig Erwin, 2011. Advance Engineering Mathematic, Edisi ke-10, John Wiley.
Matthew R. Boelkin, 2009. Differential Equation with Linier Algebra, Oxford University Press.
Budiono. 2009. Statistika Untuk Penelitian (Edisi Ke-2). Surakarta: UNS Press.
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang perhitungan matetamatika yang diterapkan dalam ilmu perkembangan keteknikan, baik dalam perhitungan maupun penafsiran pada Statistika dan Transformasi Laplace
Learning OutcomesTujuan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa dapat menerapkan dalam ilmu perkembangan keteknikan, baik dalam perhitungan maupun penafsiran pada Statistika dan Transformasi Laplace
ReferencesSpiegel, Murray R, 1981. Advanced Calculus, Schaum’s Series, Mc. Graw Hill, Singapore.
Kreyzig Erwin, 2011. Advance Engineering Mathematic, Edisi ke-10, John Wiley.
Matthew R. Boelkin, 2009. Differential Equation with Linier Algebra, Oxford University Press.
Budiono. 2009. Statistika Untuk Penelitian (Edisi Ke-2). Surakarta: UNS Press.
|
Details ...
Mata kuliah matematika teknik II ini merupakan rangkaian terakhir dari mata kuliah matematika untuk teknik. Jika matematika dasar, diferensial, integral, aljabar linier, dan persamaan diferensial sudah didapatkan dalam semester 1, 2 dan 3 maka dalam semester 4 ini materi matematika yang akan disampaikan adalah statistika dan probabilitas.
Materi mata kuliah ini meliputi peluang, peubah acak, uji rerata, uji proporsi, analisis varians, regresi linier dan korelasi.
Materi tersebut jelas dibutuhkan oleh mahasiswa teknikmengingat mereka membutuhkan statistika dalam melakukan penelitian untuk tugas akhir maupun tugas-tugas mata kuliah lainnya.
Learning Outcomes
1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik sertamenunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitianpendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika. 4. Mampu menguasai metodestatistika dalam penelitian pendidikanserta mampumenguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
|
[1]Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2]Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3]Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mata kuliah matematika teknik II ini merupakan rangkaian terakhir dari mata kuliah matematika untuk teknik. Jika matematika dasar, diferensial, integral, aljabar linier, dan persamaan diferensial sudah didapatkan dalam semester 1, 2 dan 3 maka dalam semester 4 ini materi matematika yang akan disampaikan adalah statistika dan probabilitas.
Materi mata kuliah ini meliputi peluang, peubah acak, uji rerata, uji proporsi, analisis varians, regresi linier dan korelasi.
Materi tersebut jelas dibutuhkan oleh mahasiswa teknikmengingat mereka membutuhkan statistika dalam melakukan penelitian untuk tugas akhir maupun tugas-tugas mata kuliah lainnya.
Learning Outcomes
1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik sertamenunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitianpendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika. 4. Mampu menguasai metodestatistika dalam penelitian pendidikanserta mampumenguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
|
[1]Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2]Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3]Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mata kuliah matematika teknik II ini merupakan rangkaian terakhir dari mata kuliah matematika untuk teknik. Jika matematika dasar, diferensial, integral, aljabar linier, dan persamaan diferensial sudah didapatkan dalam semester 1, 2 dan 3 maka dalam semester 4 ini materi matematika yang akan disampaikan adalah statistika dan probabilitas.
Materi mata kuliah ini meliputi peluang, peubah acak, uji rerata, uji proporsi, analisis varians, regresi linier dan korelasi.
Materi tersebut jelas dibutuhkan oleh mahasiswa teknikmengingat mereka membutuhkan statistika dalam melakukan penelitian untuk tugas akhir maupun tugas-tugas mata kuliah lainnya.
Learning Outcomes
1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik sertamenunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitianpendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika. 4. Mampu menguasai metodestatistika dalam penelitian pendidikanserta mampumenguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
|
[1]Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2]Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3]Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...