Courser in English | SEMINAR |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 6 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah melatih mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah melalui penelitian dan studi pustaka. Dalam mata kuliah ini mahasiswa melalukan
penelitian sederhana melalui observasi
-
ReferencesPedoman penyusunan skripsi FPMIPATI UPGRIS
Jurnal cetak maupun online
Details ...
Mata kuliah melatih mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah melalui penelitian dan studi pustaka. Dalam mata kuliah ini mahasiswa melalukan
penelitian sederhana melalui observasi
-
ReferencesPedoman penyusunan skripsi FPMIPATI UPGRIS
Jurnal cetak maupun online
Details ...
Mata kuliah melatih mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah melalui penelitian dan studi pustaka. Dalam mata kuliah ini mahasiswa melalukan
penelitian sederhana melalui observasi
-
ReferencesPedoman penyusunan skripsi FPMIPATI UPGRIS
Jurnal cetak maupun online
Details ...
Mata kuliah melatih mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah melalui penelitian dan studi pustaka. Dalam mata kuliah ini mahasiswa melalukan penelitian sederhana melalui observasi.
Learning Outcomes
1. Sikap : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2. Pengetahuan : Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).
3. Keterampilan Khusus : Mampu menulis artikel ilmiah penelitian pendidikan fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk mengambil keputusan permasalahan pembelajaran fisika.
4. Keterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan pembelajaran fisika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya di bidang pembelajaran fisika, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
ReferencesPedoman penyusunan skripsi FPMIPATI UPGRIS
Jurnal cetak maupun online
Details ...
Mata kuliah melatih mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah melalui penelitian dan studi pustaka. Dalam mata kuliah ini mahasiswa melalukan penelitian sederhana melalui observasi.
Learning Outcomes
1. Sikap : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2. Pengetahuan : Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).
3. Keterampilan Khusus : Mampu menulis artikel ilmiah penelitian pendidikan fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk mengambil keputusan permasalahan pembelajaran fisika.
4. Keterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan pembelajaran fisika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya di bidang pembelajaran fisika, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
ReferencesPedoman penyusunan skripsi FPMIPATI UPGRIS
Jurnal cetak maupun online
Details ...