PENELITIAN PENDIDIKAN, Curriculum : 2010


Courser in EnglishEducational Research
ProgramPendidikan Fisika
SKS3 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Di dalam mengikuti perkuliahan ini mahasiswa akan diberikan pengetahuan tentang konsep penelitian yang meliputi karakteristik dari masing-masing jenis penelitian, proses penelitian, studi kepustakaan, metose eksperimen, populasi dan sampel, desain penelitian, serta teknik pengumpulan data. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengkaji, menjelaskan serta menerapkan metodologi penelitian pendidikan. Setelah mengikuti perkuliahan penelitian pendidikan, mahasiswa diharapkan mampu menyusun laporan maupun tugas akhir (skripsi). Materi yang dipelajari meliputi pendahuluan tentang perspektif penelitian pendidikan, metode penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, penelitian pengembangan serta bagaimana menyusun isi dari jenis-jenis penelitian di bidang pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan tentang  penelitian pendidikan dan metodologinya sehingga mahasiswa mampu menulis karya ilmiah dengan baik, serta dapat menganalisis hasil penelitian pendidikan sebelumnya yang relevan.

References

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

------------. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dasar penelitian pendidikan berbasis disiplin IPA, baik penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif. Kajian difokuskan pada studi literatur, karakteristik permasalahan, populasi, sampel, teknik sampling, variabel penelitian, Pendekatan dan metode penelitian, penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian pengembangan, penyusunan instrumen, validitas dan reliabilitas instrumen, instrumen penelitian untuk memecahkan masalah, pengolahan data hasil penelitian, analisis data, penyusunan proposal penelitian dan penyusunan laporan penelitian. Penelitian eksperimen lebih ditekankan pada ”eksperimen kuasi”,  penelitian tindakan kelas dan penelitian pengembangan. Perkuliahan dilakukan melalui presentasi, diskusi dan tugas merancang proposal penelitian yang dipresentasikan di kelas secara berkelompok. Prasyarat untuk mengikuti pekuliahan ini adalah lulus mata kuliah Statistika Dasar dan Evaluasi Pembelajaran. Disamping tugas kelompok, mahasiswa juga mendapat tugas individual menyusun Proposal Penelitian, semua tugas-tugas tersebut dipresentasikan. Metode yang digunakan dalam perkuliahan adalah ceramah, diskusi, presentasi dan pemecahan masalah. Informasi yang diperlukan untuk menentukan keberhasilan mahasiswa adalah kehadiran, tugas (makalah), aktivitas selama perkuliahan, UTS dan UAS.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan peserta perkuliahan mampu mengkaji prinsip-prinsip dasar penelitian pendidikan berbasis disiplin IPA, baik penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif yang difokuskan pada studi literatur, karakteristik permasalahan, pemilihan metode dan instrumen penelitian untuk memecahkan masalah tersebut, mengolah data hasil penelitian, dan menyusun laporan penelitian.

References

  1. Aqib, Zainal. 2012. Penelitian Tindakan Kelas, Untuk Guru. Bandung: CV Yrama Widya.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Arikunto, Suharsimi-Suhardjono-Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
  4. Fraenkel, J. R. & Wallen, N. E. 2007. How to Design and Evaluate Research in Education (second ed.). New York: McGraw-Hill Book Co.
  5. Hadi, Sutrisno. 2002. Metodologi Research. Jilid 3. Untuk Penulisan Paper, Skripsi, Thesis dan Disertasi. Yogyakarta: Andi
  6. Masnur, Muslich. 2010. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
  7. Nana, S.S. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  8. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
  9. Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
  10. Wardhani, dkk. 2008.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Details ...