Courser in English | EVALUATION AND SUPERVISION OF GUIDANCE AND COUNSELING |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.
Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.
Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.
Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
CPL1-S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
CPL1-S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
CPL2-KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
CPL2-KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
CPL3-KK8 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL3-KK10 |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
CPL3-KK11 |
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
CPL3-KK53 |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
CPL3-KK55 |
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
CPL4-P5 |
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL4-P7 |
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
Utama |
|
|
1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang. 2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang. 3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit. 4. Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti. 5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik 8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek. 9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud. 10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
||
Pendukung |
|
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
22. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.
Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.
Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.
Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
CPL1-S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
CPL1-S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
CPL2-KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
CPL2-KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
CPL3-KK8 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL3-KK10 |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
CPL3-KK11 |
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
CPL3-KK53 |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
CPL3-KK55 |
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
CPL4-P5 |
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL4-P7 |
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
Utama |
|
|
1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang. 2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang. 3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit. 4. Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti. 5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik 8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek. 9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud. 10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
||
Pendukung |
|
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
22. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.
Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.
Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.
Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
CPL1-S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
CPL1-S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
CPL2-KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
CPL2-KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
CPL3-KK8 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL3-KK10 |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
CPL3-KK11 |
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
CPL3-KK53 |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
CPL3-KK55 |
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
CPL4-P5 |
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL4-P7 |
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
Utama |
|
|
1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang. 2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang. 3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit. 4. Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti. 5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik 8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek. 9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud. 10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
||
Pendukung |
|
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
22. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.
Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.
Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.
Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
CPL1-S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
CPL1-S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
CPL2-KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
CPL2-KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
CPL3-KK8 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL3-KK10 |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
CPL3-KK11 |
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
CPL3-KK53 |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
CPL3-KK55 |
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
CPL4-P5 |
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL4-P7 |
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
Utama |
|
|
1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang. 2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang. 3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit. 4. Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti. 5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik 8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek. 9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud. 10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
||
Pendukung |
|
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
22. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Mata kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, model, jenis, dan latihan melaksanakan evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, supervisi dan peningkatan kemampuan profesi Konselor-Guru BK.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah |
|
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang evaluasi dan suprvisi BK secara mandiri (CPL 1). |
|
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur evaluasi dan supervisi pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. (CPL 2) |
|
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan evaluasi dan supervisi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. (CPL 3) |
|
Terampil mengakses dan memadukan berbagai informasi, pengetahuan evaluasi dan supervise BK sebagai pedoman perumusan penyelenggaraan pendidikan. (CPL 4) |
|
1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta:
Indeks.
3. Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemendiknas.
4. Kemendikbud. 2019. Buku Pegangan Penilaian Pelayanan BK Berorientasi High Order Thinking. Pusat PPPTK OR dan BK.
5. Mashudi, Farid. 2015. Pedoman Lengkap Evaluasi dan Supervisi BK. Yogyakarta: Diva Press.
6. Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.
7. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di
SMA. Jakarta: Gramedia.
8. Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
9. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, model, jenis, dan latihan melaksanakan evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, supervisi dan peningkatan kemampuan profesi Konselor-Guru BK.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah |
|
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang evaluasi dan suprvisi BK secara mandiri (CPL 1). |
|
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur evaluasi dan supervisi pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. (CPL 2) |
|
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan evaluasi dan supervisi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. (CPL 3) |
|
Terampil mengakses dan memadukan berbagai informasi, pengetahuan evaluasi dan supervise BK sebagai pedoman perumusan penyelenggaraan pendidikan. (CPL 4) |
|
1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta:
Indeks.
3. Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemendiknas.
4. Kemendikbud. 2019. Buku Pegangan Penilaian Pelayanan BK Berorientasi High Order Thinking. Pusat PPPTK OR dan BK.
5. Mashudi, Farid. 2015. Pedoman Lengkap Evaluasi dan Supervisi BK. Yogyakarta: Diva Press.
6. Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.
7. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di
SMA. Jakarta: Gramedia.
8. Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
9. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, model, jenis, dan latihan melaksanakan evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, supervisi dan peningkatan kemampuan profesi Konselor-Guru BK.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah |
|
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang evaluasi dan suprvisi BK secara mandiri (CPL 1). |
|
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur evaluasi dan supervisi pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. (CPL 2) |
|
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan evaluasi dan supervisi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. (CPL 3) |
|
Terampil mengakses dan memadukan berbagai informasi, pengetahuan evaluasi dan supervise BK sebagai pedoman perumusan penyelenggaraan pendidikan. (CPL 4) |
|
1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta:
Indeks.
3. Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemendiknas.
4. Kemendikbud. 2019. Buku Pegangan Penilaian Pelayanan BK Berorientasi High Order Thinking. Pusat PPPTK OR dan BK.
5. Mashudi, Farid. 2015. Pedoman Lengkap Evaluasi dan Supervisi BK. Yogyakarta: Diva Press.
6. Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.
7. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di
SMA. Jakarta: Gramedia.
8. Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
9. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, model, jenis, dan latihan melaksanakan evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, supervisi dan peningkatan kemampuan profesi Konselor-Guru BK.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah |
|
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang evaluasi dan suprvisi BK secara mandiri (CPL 1). |
|
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur evaluasi dan supervisi pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. (CPL 2) |
|
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan evaluasi dan supervisi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. (CPL 3) |
|
Terampil mengakses dan memadukan berbagai informasi, pengetahuan evaluasi dan supervise BK sebagai pedoman perumusan penyelenggaraan pendidikan. (CPL 4) |
|
1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta:
Indeks.
3. Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemendiknas.
4. Kemendikbud. 2019. Buku Pegangan Penilaian Pelayanan BK Berorientasi High Order Thinking. Pusat PPPTK OR dan BK.
5. Mashudi, Farid. 2015. Pedoman Lengkap Evaluasi dan Supervisi BK. Yogyakarta: Diva Press.
6. Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.
7. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di
SMA. Jakarta: Gramedia.
8. Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
9. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, model, jenis, dan latihan melaksanakan evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, supervisi dan peningkatan kemampuan profesi Konselor-Guru BK.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah |
|
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang evaluasi dan suprvisi BK secara mandiri (CPL 1). |
|
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur evaluasi dan supervisi pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. (CPL 2) |
|
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan evaluasi dan supervisi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. (CPL 3) |
|
Terampil mengakses dan memadukan berbagai informasi, pengetahuan evaluasi dan supervise BK sebagai pedoman perumusan penyelenggaraan pendidikan. (CPL 4) |
|
1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta:
Indeks.
3. Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemendiknas.
4. Kemendikbud. 2019. Buku Pegangan Penilaian Pelayanan BK Berorientasi High Order Thinking. Pusat PPPTK OR dan BK.
5. Mashudi, Farid. 2015. Pedoman Lengkap Evaluasi dan Supervisi BK. Yogyakarta: Diva Press.
6. Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.
7. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di
SMA. Jakarta: Gramedia.
8. Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
9. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.
Details ...