Evaluasi dan Supervisi BK, Curriculum : 2020


Courser in EnglishEVALUATION AND SUPERVISION OF GUIDANCE AND COUNSELING
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.

Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.

Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.

Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

CPL1-S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

CPL1-S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

CPL2-KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

CPL2-KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

CPL3-KK8

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

CPL3-KK10

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan

CPL3-KK11

Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli

CPL3-KK53

Terampil  mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya

CPL3-KK55

Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku

CPL4-P5

Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

CPL4-P7

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling

References

Utama

 

1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit.

4. Sunawan. 2018.  Perencanaan dan Evaluasi  Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti.

5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik

8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek.

9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud.

10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu)

Pendukung

 

  1. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  2. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  3. Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  4. Triyono dan Mastur. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
  5. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  6. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  7. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
  8. Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
  9. Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
  10. Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
  11. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
  12. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
  13.  Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA.  Jakarta: Kemdikbud
  14. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
  15. Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.

  1. Kemdikbud. 2019. Modul 3: Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud.
  2. Kemdikbud. 2019. Modul 4: Strategi Layanan dasar, Perencanaan Individual dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud.
  3. Kemendikbud. 2021.Capaian Layanan BK SD Berdasarkan SKKPD. Jakarta: Kemendiknbud.
  4. Kemendikbud. 2021. Capaian Layanan BK SMP Berdasarkan SKKPD. Jakarta: Kemendikbud.
  5. Kemendikbud. 2021. Capaian Layanan BK SMA Berdasarkan SKKPD. Jakarta: Kemendikbud.
  6. Kemendikbud. 20 Capaian Layanan BK SMK Berdasarkan SKKPD. Jakarta: Kemendikbud.

22. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.

Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.

Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.

Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

CPL1-S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

CPL1-S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

CPL2-KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

CPL2-KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

CPL3-KK8

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

CPL3-KK10

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan

CPL3-KK11

Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli

CPL3-KK53

Terampil  mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya

CPL3-KK55

Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku

CPL4-P5

Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

CPL4-P7

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling

References

Utama

 

1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit.

4. Sunawan. 2018.  Perencanaan dan Evaluasi  Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti.

5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik

8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek.

9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud.

10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu)

Pendukung

 

  1. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  2. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  3. Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  4. Triyono dan Mastur. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
  5. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  6. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  7. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
  8. Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
  9. Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
  10. Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
  11. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
  12. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
  13.  Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA.  Jakarta: Kemdikbud
  14. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
  15. Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.

  1. Kemdikbud. 2019. Modul 3: Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud.
  2. Kemdikbud. 2019. Modul 4: Strategi Layanan dasar, Perencanaan Individual dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud.
  3. Kemendikbud. 2021.Capaian Layanan BK SD Berdasarkan SKKPD. Jakarta: Kemendiknbud.
  4. Kemendikbud. 2021. Capaian Layanan BK SMP Berdasarkan SKKPD. Jakarta: Kemendikbud.
  5. Kemendikbud. 2021. Capaian Layanan BK SMA Berdasarkan SKKPD. Jakarta: Kemendikbud.
  6. Kemendikbud. 20 Capaian Layanan BK SMK Berdasarkan SKKPD. Jakarta: Kemendikbud.

22. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.

Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.

Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.

Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

CPL1-S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

CPL1-S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

CPL2-KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

CPL2-KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

CPL3-KK8

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

CPL3-KK10

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan

CPL3-KK11

Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli

CPL3-KK53

Terampil  mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya

CPL3-KK55

Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku

CPL4-P5

Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

CPL4-P7

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling

References

Utama

 

1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit.

4. Sunawan. 2018.  Perencanaan dan Evaluasi  Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti.

5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik

8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek.

9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud.

10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu)

Pendukung

 

  1. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  2. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  3. Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  4. Triyono dan Mastur. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
  5. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  6. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  7. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
  8. Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
  9. Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
  10. Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
  11. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
  12. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
  13.  Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA.  Jakarta: Kemdikbud
  14. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
  15. Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.

  1. Kemdikbud. 2019. Modul 3: Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud.
  2. Kemdikbud. 2019. Modul 4: Strategi Layanan dasar, Perencanaan Individual dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud.
  3. Kemendikbud. 2021.Capaian Layanan BK SD Berdasarkan SKKPD. Jakarta: Kemendiknbud.
  4. Kemendikbud. 2021. Capaian Layanan BK SMP Berdasarkan SKKPD. Jakarta: Kemendikbud.
  5. Kemendikbud. 2021. Capaian Layanan BK SMA Berdasarkan SKKPD. Jakarta: Kemendikbud.
  6. Kemendikbud. 20 Capaian Layanan BK SMK Berdasarkan SKKPD. Jakarta: Kemendikbud.

22. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.

Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.

Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.

Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

CPL1-S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

CPL1-S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

CPL2-KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

CPL2-KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

CPL3-KK8

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

CPL3-KK10

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan

CPL3-KK11

Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli

CPL3-KK53

Terampil  mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya

CPL3-KK55

Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku

CPL4-P5

Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

CPL4-P7

Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling

References

Utama

 

1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit.

4. Sunawan. 2018.  Perencanaan dan Evaluasi  Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti.

5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.

7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik

8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek.

9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud.

10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu)

Pendukung

 

  1. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  2. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  3. Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  4. Triyono dan Mastur. 201 Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
  5. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  6. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  7. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
  8. Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
  9. Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
  10. Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
  11. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
  12. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
  13.  Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA.  Jakarta: Kemdikbud
  14. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
  15. Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.

  1. Kemdikbud. 2019. Modul 3: Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud.
  2. Kemdikbud. 2019. Modul 4: Strategi Layanan dasar, Perencanaan Individual dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud.
  3. Kemendikbud. 2021.Capaian Layanan BK SD Berdasarkan SKKPD. Jakarta: Kemendiknbud.
  4. Kemendikbud. 2021. Capaian Layanan BK SMP Berdasarkan SKKPD. Jakarta: Kemendikbud.
  5. Kemendikbud. 2021. Capaian Layanan BK SMA Berdasarkan SKKPD. Jakarta: Kemendikbud.
  6. Kemendikbud. 20 Capaian Layanan BK SMK Berdasarkan SKKPD. Jakarta: Kemendikbud.

22. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning.


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, model, jenis, dan latihan melaksanakan evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, supervisi dan peningkatan kemampuan profesi Konselor-Guru BK.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang evaluasi dan suprvisi BK secara mandiri (CPL 1).

 

Menguasai teori konsep, metode dan prosedur evaluasi dan supervisi pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. (CPL 2)  

 

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan evaluasi dan supervisi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. (CPL 3)

 

Terampil mengakses dan memadukan berbagai informasi, pengetahuan evaluasi dan supervise BK sebagai pedoman perumusan penyelenggaraan pendidikan. (CPL 4)

 

References

1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta:

    Indeks.

3.  Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemendiknas.

4. Kemendikbud. 2019.  Buku Pegangan Penilaian Pelayanan BK Berorientasi High Order Thinking. Pusat PPPTK OR dan BK.

5. Mashudi, Farid. 2015. Pedoman Lengkap Evaluasi dan Supervisi BK. Yogyakarta: Diva Press.

6.  Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.

7. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di

    SMA. Jakarta: Gramedia.

8.  Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

9. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, model, jenis, dan latihan melaksanakan evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, supervisi dan peningkatan kemampuan profesi Konselor-Guru BK.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang evaluasi dan suprvisi BK secara mandiri (CPL 1).

 

Menguasai teori konsep, metode dan prosedur evaluasi dan supervisi pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. (CPL 2)  

 

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan evaluasi dan supervisi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. (CPL 3)

 

Terampil mengakses dan memadukan berbagai informasi, pengetahuan evaluasi dan supervise BK sebagai pedoman perumusan penyelenggaraan pendidikan. (CPL 4)

 

References

1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta:

    Indeks.

3.  Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemendiknas.

4. Kemendikbud. 2019.  Buku Pegangan Penilaian Pelayanan BK Berorientasi High Order Thinking. Pusat PPPTK OR dan BK.

5. Mashudi, Farid. 2015. Pedoman Lengkap Evaluasi dan Supervisi BK. Yogyakarta: Diva Press.

6.  Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.

7. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di

    SMA. Jakarta: Gramedia.

8.  Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

9. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, model, jenis, dan latihan melaksanakan evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, supervisi dan peningkatan kemampuan profesi Konselor-Guru BK.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang evaluasi dan suprvisi BK secara mandiri (CPL 1).

 

Menguasai teori konsep, metode dan prosedur evaluasi dan supervisi pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. (CPL 2)  

 

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan evaluasi dan supervisi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. (CPL 3)

 

Terampil mengakses dan memadukan berbagai informasi, pengetahuan evaluasi dan supervise BK sebagai pedoman perumusan penyelenggaraan pendidikan. (CPL 4)

 

References

1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta:

    Indeks.

3.  Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemendiknas.

4. Kemendikbud. 2019.  Buku Pegangan Penilaian Pelayanan BK Berorientasi High Order Thinking. Pusat PPPTK OR dan BK.

5. Mashudi, Farid. 2015. Pedoman Lengkap Evaluasi dan Supervisi BK. Yogyakarta: Diva Press.

6.  Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.

7. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di

    SMA. Jakarta: Gramedia.

8.  Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

9. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, model, jenis, dan latihan melaksanakan evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, supervisi dan peningkatan kemampuan profesi Konselor-Guru BK.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang evaluasi dan suprvisi BK secara mandiri (CPL 1).

 

Menguasai teori konsep, metode dan prosedur evaluasi dan supervisi pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. (CPL 2)  

 

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan evaluasi dan supervisi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. (CPL 3)

 

Terampil mengakses dan memadukan berbagai informasi, pengetahuan evaluasi dan supervise BK sebagai pedoman perumusan penyelenggaraan pendidikan. (CPL 4)

 

References

1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta:

    Indeks.

3.  Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemendiknas.

4. Kemendikbud. 2019.  Buku Pegangan Penilaian Pelayanan BK Berorientasi High Order Thinking. Pusat PPPTK OR dan BK.

5. Mashudi, Farid. 2015. Pedoman Lengkap Evaluasi dan Supervisi BK. Yogyakarta: Diva Press.

6.  Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.

7. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di

    SMA. Jakarta: Gramedia.

8.  Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

9. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar/hakikat, model, jenis, dan latihan melaksanakan evaluasi dan supervisi BK, konsep dasar supervisi BK, supervisi dan peningkatan kemampuan profesi Konselor-Guru BK.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang evaluasi dan suprvisi BK secara mandiri (CPL 1).

 

Menguasai teori konsep, metode dan prosedur evaluasi dan supervisi pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. (CPL 2)  

 

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan evaluasi dan supervisi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. (CPL 3)

 

Terampil mengakses dan memadukan berbagai informasi, pengetahuan evaluasi dan supervise BK sebagai pedoman perumusan penyelenggaraan pendidikan. (CPL 4)

 

References

1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta:

    Indeks.

3.  Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemendiknas.

4. Kemendikbud. 2019.  Buku Pegangan Penilaian Pelayanan BK Berorientasi High Order Thinking. Pusat PPPTK OR dan BK.

5. Mashudi, Farid. 2015. Pedoman Lengkap Evaluasi dan Supervisi BK. Yogyakarta: Diva Press.

6.  Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.

7. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di

    SMA. Jakarta: Gramedia.

8.  Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

9. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.


Details ...