Pembelajaran IPA SD, Curriculum : 2020


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi hakikat IPA, pendidikan IPA dan kurikulum IPA SD, teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme; pendekatan, model, dan metode pembelajaran; perangkat pembelajaran IPA SD: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan penilaian (pengetahuan, sikap dan keterampilan); serta dapat melakukan praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu mamahami Hakikat IPA, Pendidikan IPA dan Kurikulum IPA SD 
  2. Mahasiswa mampu memahami teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme
  3. Mahasiswa mampu memahami pendekatan, model, dan metode pembelajaran 
  4. Mahasiswa mampu memahami dan merancang perangkat pembelajaran IPA SD (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan penilaian)
  5. Mahasiswa mampu melakukan simulasi  pengajaran di kelas tinggi dan kelas rendah 

References

  1. Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
  2. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  3. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  4. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  5. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  7. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  8. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi hakikat IPA, pendidikan IPA dan kurikulum IPA SD, teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme; pendekatan, model, dan metode pembelajaran; perangkat pembelajaran IPA SD: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan penilaian (pengetahuan, sikap dan keterampilan); serta dapat melakukan praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu mamahami Hakikat IPA, Pendidikan IPA dan Kurikulum IPA SD 
  2. Mahasiswa mampu memahami teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme
  3. Mahasiswa mampu memahami pendekatan, model, dan metode pembelajaran 
  4. Mahasiswa mampu memahami dan merancang perangkat pembelajaran IPA SD (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan penilaian)
  5. Mahasiswa mampu melakukan simulasi  pengajaran di kelas tinggi dan kelas rendah 

References

  1. Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
  2. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  3. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  4. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  5. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  7. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  8. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi hakikat IPA, pendidikan IPA dan kurikulum IPA SD, teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme; pendekatan, model, dan metode pembelajaran; perangkat pembelajaran IPA SD: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan penilaian (pengetahuan, sikap dan keterampilan); serta dapat melakukan praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu mamahami Hakikat IPA, Pendidikan IPA dan Kurikulum IPA SD 
  2. Mahasiswa mampu memahami teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme
  3. Mahasiswa mampu memahami pendekatan, model, dan metode pembelajaran 
  4. Mahasiswa mampu memahami dan merancang perangkat pembelajaran IPA SD (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan penilaian)
  5. Mahasiswa mampu melakukan simulasi  pengajaran di kelas tinggi dan kelas rendah 

References

  1. Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
  2. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  3. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  4. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  5. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  7. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  8. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi hakikat IPA, pendidikan IPA dan kurikulum IPA SD, teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme; pendekatan, model, dan metode pembelajaran; perangkat pembelajaran IPA SD: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan penilaian (pengetahuan, sikap dan keterampilan); serta dapat melakukan praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu mamahami Hakikat IPA, Pendidikan IPA dan Kurikulum IPA SD 
  2. Mahasiswa mampu memahami teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme
  3. Mahasiswa mampu memahami pendekatan, model, dan metode pembelajaran 
  4. Mahasiswa mampu memahami dan merancang perangkat pembelajaran IPA SD (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan penilaian)
  5. Mahasiswa mampu melakukan simulasi  pengajaran di kelas tinggi dan kelas rendah 

References

  1. Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
  2. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  3. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  4. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  5. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  7. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  8. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi hakikat IPA, pendidikan IPA dan kurikulum IPA SD, teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme; pendekatan, model, dan metode pembelajaran; perangkat pembelajaran IPA SD: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan penilaian (pengetahuan, sikap dan keterampilan); serta dapat melakukan praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu mamahami Hakikat IPA, Pendidikan IPA dan Kurikulum IPA SD 
  2. Mahasiswa mampu memahami teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme
  3. Mahasiswa mampu memahami pendekatan, model, dan metode pembelajaran 
  4. Mahasiswa mampu memahami dan merancang perangkat pembelajaran IPA SD (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan penilaian)
  5. Mahasiswa mampu melakukan simulasi  pengajaran di kelas tinggi dan kelas rendah 

References

  1. Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
  2. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  3. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  4. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  5. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  7. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  8. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi hakikat IPA, pendidikan IPA dan kurikulum IPA SD, teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme; pendekatan, model, dan metode pembelajaran; perangkat pembelajaran IPA SD: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan penilaian (pengetahuan, sikap dan keterampilan); serta dapat melakukan praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu mamahami Hakikat IPA, Pendidikan IPA dan Kurikulum IPA SD 
  2. Mahasiswa mampu memahami teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme
  3. Mahasiswa mampu memahami pendekatan, model, dan metode pembelajaran 
  4. Mahasiswa mampu memahami dan merancang perangkat pembelajaran IPA SD (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan penilaian)
  5. Mahasiswa mampu melakukan simulasi  pengajaran di kelas tinggi dan kelas rendah 

References

  1. Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
  2. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  3. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  4. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  5. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  7. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  8. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi hakikat IPA, pendidikan IPA dan kurikulum IPA SD, teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme; pendekatan, model, dan metode pembelajaran; perangkat pembelajaran IPA SD: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan penilaian (pengetahuan, sikap dan keterampilan); serta dapat melakukan praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu mamahami Hakikat IPA, Pendidikan IPA dan Kurikulum IPA SD 
  2. Mahasiswa mampu memahami teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme
  3. Mahasiswa mampu memahami pendekatan, model, dan metode pembelajaran 
  4. Mahasiswa mampu memahami dan merancang perangkat pembelajaran IPA SD (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan penilaian)
  5. Mahasiswa mampu melakukan simulasi  pengajaran di kelas tinggi dan kelas rendah 

References

  1. Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
  2. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  3. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  4. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  5. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  7. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  8. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Details ...