Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mahasiswa mampu menelaah materi hakikat IPA, pendidikan IPA dan kurikulum IPA SD, teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme; pendekatan, model, dan metode pembelajaran; perangkat pembelajaran IPA SD: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan penilaian (pengetahuan, sikap dan keterampilan); serta dapat melakukan praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu mamahami Hakikat IPA, Pendidikan IPA dan Kurikulum IPA SD
- Mahasiswa mampu memahami teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme
- Mahasiswa mampu memahami pendekatan, model, dan metode pembelajaran
- Mahasiswa mampu memahami dan merancang perangkat pembelajaran IPA SD (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan penilaian)
- Mahasiswa mampu melakukan simulasi pengajaran di kelas tinggi dan kelas rendah
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi hakikat IPA, pendidikan IPA dan kurikulum IPA SD, teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme; pendekatan, model, dan metode pembelajaran; perangkat pembelajaran IPA SD: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan penilaian (pengetahuan, sikap dan keterampilan); serta dapat melakukan praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu mamahami Hakikat IPA, Pendidikan IPA dan Kurikulum IPA SD
- Mahasiswa mampu memahami teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme
- Mahasiswa mampu memahami pendekatan, model, dan metode pembelajaran
- Mahasiswa mampu memahami dan merancang perangkat pembelajaran IPA SD (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan penilaian)
- Mahasiswa mampu melakukan simulasi pengajaran di kelas tinggi dan kelas rendah
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi hakikat IPA, pendidikan IPA dan kurikulum IPA SD, teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme; pendekatan, model, dan metode pembelajaran; perangkat pembelajaran IPA SD: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan penilaian (pengetahuan, sikap dan keterampilan); serta dapat melakukan praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu mamahami Hakikat IPA, Pendidikan IPA dan Kurikulum IPA SD
- Mahasiswa mampu memahami teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme
- Mahasiswa mampu memahami pendekatan, model, dan metode pembelajaran
- Mahasiswa mampu memahami dan merancang perangkat pembelajaran IPA SD (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan penilaian)
- Mahasiswa mampu melakukan simulasi pengajaran di kelas tinggi dan kelas rendah
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi hakikat IPA, pendidikan IPA dan kurikulum IPA SD, teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme; pendekatan, model, dan metode pembelajaran; perangkat pembelajaran IPA SD: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan penilaian (pengetahuan, sikap dan keterampilan); serta dapat melakukan praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu mamahami Hakikat IPA, Pendidikan IPA dan Kurikulum IPA SD
- Mahasiswa mampu memahami teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme
- Mahasiswa mampu memahami pendekatan, model, dan metode pembelajaran
- Mahasiswa mampu memahami dan merancang perangkat pembelajaran IPA SD (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan penilaian)
- Mahasiswa mampu melakukan simulasi pengajaran di kelas tinggi dan kelas rendah
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi hakikat IPA, pendidikan IPA dan kurikulum IPA SD, teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme; pendekatan, model, dan metode pembelajaran; perangkat pembelajaran IPA SD: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan penilaian (pengetahuan, sikap dan keterampilan); serta dapat melakukan praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu mamahami Hakikat IPA, Pendidikan IPA dan Kurikulum IPA SD
- Mahasiswa mampu memahami teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme
- Mahasiswa mampu memahami pendekatan, model, dan metode pembelajaran
- Mahasiswa mampu memahami dan merancang perangkat pembelajaran IPA SD (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan penilaian)
- Mahasiswa mampu melakukan simulasi pengajaran di kelas tinggi dan kelas rendah
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi hakikat IPA, pendidikan IPA dan kurikulum IPA SD, teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme; pendekatan, model, dan metode pembelajaran; perangkat pembelajaran IPA SD: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan penilaian (pengetahuan, sikap dan keterampilan); serta dapat melakukan praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu mamahami Hakikat IPA, Pendidikan IPA dan Kurikulum IPA SD
- Mahasiswa mampu memahami teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme
- Mahasiswa mampu memahami pendekatan, model, dan metode pembelajaran
- Mahasiswa mampu memahami dan merancang perangkat pembelajaran IPA SD (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan penilaian)
- Mahasiswa mampu melakukan simulasi pengajaran di kelas tinggi dan kelas rendah
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi hakikat IPA, pendidikan IPA dan kurikulum IPA SD, teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme; pendekatan, model, dan metode pembelajaran; perangkat pembelajaran IPA SD: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan penilaian (pengetahuan, sikap dan keterampilan); serta dapat melakukan praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu mamahami Hakikat IPA, Pendidikan IPA dan Kurikulum IPA SD
- Mahasiswa mampu memahami teori belajar meliputi teori Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik, Kognitivisme
- Mahasiswa mampu memahami pendekatan, model, dan metode pembelajaran
- Mahasiswa mampu memahami dan merancang perangkat pembelajaran IPA SD (RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan penilaian)
- Mahasiswa mampu melakukan simulasi pengajaran di kelas tinggi dan kelas rendah
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Details ...