Courser in English | LEARNING SOURCE AND MEDIA |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan mempraktikkan pengoperasian komputer dengan bantuan microsoft office untuk mengolah kata, membuat makalah, mempresentasikan tugas, mengolah data, mencari informasi dari internet dan membuat kuis atau survei
Learning Outcomes
S1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius. S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. P3. Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. P4. Menguasai konsep, prinsip, teori dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khusus yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill). P6. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. KK3. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
|
Abidin, Z., 2003, Media dan Sumber-sumber Belajar, Surakarta: UMS. Anitah, S. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta : Yuma Pustaka Arsyad, A., 2011. Media Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada. Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : GP Press Hidayat, K. 2001. Active Learning, Yogyakarta : Yappendis Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Terknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta Sadiman A., Rahardjo, Haryono, A., Rahardjito. 2002. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Sadiman, A.S. dkk. 2008. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : RajaGrafindo Persada Sudjana & Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Persada Sagala S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta. Warsita, Bambang. 2008 . Teknologi Pembelajaran , Landasan dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta Wlodkowski, Raymond & Jaynes. 2004. Hasrat Untuk Belajar (Membantu Anak-Anak Termotivasi Dan Mencintai Belajar). Yogyakarta: Pustaka Belajar
|
Details ...
Merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan mempraktikkan pengoperasian komputer dengan bantuan microsoft office untuk mengolah kata, membuat makalah, mempresentasikan tugas, mengolah data, mencari informasi dari internet dan membuat kuis atau survei
Learning Outcomes
S1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius. S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. P3. Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. P4. Menguasai konsep, prinsip, teori dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khusus yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill). P6. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. KK3. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
|
Abidin, Z., 2003, Media dan Sumber-sumber Belajar, Surakarta: UMS. Anitah, S. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta : Yuma Pustaka Arsyad, A., 2011. Media Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada. Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : GP Press Hidayat, K. 2001. Active Learning, Yogyakarta : Yappendis Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Terknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta Sadiman A., Rahardjo, Haryono, A., Rahardjito. 2002. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Sadiman, A.S. dkk. 2008. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : RajaGrafindo Persada Sudjana & Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Persada Sagala S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta. Warsita, Bambang. 2008 . Teknologi Pembelajaran , Landasan dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta Wlodkowski, Raymond & Jaynes. 2004. Hasrat Untuk Belajar (Membantu Anak-Anak Termotivasi Dan Mencintai Belajar). Yogyakarta: Pustaka Belajar
|
Details ...
Merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan mempraktikkan pengoperasian komputer dengan bantuan microsoft office untuk mengolah kata, membuat makalah, mempresentasikan tugas, mengolah data, mencari informasi dari internet dan membuat kuis atau survei
Learning Outcomes
S1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius. S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. P3. Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. P4. Menguasai konsep, prinsip, teori dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khusus yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill). P6. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. KK3. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
|
Abidin, Z., 2003, Media dan Sumber-sumber Belajar, Surakarta: UMS. Anitah, S. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta : Yuma Pustaka Arsyad, A., 2011. Media Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada. Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : GP Press Hidayat, K. 2001. Active Learning, Yogyakarta : Yappendis Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Terknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta Sadiman A., Rahardjo, Haryono, A., Rahardjito. 2002. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Sadiman, A.S. dkk. 2008. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : RajaGrafindo Persada Sudjana & Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Persada Sagala S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta. Warsita, Bambang. 2008 . Teknologi Pembelajaran , Landasan dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta Wlodkowski, Raymond & Jaynes. 2004. Hasrat Untuk Belajar (Membantu Anak-Anak Termotivasi Dan Mencintai Belajar). Yogyakarta: Pustaka Belajar
|
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal konsep dasar dan pengembangan sumber belajar dan media pembelajaran.
Learning OutcomesMahasiswa terampil dalam menghimpun, menyusun, serta mengembangkan sumber belajar dan media pembelajaran.
ReferencesJurnal-jurnal ilmiah daring.
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal konsep dasar dan pengembangan sumber belajar dan media pembelajaran.
Learning OutcomesMahasiswa terampil dalam menghimpun, menyusun, serta mengembangkan sumber belajar dan media pembelajaran.
ReferencesJurnal-jurnal ilmiah daring.
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal konsep dasar dan pengembangan sumber belajar dan media pembelajaran.
Learning OutcomesMahasiswa terampil dalam menghimpun, menyusun, serta mengembangkan sumber belajar dan media pembelajaran.
ReferencesJurnal-jurnal ilmiah daring.
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal konsep dasar dan pengembangan sumber belajar dan media pembelajaran.
Learning OutcomesMahasiswa terampil dalam menghimpun, menyusun, serta mengembangkan sumber belajar dan media pembelajaran.
ReferencesJurnal-jurnal ilmiah daring.
Details ...
Merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan mempraktikkan pengoperasian komputer dengan bantuan microsoft office untuk mengolah kata, membuat makalah, mempresentasikan tugas, mengolah data, mencari informasi dari internet dan membuat kuis atau survei.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi serta memiliki kemampuan mengoperasikan Ms. Word, Ms. Power Point, Ms. Excel dan membuat quiz creator
References
1. FM. Dewanto, Wijayanto., (2011), Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Pendidikan "Dilengkapi Tutorial Office dan internet". Semarang : IKIP PGRI Press.
Details ...
Merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan mempraktikkan pengoperasian komputer dengan bantuan microsoft office untuk mengolah kata, membuat makalah, mempresentasikan tugas, mengolah data, mencari informasi dari internet dan membuat kuis atau survei.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi serta memiliki kemampuan mengoperasikan Ms. Word, Ms. Power Point, Ms. Excel dan membuat quiz creator
References
1. FM. Dewanto, Wijayanto., (2011), Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Pendidikan "Dilengkapi Tutorial Office dan internet". Semarang : IKIP PGRI Press.
Details ...
Merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan mempraktikkan pengoperasian komputer dengan bantuan microsoft office untuk mengolah kata, membuat makalah, mempresentasikan tugas, mengolah data, mencari informasi dari internet dan membuat kuis atau survei.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi serta memiliki kemampuan mengoperasikan Ms. Word, Ms. Power Point, Ms. Excel dan membuat quiz creator
References
1. FM. Dewanto, Wijayanto., (2011), Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Pendidikan "Dilengkapi Tutorial Office dan internet". Semarang : IKIP PGRI Press.
Details ...
Merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan mempraktikkan pengoperasian komputer dengan bantuan microsoft office untuk mengolah kata, membuat makalah, mempresentasikan tugas, mengolah data, mencari informasi dari internet dan membuat kuis atau survei.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi serta memiliki kemampuan mengoperasikan Ms. Word, Ms. Power Point, Ms. Excel dan membuat quiz creator
References
1. FM. Dewanto, Wijayanto., (2011), Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Pendidikan "Dilengkapi Tutorial Office dan internet". Semarang : IKIP PGRI Press.
Details ...
Merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan mempraktikkan pengoperasian komputer dengan bantuan microsoft office untuk mengolah kata, membuat makalah, mempresentasikan tugas, mengolah data, mencari informasi dari internet dan membuat kuis atau survei.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi serta memiliki kemampuan mengoperasikan Ms. Word, Ms. Power Point, Ms. Excel dan membuat quiz creator
References
1. FM. Dewanto, Wijayanto., (2011), Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Pendidikan "Dilengkapi Tutorial Office dan internet". Semarang : IKIP PGRI Press.
Details ...