Sumber Belajar dan Media Pembelajaran, Curriculum : 2014


Courser in EnglishLEARNING SOURCE AND MEDIA
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS14 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan mempraktikkan pengoperasian komputer dengan bantuan microsoft office untuk mengolah kata, membuat makalah, mempresentasikan tugas, mengolah data, mencari informasi dari internet dan membuat kuis atau survei

Learning Outcomes

S1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.

S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

P3.  Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

P4. Menguasai konsep, prinsip, teori dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khusus yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).

P6. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

KU2.  Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

KK3. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

 

References

 

Abidin, Z., 2003, Media dan Sumber-sumber Belajar, Surakarta: UMS.

Anitah, S. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta : Yuma Pustaka

Arsyad, A., 2011. Media Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : GP Press

Hidayat, K. 2001. Active Learning, Yogyakarta : Yappendis

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Terknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Sadiman A., Rahardjo, Haryono, A., Rahardjito. 2002. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo

Sadiman, A.S. dkk. 2008. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : RajaGrafindo Persada

Sudjana & Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

 Persada Sagala S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Warsita, Bambang. 2008 . Teknologi Pembelajaran , Landasan dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta

Wlodkowski, Raymond & Jaynes. 2004. Hasrat Untuk Belajar (Membantu Anak-Anak Termotivasi Dan Mencintai Belajar). Yogyakarta: Pustaka Belajar

 


Details ...
Course Descriptions

Merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan mempraktikkan pengoperasian komputer dengan bantuan microsoft office untuk mengolah kata, membuat makalah, mempresentasikan tugas, mengolah data, mencari informasi dari internet dan membuat kuis atau survei

Learning Outcomes

S1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.

S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

P3.  Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

P4. Menguasai konsep, prinsip, teori dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khusus yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).

P6. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

KU2.  Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

KK3. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

 

References

 

Abidin, Z., 2003, Media dan Sumber-sumber Belajar, Surakarta: UMS.

Anitah, S. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta : Yuma Pustaka

Arsyad, A., 2011. Media Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : GP Press

Hidayat, K. 2001. Active Learning, Yogyakarta : Yappendis

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Terknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Sadiman A., Rahardjo, Haryono, A., Rahardjito. 2002. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo

Sadiman, A.S. dkk. 2008. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : RajaGrafindo Persada

Sudjana & Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

 Persada Sagala S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Warsita, Bambang. 2008 . Teknologi Pembelajaran , Landasan dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta

Wlodkowski, Raymond & Jaynes. 2004. Hasrat Untuk Belajar (Membantu Anak-Anak Termotivasi Dan Mencintai Belajar). Yogyakarta: Pustaka Belajar

 


Details ...
Course Descriptions

Merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan mempraktikkan pengoperasian komputer dengan bantuan microsoft office untuk mengolah kata, membuat makalah, mempresentasikan tugas, mengolah data, mencari informasi dari internet dan membuat kuis atau survei

Learning Outcomes

S1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.

S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

P3.  Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

P4. Menguasai konsep, prinsip, teori dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khusus yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).

P6. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

KU2.  Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

KK3. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

 

References

 

Abidin, Z., 2003, Media dan Sumber-sumber Belajar, Surakarta: UMS.

Anitah, S. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta : Yuma Pustaka

Arsyad, A., 2011. Media Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : GP Press

Hidayat, K. 2001. Active Learning, Yogyakarta : Yappendis

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Terknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Sadiman A., Rahardjo, Haryono, A., Rahardjito. 2002. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo

Sadiman, A.S. dkk. 2008. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : RajaGrafindo Persada

Sudjana & Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

 Persada Sagala S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Warsita, Bambang. 2008 . Teknologi Pembelajaran , Landasan dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta

Wlodkowski, Raymond & Jaynes. 2004. Hasrat Untuk Belajar (Membantu Anak-Anak Termotivasi Dan Mencintai Belajar). Yogyakarta: Pustaka Belajar

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal konsep dasar dan pengembangan sumber belajar dan media pembelajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa terampil dalam menghimpun, menyusun, serta mengembangkan sumber belajar dan media pembelajaran.

References

Jurnal-jurnal ilmiah daring.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal konsep dasar dan pengembangan sumber belajar dan media pembelajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa terampil dalam menghimpun, menyusun, serta mengembangkan sumber belajar dan media pembelajaran.

References

Jurnal-jurnal ilmiah daring.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal konsep dasar dan pengembangan sumber belajar dan media pembelajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa terampil dalam menghimpun, menyusun, serta mengembangkan sumber belajar dan media pembelajaran.

References

Jurnal-jurnal ilmiah daring.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal konsep dasar dan pengembangan sumber belajar dan media pembelajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa terampil dalam menghimpun, menyusun, serta mengembangkan sumber belajar dan media pembelajaran.

References

Jurnal-jurnal ilmiah daring.


Details ...
Course Descriptions

Merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan mempraktikkan pengoperasian komputer dengan bantuan microsoft office untuk mengolah kata, membuat makalah, mempresentasikan tugas, mengolah data, mencari informasi dari internet dan membuat kuis atau survei.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi serta memiliki kemampuan mengoperasikan Ms. Word, Ms. Power Point, Ms. Excel dan membuat quiz creator

 

References

1. FM. Dewanto, Wijayanto., (2011), Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Pendidikan "Dilengkapi Tutorial Office dan internet". Semarang : IKIP PGRI Press.


Details ...
Course Descriptions

Merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan mempraktikkan pengoperasian komputer dengan bantuan microsoft office untuk mengolah kata, membuat makalah, mempresentasikan tugas, mengolah data, mencari informasi dari internet dan membuat kuis atau survei.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi serta memiliki kemampuan mengoperasikan Ms. Word, Ms. Power Point, Ms. Excel dan membuat quiz creator

 

References

1. FM. Dewanto, Wijayanto., (2011), Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Pendidikan "Dilengkapi Tutorial Office dan internet". Semarang : IKIP PGRI Press.


Details ...
Course Descriptions

Merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan mempraktikkan pengoperasian komputer dengan bantuan microsoft office untuk mengolah kata, membuat makalah, mempresentasikan tugas, mengolah data, mencari informasi dari internet dan membuat kuis atau survei.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi serta memiliki kemampuan mengoperasikan Ms. Word, Ms. Power Point, Ms. Excel dan membuat quiz creator

 

References

1. FM. Dewanto, Wijayanto., (2011), Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Pendidikan "Dilengkapi Tutorial Office dan internet". Semarang : IKIP PGRI Press.


Details ...
Course Descriptions

Merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan mempraktikkan pengoperasian komputer dengan bantuan microsoft office untuk mengolah kata, membuat makalah, mempresentasikan tugas, mengolah data, mencari informasi dari internet dan membuat kuis atau survei.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi serta memiliki kemampuan mengoperasikan Ms. Word, Ms. Power Point, Ms. Excel dan membuat quiz creator

 

References

1. FM. Dewanto, Wijayanto., (2011), Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Pendidikan "Dilengkapi Tutorial Office dan internet". Semarang : IKIP PGRI Press.


Details ...
Course Descriptions

Merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan mempraktikkan pengoperasian komputer dengan bantuan microsoft office untuk mengolah kata, membuat makalah, mempresentasikan tugas, mengolah data, mencari informasi dari internet dan membuat kuis atau survei.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep Sumber Belajar dan Media Pembelajaran serta (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi serta memiliki kemampuan mengoperasikan Ms. Word, Ms. Power Point, Ms. Excel dan membuat quiz creator

 

References

1. FM. Dewanto, Wijayanto., (2011), Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Pendidikan "Dilengkapi Tutorial Office dan internet". Semarang : IKIP PGRI Press.


Details ...