Courser in English | DIAGNOSIS OF CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 7 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar pendidikan anak
berkebutuhan khusus, hak, kewajiban dan kebutuhan ABK,
klasifikasi ABK, karakteristik ABK, model pendidikan bagi ABK dan
penanganan ABK di PAUD.
Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini ,mahasiswa diharapkan
memahami konsep bimbingan anak berkebutuhan khusus.
Hallahan, DP & Kauffman, JM (1998), Exceptional Children,
introduction to spesial education, 4 th edition, New Jersey:
Prentice-Hall,inc.
Kirk , Samuel A & Gallagher (1986), Educating Exceptional Children,
Boston:Houghton mifflin company
Learner, JW (1985) Learning Disabilities, Theories, Diagnosis, and
TeachingStrategies,
4.th edition , Boston : Houghton miflin company
Moh Amin (1985), Ortopedagogik Anak Tunagrahita, Jakarta :
Departemen Penddikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi
Mulyono Abdurachman.(1994). Pendidikan Luar Biasa Umum,
Jakarat: DEPDIKNAS
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar pendidikan anak
berkebutuhan khusus, hak, kewajiban dan kebutuhan ABK,
klasifikasi ABK, karakteristik ABK, model pendidikan bagi ABK dan
penanganan ABK di PAUD.
Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini ,mahasiswa diharapkan
memahami konsep bimbingan anak berkebutuhan khusus.
Hallahan, DP & Kauffman, JM (1998), Exceptional Children,
introduction to spesial education, 4 th edition, New Jersey:
Prentice-Hall,inc.
Kirk , Samuel A & Gallagher (1986), Educating Exceptional Children,
Boston:Houghton mifflin company
Learner, JW (1985) Learning Disabilities, Theories, Diagnosis, and
TeachingStrategies,
4.th edition , Boston : Houghton miflin company
Moh Amin (1985), Ortopedagogik Anak Tunagrahita, Jakarta :
Departemen Penddikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi
Mulyono Abdurachman.(1994). Pendidikan Luar Biasa Umum,
Jakarat: DEPDIKNAS
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar pendidikan anak
berkebutuhan khusus, hak, kewajiban dan kebutuhan ABK,
klasifikasi ABK, karakteristik ABK, model pendidikan bagi ABK dan
penanganan ABK di PAUD.
Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini ,mahasiswa diharapkan
memahami konsep bimbingan anak berkebutuhan khusus.
Hallahan, DP & Kauffman, JM (1998), Exceptional Children,
introduction to spesial education, 4 th edition, New Jersey:
Prentice-Hall,inc.
Kirk , Samuel A & Gallagher (1986), Educating Exceptional Children,
Boston:Houghton mifflin company
Learner, JW (1985) Learning Disabilities, Theories, Diagnosis, and
TeachingStrategies,
4.th edition , Boston : Houghton miflin company
Moh Amin (1985), Ortopedagogik Anak Tunagrahita, Jakarta :
Departemen Penddikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi
Mulyono Abdurachman.(1994). Pendidikan Luar Biasa Umum,
Jakarat: DEPDIKNAS
Details ...
Mahasiswa mampu memahami konsep Diagnosis Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan mengenal definisi ABK, macam-macam ABK, perkembangan anak ABK dan aplikasinya dalam kurikulum PAUD.
Learning Outcomesa) Mahasiswa mampu mendefinisikan anak berkebutuhan khusus (ABK)
b) Mahasiswa mampu mengenal konsep ABK di Indonesia
c) Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis ABK
d) Mahasiswa mampu mengintegrasikan ABK dalam Kurikulum PAUD
ReferencesFrieda Mangunsong, 2009. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Universitas Indonesia (LPS3UU) Jilid 1 dan Jilid 2
Details ...
Mahasiswa mampu memahami konsep Diagnosis Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan mengenal definisi ABK, macam-macam ABK, perkembangan anak ABK dan aplikasinya dalam kurikulum PAUD.
Learning Outcomesa) Mahasiswa mampu mendefinisikan anak berkebutuhan khusus (ABK)
b) Mahasiswa mampu mengenal konsep ABK di Indonesia
c) Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis ABK
d) Mahasiswa mampu mengintegrasikan ABK dalam Kurikulum PAUD
ReferencesFrieda Mangunsong, 2009. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Universitas Indonesia (LPS3UU) Jilid 1 dan Jilid 2
Details ...
Mahasiwa mampu memahami konsep Diagnosis anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan mengenal definisi ABK, macam-macam ABK, perkembangan anak ABK, aplikasinya dalam kurikulum PAUD
Learning Outcomesa) Mahasiswa nmampu mendefinisikan anak berkebutuhan khusus (ABK)
b) Mahasiswa mampu mengenal konsep ABK di Indonesia
c) Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis ABK
d) Mahsiswa mampu mengintegrasikan ABK dalam kurikulum PAUD
ReferencesFrieda Mangunsong, 2009, Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta : Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Universitas Indonesia (LPS3UI) Jilid 1 dan jilid 2
Details ...
Mahasiwa mampu memahami konsep Diagnosis anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan mengenal definisi ABK, macam-macam ABK, perkembangan anak ABK, aplikasinya dalam kurikulum PAUD
Learning Outcomesa) Mahasiswa nmampu mendefinisikan anak berkebutuhan khusus (ABK)
b) Mahasiswa mampu mengenal konsep ABK di Indonesia
c) Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis ABK
d) Mahsiswa mampu mengintegrasikan ABK dalam kurikulum PAUD
ReferencesFrieda Mangunsong, 2009, Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta : Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Universitas Indonesia (LPS3UI) Jilid 1 dan jilid 2
Details ...