Diagnosis ABK, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDIAGNOSIS OF CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS7 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar pendidikan anak
berkebutuhan khusus, hak, kewajiban dan kebutuhan ABK,
klasifikasi ABK, karakteristik ABK, model pendidikan bagi ABK dan
penanganan ABK di PAUD.

Learning Outcomes

Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini ,mahasiswa diharapkan
memahami konsep bimbingan anak berkebutuhan khusus.

References

Hallahan, DP & Kauffman, JM (1998), Exceptional Children,
introduction to spesial education, 4 th edition, New Jersey:
Prentice-Hall,inc.


Kirk , Samuel A & Gallagher (1986), Educating Exceptional Children,
Boston:Houghton mifflin company

Learner, JW (1985) Learning Disabilities, Theories, Diagnosis, and
TeachingStrategies,
4.th edition , Boston : Houghton miflin company

Moh Amin (1985), Ortopedagogik Anak Tunagrahita, Jakarta :
Departemen Penddikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi

Mulyono Abdurachman.(1994). Pendidikan Luar Biasa Umum,
Jakarat: DEPDIKNAS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar pendidikan anak
berkebutuhan khusus, hak, kewajiban dan kebutuhan ABK,
klasifikasi ABK, karakteristik ABK, model pendidikan bagi ABK dan
penanganan ABK di PAUD.

Learning Outcomes

Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini ,mahasiswa diharapkan
memahami konsep bimbingan anak berkebutuhan khusus.

References

Hallahan, DP & Kauffman, JM (1998), Exceptional Children,
introduction to spesial education, 4 th edition, New Jersey:
Prentice-Hall,inc.


Kirk , Samuel A & Gallagher (1986), Educating Exceptional Children,
Boston:Houghton mifflin company

Learner, JW (1985) Learning Disabilities, Theories, Diagnosis, and
TeachingStrategies,
4.th edition , Boston : Houghton miflin company

Moh Amin (1985), Ortopedagogik Anak Tunagrahita, Jakarta :
Departemen Penddikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi

Mulyono Abdurachman.(1994). Pendidikan Luar Biasa Umum,
Jakarat: DEPDIKNAS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar pendidikan anak
berkebutuhan khusus, hak, kewajiban dan kebutuhan ABK,
klasifikasi ABK, karakteristik ABK, model pendidikan bagi ABK dan
penanganan ABK di PAUD.

Learning Outcomes

Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini ,mahasiswa diharapkan
memahami konsep bimbingan anak berkebutuhan khusus.

References

Hallahan, DP & Kauffman, JM (1998), Exceptional Children,
introduction to spesial education, 4 th edition, New Jersey:
Prentice-Hall,inc.


Kirk , Samuel A & Gallagher (1986), Educating Exceptional Children,
Boston:Houghton mifflin company

Learner, JW (1985) Learning Disabilities, Theories, Diagnosis, and
TeachingStrategies,
4.th edition , Boston : Houghton miflin company

Moh Amin (1985), Ortopedagogik Anak Tunagrahita, Jakarta :
Departemen Penddikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi

Mulyono Abdurachman.(1994). Pendidikan Luar Biasa Umum,
Jakarat: DEPDIKNAS


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu memahami konsep Diagnosis Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan mengenal definisi ABK, macam-macam ABK, perkembangan anak ABK dan aplikasinya dalam kurikulum PAUD.

Learning Outcomes

a) Mahasiswa mampu mendefinisikan anak berkebutuhan khusus (ABK)

b) Mahasiswa mampu mengenal konsep ABK di Indonesia

c) Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis ABK

d) Mahasiswa mampu mengintegrasikan ABK dalam Kurikulum PAUD

References

Frieda Mangunsong, 2009. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Universitas Indonesia (LPS3UU) Jilid 1 dan Jilid 2


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu memahami konsep Diagnosis Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan mengenal definisi ABK, macam-macam ABK, perkembangan anak ABK dan aplikasinya dalam kurikulum PAUD.

Learning Outcomes

a) Mahasiswa mampu mendefinisikan anak berkebutuhan khusus (ABK)

b) Mahasiswa mampu mengenal konsep ABK di Indonesia

c) Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis ABK

d) Mahasiswa mampu mengintegrasikan ABK dalam Kurikulum PAUD

References

Frieda Mangunsong, 2009. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Universitas Indonesia (LPS3UU) Jilid 1 dan Jilid 2


Details ...
Course Descriptions

Mahasiwa mampu memahami konsep Diagnosis anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan mengenal definisi ABK, macam-macam ABK, perkembangan anak ABK, aplikasinya dalam kurikulum PAUD

Learning Outcomes

a) Mahasiswa nmampu mendefinisikan  anak berkebutuhan khusus (ABK)

b) Mahasiswa mampu mengenal konsep ABK di Indonesia

c) Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis ABK

d) Mahsiswa mampu mengintegrasikan ABK dalam kurikulum PAUD 

References

Frieda Mangunsong, 2009, Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta : Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Universitas Indonesia (LPS3UI) Jilid 1 dan jilid 2

 


Details ...
Course Descriptions

Mahasiwa mampu memahami konsep Diagnosis anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan mengenal definisi ABK, macam-macam ABK, perkembangan anak ABK, aplikasinya dalam kurikulum PAUD

Learning Outcomes

a) Mahasiswa nmampu mendefinisikan  anak berkebutuhan khusus (ABK)

b) Mahasiswa mampu mengenal konsep ABK di Indonesia

c) Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis ABK

d) Mahsiswa mampu mengintegrasikan ABK dalam kurikulum PAUD 

References

Frieda Mangunsong, 2009, Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta : Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Universitas Indonesia (LPS3UI) Jilid 1 dan jilid 2

 


Details ...