Inovasi Pendidikan AUD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEducational Innovation of Early Childhood
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS13 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang bagaimana memperlakukan anak secara tepat dan penuh kasih sayang yaitu a) mampu menunjukkan ketertarikan terhadap hal-hal yang diminati anak, b) menerapkan pengetahuan tentang pertumbuhan & perkembangan anak usia dini, c) menguasai cara belajar anak usia dini melalui kegiatan bermain, d) memberikan perlakuan secara adil kepada seluruh anak. Kemampuan tersebut dapat dicapai melalui bahan kajian tentang: konsep dasar inovasi, paradigma pembelajaran PAUD terkini, melaksanakan upaya inovasi ketika menjadi pengajar dari berorientasi akademik menjadi non akademik, model-.model pembelajaran anak usia dini yang berpusat pada anak, merancang konsep pembelajaran tematik, konsep bermain sebagai sarana perkembangan dan belajar anak sesuai cara kerja otak anak, mempraktekkan inovasi-inovasi dalam  pembelajaran AUD, implementasi PAUD HI dan peran guru dalam mengimplementasikan invisible curriculum.

Learning Outcomes

  1. Menguasai konsep teoritis bidang PAUD khususnya cara belajar anak usai dini.
  2. Mampu melakukan inovasi pembelajaran anak usia dini sesuai dengan model pembelajaran yang berpusat pada anak.
  3. Mampu menyusun program PAUD Holistik Integratif di satuan PAUD dan mengevaluasinya
  4. Mampu mengimplementasikan peran guru berdasarkan invisible curriculum.

References

Utama :

Pembaharuan Pendidikan TK (M. Solehuddin dkk, 2007)

Model Pembelajaran Inovatif di TK (Depdiknas, 2010)

Bermain (B.E. F, Montolulu)

Membuka Masa depan Anak-anak kita (Sindhunata, 2009)

Inovasi Pendidikan (Eko Supriyanto dkk., 2004: 1-7)

Pedoman Pembelajaran K13 PAUD (Kemdikbud, 2015)

Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran PAUD (kemdikbud, 2015)

Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD (Kemdikbud, 2015)

 

Pendukung :

Feldman, Jean R. A Survival Guide for The Preschool Teacher,  terjemahan oleh Yuliani Handayani dan alia Dina  (Jakarta, 2002).

Johnson, Elaine B ,Contextual teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC. 2007

Puskur Balitbang Depdiknas, Kurikulum & Hasil Belajar – Kompetensi Dasar Pendidikan Anak Usia Dini 4 – 6 tahun (Depdiknas, 2002).


Details ...