Courser in English | Educational Innovation of Early Childhood |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 13 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dalam perkuliahan ini dibahas tentang bagaimana memperlakukan anak secara tepat dan penuh kasih sayang yaitu a) mampu menunjukkan ketertarikan terhadap hal-hal yang diminati anak, b) menerapkan pengetahuan tentang pertumbuhan & perkembangan anak usia dini, c) menguasai cara belajar anak usia dini melalui kegiatan bermain, d) memberikan perlakuan secara adil kepada seluruh anak. Kemampuan tersebut dapat dicapai melalui bahan kajian tentang: konsep dasar inovasi, paradigma pembelajaran PAUD terkini, melaksanakan upaya inovasi ketika menjadi pengajar dari berorientasi akademik menjadi non akademik, model-.model pembelajaran anak usia dini yang berpusat pada anak, merancang konsep pembelajaran tematik, konsep bermain sebagai sarana perkembangan dan belajar anak sesuai cara kerja otak anak, mempraktekkan inovasi-inovasi dalam pembelajaran AUD, implementasi PAUD HI dan peran guru dalam mengimplementasikan invisible curriculum.
Learning Outcomes- Menguasai konsep teoritis bidang PAUD khususnya cara belajar anak usai dini.
- Mampu melakukan inovasi pembelajaran anak usia dini sesuai dengan model pembelajaran yang berpusat pada anak.
- Mampu menyusun program PAUD Holistik Integratif di satuan PAUD dan mengevaluasinya
- Mampu mengimplementasikan peran guru berdasarkan invisible curriculum.
Utama :
Pembaharuan Pendidikan TK (M. Solehuddin dkk, 2007)
Model Pembelajaran Inovatif di TK (Depdiknas, 2010)
Bermain (B.E. F, Montolulu)
Membuka Masa depan Anak-anak kita (Sindhunata, 2009)
Inovasi Pendidikan (Eko Supriyanto dkk., 2004: 1-7)
Pedoman Pembelajaran K13 PAUD (Kemdikbud, 2015)
Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran PAUD (kemdikbud, 2015)
Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD (Kemdikbud, 2015)
Pendukung :
Feldman, Jean R. A Survival Guide for The Preschool Teacher, terjemahan oleh Yuliani Handayani dan alia Dina (Jakarta, 2002).
Johnson, Elaine B ,Contextual teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC. 2007
Puskur Balitbang Depdiknas, Kurikulum & Hasil Belajar – Kompetensi Dasar Pendidikan Anak Usia Dini 4 – 6 tahun (Depdiknas, 2002).
Details ...