Konsep Dasar IPA Biologi, Curriculum : 2022


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS22 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup,
keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali
issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup,
keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali
issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup,
keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali
issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup,
keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali
issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup,
keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali
issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup,
keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali
issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup,
keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali
issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup,
keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali
issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup,
keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali
issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup,
keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali
issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup,
keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali
issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Konsep Dasar IPA Biologi merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas, mendeskripsikan dan mempraktikkan tentang ciri-ciri makhluk hidup,
keanekaragaman hayati, klasifikasi makhluk hidup, anatomi dan fisiologi makhluk hidup, ekologi, penyakit dan cara penularannya, serta menggali
issue-issue dalam proses hidup kekinian

Learning Outcomes

CPL Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
CPL Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

References

Giancoli, D.C. 2001. Fisika Jilid 1-2. Terjemahan. Jakarta : Erlangga
Margaretta, dkk. 2006. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar Mandiri. Bandung : UPI Press.
Tim KDI. 2014. Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Tim Penyusun. 2008. Konsep Dasar IPA di SD. Universitas Terbuka Press
Tim Penyusun. 2012. Modul IPA. BPSDMPK dan PMP : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tim Penyusun. 2009. IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA : Program BERMUTU
Haryanto, 2004, Sains untuk SD. Jakarta. Erlangga
http://www.scribd.com/doc/76487368/6/Pengertian-Tanaman-Obat di unduh 4 maret 2013
Karim, Saeful, dkk, 2008, Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta : pusat perbukuan
Lafferty,P. 1997. gaya dan gerak. terjemahan pusat penerjemahan FSUI, Jakarta : Dorling Kindersley Limited- Balai Pustaka
Rumanta,maman, dkk. 2008. Praktikum IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sapriati, Amalia,dkk. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII, Jakarta : Yudistira


Details ...