Pengenalan Lapangan Persekolahan I, Curriculum : 2020


Courser in EnglishSCHOOL FIELD ORIENTATION I
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS1 SKS
RPS17 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;

CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;

CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;

CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan

 CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah

CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah

CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan

Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling

Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

 Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

References

Tim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;

CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;

CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;

CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan

 CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah

CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah

CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan

Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling

Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

 Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

References

Tim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;

CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;

CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;

CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan

 CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah

CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah

CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan

Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling

Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

 Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

References

Tim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;

CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;

CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;

CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan

 CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah

CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah

CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan

Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling

Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

 Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

References

Tim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;

CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;

CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;

CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan

 CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah

CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah

CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan

Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling

Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

 Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

References

Tim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;

CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;

CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;

CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan

 CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah

CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah

CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan

Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling

Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

 Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

References

Tim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;

CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;

CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;

CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan

 CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah

CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah

CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan

Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling

Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

 Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

References

Tim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;

CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;

CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;

CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan

 CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah

CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah

CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan

Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling

Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

 Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

References

Tim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;

CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;

CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;

CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan

 CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah

CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah

CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan

Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling

Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

 Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

References

Tim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;

CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;

CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;

CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan

 CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah

CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah

CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan

Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling

Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

 Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

References

Tim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;

CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;

CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;

CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan

 CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah

CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah

CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan

Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling

Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

 Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

References

Tim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah

Learning Outcomes

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;

CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;

CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;

CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan

 CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah

CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah

CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan

Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling

Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi

Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

 Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan

References

Tim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...