Courser in English | SCHOOL FIELD ORIENTATION I |
Program | Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
SKS | 1 SKS |
RPS | 17 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesCPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;
CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;
CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.
CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan
CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah
CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah
CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan
Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling
Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
ReferencesTim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesCPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;
CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;
CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.
CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan
CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah
CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah
CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan
Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling
Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
ReferencesTim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesCPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;
CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;
CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.
CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan
CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah
CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah
CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan
Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling
Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
ReferencesTim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesCPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;
CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;
CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.
CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan
CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah
CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah
CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan
Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling
Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
ReferencesTim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesCPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;
CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;
CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.
CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan
CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah
CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah
CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan
Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling
Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
ReferencesTim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesCPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;
CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;
CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.
CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan
CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah
CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah
CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan
Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling
Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
ReferencesTim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesCPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;
CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;
CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.
CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan
CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah
CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah
CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan
Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling
Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
ReferencesTim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesCPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;
CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;
CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.
CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan
CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah
CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah
CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan
Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling
Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
ReferencesTim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesCPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;
CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;
CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.
CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan
CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah
CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah
CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan
Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling
Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
ReferencesTim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesCPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;
CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;
CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.
CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan
CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah
CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah
CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan
Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling
Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
ReferencesTim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesCPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;
CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;
CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.
CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan
CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah
CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah
CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan
Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling
Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
ReferencesTim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah PLP 1 merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 1 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan Struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah kegiatan-kegiatan ceremonial; formal di sekolah , kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, dan prakti-praktik pembiasaan, penanaman nilai karakter dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesCPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL 1 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
CPL 2 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;
CPL 3 Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;
CPL 4 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.
CPL 5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
CPL 6 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1 Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praktik kependidikan
CPMK2 Menganalisis struktur organisasi dan tata kerja sekolah
CPMK3 Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah
CPMK4 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
CPMK 5 Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
CPMK 6 Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
Sub-CPMK1 Mampu mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan
Sub_CPMK2 Mampu mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah dalam bidang akademik dan kendalanya, termasuk penyelenggaraan layanan Bimbingan dan Konseling
Sub-CPMK3 Mampu mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK4 Mampu menganalisis beragam kegiatan kurikulur, kokurikuler, dan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademik maupun non akademik dan kendala yang dihadapi
Sub-CPMK5 Menganalisis peranan setiap bidang keilmuan dalam penananaman karakter, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Sub-CPMK6 Mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya dengan memperhatikan etika keilmuan
ReferencesTim Penyusun. 2021. Buku Pedoman PLP 1. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...