Kebijakan Publik, Curriculum : 2006


Courser in EnglishPublic Policy
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang: Pengertian, konsep, teori dan lingkup kebijakan, Inovasi dan perubahan dalam pendidikan, Pendidikan dan perubahan sosial budaya, Paradigma pendidikan nasional abad XXI, Analisis kebijakan pendidikan dasar dan menengah, Analisis kebijakan pendidikan kejuruan, Analisis kebijakan pendidikan tinggi, Analisis kebijakan pendidikan luar sekolah dan pendidikan pembebasan, Pendidikan dan gender, Pendidikan dan ekonomi, Pendidikan dan mobilitas sosial, Pendidikan multikultural, Pendidikan inklusi, Pendidikan dan teknologi informasi.

Learning Outcomes

SIKAP: Taat hukum  dan disiplin  dalam  kehidupan  bermasyarakat   dan bernegara;

PENGETAHUAN: Menguasai   prinsip   dan   teknik    perencanaan,   pelaksanaan   dan   evaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan;

KETERAMPILAN UMUM: Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah­ masalah pendidikan Pancasiladan kewarganegaraan berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KETERAMPILAN KHUSUS: Mampu  melakukan  kajian ilmiah    terhadap  fenomena  dan  masalah tentang mutu, relevansi, dan akses  di bidang pendidikan dan ilmu kewarganegaraan, dan mempublikasikannya secara ilmiah;

References

  • Tilaar dan Rian Nugroho. 2009. Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Azyumardi Azra. 2006. Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rekonstruksi dan Demokratisasi, Jakarta: Kompas Media Nusantara.
  • Anzishan, Syafarudin. 2004. Sistem Pengambilan  Keputusan Pendidikan, Jakarta: Grasindo
  • Baedhowi, 2009. Kebijakan Otonomi Daerah Bidang Pendidikan, Konsep Dasar dan Implementasi, Semarang: Penerbit Pelita Insani.
  • Bertrand Russell. 1993. Pendidikan dan Tatanan Sosial, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  • Darmaningtyas. 2004. Pendidikan Yang Memiskinkan. Yogyakarta: Galang Press
  • Djohar. 2003. Pendidikan Strategik, Alternatif Untuk Pendidikan Masa Depan, Yogyakarta: LESFI
  • Driyarkara, 1980.Tentang pendidikan, Yogyakarta: Penerbit Kanesius
  • Fullan, Michael G. 1991. The  New Meaning Of Educational  Change, Columbia University, NY: Teaher College Press.
  • Giroux, Henry A. 1983, Theory & Resistance in Education, Massachusetts: Bergin &Garvey Publishers, Inc.
  • Grindle, M.S. 1980. Politics and Policy Implementation in The Third World, New Jersey : Princetown University Press.
  •  Hussin, Sufean (Ed.). 2002. Revitalising Education Some Prospective Policy Inovation, Kuala Lumpur: Utusan Publication & Distributors SDN BHD.
  • Ivan Illich, 1999 . Desscoling Society  
  • Karabel, Jerome dan A.H.Hasley (ed.), 1977. Power and Ideology in Education, New York:  Oxford University Press 
  • Karsidi, Ravik.2005. Sosiologi Pendidikan, Surakarta: UNS Press dan LPP UNS
  • Kumar, Krishna. 2005. Political Agenda of Education, Lonndon: Sage Publication.
  • Markum, M.Enoch. 2007. Pendidikan Tinggi dalam Perspektif Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Penerbit UI
  • Paulo Freire .1984. Pendidikan sebagai Praktek Pembebasan, Jakata: Gramedia.
  • Tilaar, HAR. 2003. Kekuasaan dan Pendidikan  Suatu Tinjauan dari Perspektif Studi Kultural,  Magelang: Indonesiatera. 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang: Pengertian, konsep, teori dan lingkup kebijakan, Inovasi dan perubahan dalam pendidikan, Pendidikan dan perubahan sosial budaya, Paradigma pendidikan nasional abad XXI, Analisis kebijakan pendidikan dasar dan menengah, Analisis kebijakan pendidikan kejuruan, Analisis kebijakan pendidikan tinggi, Analisis kebijakan pendidikan luar sekolah dan pendidikan pembebasan, Pendidikan dan gender, Pendidikan dan ekonomi, Pendidikan dan mobilitas sosial, Pendidikan multikultural, Pendidikan inklusi, Pendidikan dan teknologi informasi.

Learning Outcomes

SIKAP: Taat hukum  dan disiplin  dalam  kehidupan  bermasyarakat   dan bernegara;

PENGETAHUAN: Menguasai   prinsip   dan   teknik    perencanaan,   pelaksanaan   dan   evaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan;

KETERAMPILAN UMUM: Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah­ masalah pendidikan Pancasiladan kewarganegaraan berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KETERAMPILAN KHUSUS: Mampu  melakukan  kajian ilmiah    terhadap  fenomena  dan  masalah tentang mutu, relevansi, dan akses  di bidang pendidikan dan ilmu kewarganegaraan, dan mempublikasikannya secara ilmiah;

References

  • Tilaar dan Rian Nugroho. 2009. Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Azyumardi Azra. 2006. Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rekonstruksi dan Demokratisasi, Jakarta: Kompas Media Nusantara.
  • Anzishan, Syafarudin. 2004. Sistem Pengambilan  Keputusan Pendidikan, Jakarta: Grasindo
  • Baedhowi, 2009. Kebijakan Otonomi Daerah Bidang Pendidikan, Konsep Dasar dan Implementasi, Semarang: Penerbit Pelita Insani.
  • Bertrand Russell. 1993. Pendidikan dan Tatanan Sosial, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  • Darmaningtyas. 2004. Pendidikan Yang Memiskinkan. Yogyakarta: Galang Press
  • Djohar. 2003. Pendidikan Strategik, Alternatif Untuk Pendidikan Masa Depan, Yogyakarta: LESFI
  • Driyarkara, 1980.Tentang pendidikan, Yogyakarta: Penerbit Kanesius
  • Fullan, Michael G. 1991. The  New Meaning Of Educational  Change, Columbia University, NY: Teaher College Press.
  • Giroux, Henry A. 1983, Theory & Resistance in Education, Massachusetts: Bergin &Garvey Publishers, Inc.
  • Grindle, M.S. 1980. Politics and Policy Implementation in The Third World, New Jersey : Princetown University Press.
  •  Hussin, Sufean (Ed.). 2002. Revitalising Education Some Prospective Policy Inovation, Kuala Lumpur: Utusan Publication & Distributors SDN BHD.
  • Ivan Illich, 1999 . Desscoling Society  
  • Karabel, Jerome dan A.H.Hasley (ed.), 1977. Power and Ideology in Education, New York:  Oxford University Press 
  • Karsidi, Ravik.2005. Sosiologi Pendidikan, Surakarta: UNS Press dan LPP UNS
  • Kumar, Krishna. 2005. Political Agenda of Education, Lonndon: Sage Publication.
  • Markum, M.Enoch. 2007. Pendidikan Tinggi dalam Perspektif Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Penerbit UI
  • Paulo Freire .1984. Pendidikan sebagai Praktek Pembebasan, Jakata: Gramedia.
  • Tilaar, HAR. 2003. Kekuasaan dan Pendidikan  Suatu Tinjauan dari Perspektif Studi Kultural,  Magelang: Indonesiatera.


Details ...