Filsafat Pendidikan, Curriculum : 2014


Courser in EnglishPSHYLOSOPHY OF EDUCATION
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS9 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:

  1. Filsafat dan Filsafat Pendidikan
  2. Teori Umum tentang Pendidikan
  3. Hakikat Manusia
  4. Hakikat Pendidikan
  5. Hakikat Kebudayaan
  6. Aliran-aliran Pendidikan
  7. Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
  8. Mengajar dan Mendidik
  9. Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
  10. Pendidikan, Moral, dan Agama
  11. Filsafat Sosial Pendidikan
  12. Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
  13. Filsafat Pendidikan dalam Praksis
  14. Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)

References

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas PGRI Semarang. 2015. Kontrak Perkuliahan Semester Gasal Tahun 2015-2016. Semarang: UPGRIS.

Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan.   Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

Moore, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul

Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.

Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:

  1. Filsafat dan Filsafat Pendidikan
  2. Teori Umum tentang Pendidikan
  3. Hakikat Manusia
  4. Hakikat Pendidikan
  5. Hakikat Kebudayaan
  6. Aliran-aliran Pendidikan
  7. Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
  8. Mengajar dan Mendidik
  9. Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
  10. Pendidikan, Moral, dan Agama
  11. Filsafat Sosial Pendidikan
  12. Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
  13. Filsafat Pendidikan dalam Praksis
  14. Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)

References

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas PGRI Semarang. 2015. Kontrak Perkuliahan Semester Gasal Tahun 2015-2016. Semarang: UPGRIS.

Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan.   Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

Moore, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul

Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.

Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:

  1. Filsafat dan Filsafat Pendidikan
  2. Teori Umum tentang Pendidikan
  3. Hakikat Manusia
  4. Hakikat Pendidikan
  5. Hakikat Kebudayaan
  6. Aliran-aliran Pendidikan
  7. Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
  8. Mengajar dan Mendidik
  9. Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
  10. Pendidikan, Moral, dan Agama
  11. Filsafat Sosial Pendidikan
  12. Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
  13. Filsafat Pendidikan dalam Praksis
  14. Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)

References

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas PGRI Semarang. 2015. Kontrak Perkuliahan Semester Gasal Tahun 2015-2016. Semarang: UPGRIS.

Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan.   Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

Moore, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul

Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.

Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:

  1. Filsafat dan Filsafat Pendidikan
  2. Teori Umum tentang Pendidikan
  3. Hakikat Manusia
  4. Hakikat Pendidikan
  5. Hakikat Kebudayaan
  6. Aliran-aliran Pendidikan
  7. Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
  8. Mengajar dan Mendidik
  9. Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
  10. Pendidikan, Moral, dan Agama
  11. Filsafat Sosial Pendidikan
  12. Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
  13. Filsafat Pendidikan dalam Praksis
  14. Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)

References

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas PGRI Semarang. 2015. Kontrak Perkuliahan Semester Gasal Tahun 2015-2016. Semarang: UPGRIS.

Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan.   Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

Moore, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul

Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.

Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:

  1. Filsafat dan Filsafat Pendidikan
  2. Teori Umum tentang Pendidikan
  3. Hakikat Manusia
  4. Hakikat Pendidikan
  5. Hakikat Kebudayaan
  6. Aliran-aliran Pendidikan
  7. Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
  8. Mengajar dan Mendidik
  9. Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
  10. Pendidikan, Moral, dan Agama
  11. Filsafat Sosial Pendidikan
  12. Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
  13. Filsafat Pendidikan dalam Praksis
  14. Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)

References

Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan.   Yogyakarta:  Magnum Pustaka Utama

Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.

Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:

  1. Filsafat dan Filsafat Pendidikan
  2. Teori Umum tentang Pendidikan
  3. Hakikat Manusia
  4. Hakikat Pendidikan
  5. Hakikat Kebudayaan
  6. Aliran-aliran Pendidikan
  7. Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
  8. Mengajar dan Mendidik
  9. Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
  10. Pendidikan, Moral, dan Agama
  11. Filsafat Sosial Pendidikan
  12. Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
  13. Filsafat Pendidikan dalam Praksis
  14. Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)

References

Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan.   Yogyakarta:  Magnum Pustaka Utama

Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.

Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:

  1. Filsafat dan Filsafat Pendidikan
  2. Teori Umum tentang Pendidikan
  3. Hakikat Manusia
  4. Hakikat Pendidikan
  5. Hakikat Kebudayaan
  6. Aliran-aliran Pendidikan
  7. Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
  8. Mengajar dan Mendidik
  9. Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
  10. Pendidikan, Moral, dan Agama
  11. Filsafat Sosial Pendidikan
  12. Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
  13. Filsafat Pendidikan dalam Praksis
  14. Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)

References

Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan.   Yogyakarta:  Magnum Pustaka Utama

Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.

Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:

  1. Filsafat dan Filsafat Pendidikan
  2. Teori Umum tentang Pendidikan
  3. Hakikat Manusia
  4. Hakikat Pendidikan
  5. Hakikat Kebudayaan
  6. Aliran-aliran Pendidikan
  7. Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
  8. Mengajar dan Mendidik
  9. Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
  10. Pendidikan, Moral, dan Agama
  11. Filsafat Sosial Pendidikan
  12. Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
  13. Filsafat Pendidikan dalam Praksis
  14. Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)

References

Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan.   Yogyakarta:  Magnum Pustaka Utama

Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.

Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:

  1. Filsafat dan Filsafat Pendidikan
  2. Teori Umum tentang Pendidikan
  3. Hakikat Manusia
  4. Hakikat Pendidikan
  5. Hakikat Kebudayaan
  6. Aliran-aliran Pendidikan
  7. Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
  8. Mengajar dan Mendidik
  9. Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
  10. Pendidikan, Moral, dan Agama
  11. Filsafat Sosial Pendidikan
  12. Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
  13. Filsafat Pendidikan dalam Praksis
  14. Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)

References

Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan.   Yogyakarta:  Magnum Pustaka Utama

Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.

Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.


Details ...