Courser in English | PSHYLOSOPHY OF EDUCATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 9 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:
- Filsafat dan Filsafat Pendidikan
- Teori Umum tentang Pendidikan
- Hakikat Manusia
- Hakikat Pendidikan
- Hakikat Kebudayaan
- Aliran-aliran Pendidikan
- Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
- Mengajar dan Mendidik
- Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
- Pendidikan, Moral, dan Agama
- Filsafat Sosial Pendidikan
- Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
- Filsafat Pendidikan dalam Praksis
- Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru
- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
ReferencesLembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas PGRI Semarang. 2015. Kontrak Perkuliahan Semester Gasal Tahun 2015-2016. Semarang: UPGRIS.
Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Moore, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul
Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.
Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:
- Filsafat dan Filsafat Pendidikan
- Teori Umum tentang Pendidikan
- Hakikat Manusia
- Hakikat Pendidikan
- Hakikat Kebudayaan
- Aliran-aliran Pendidikan
- Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
- Mengajar dan Mendidik
- Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
- Pendidikan, Moral, dan Agama
- Filsafat Sosial Pendidikan
- Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
- Filsafat Pendidikan dalam Praksis
- Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru
- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
ReferencesLembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas PGRI Semarang. 2015. Kontrak Perkuliahan Semester Gasal Tahun 2015-2016. Semarang: UPGRIS.
Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Moore, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul
Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.
Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:
- Filsafat dan Filsafat Pendidikan
- Teori Umum tentang Pendidikan
- Hakikat Manusia
- Hakikat Pendidikan
- Hakikat Kebudayaan
- Aliran-aliran Pendidikan
- Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
- Mengajar dan Mendidik
- Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
- Pendidikan, Moral, dan Agama
- Filsafat Sosial Pendidikan
- Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
- Filsafat Pendidikan dalam Praksis
- Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru
- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
ReferencesLembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas PGRI Semarang. 2015. Kontrak Perkuliahan Semester Gasal Tahun 2015-2016. Semarang: UPGRIS.
Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Moore, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul
Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.
Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:
- Filsafat dan Filsafat Pendidikan
- Teori Umum tentang Pendidikan
- Hakikat Manusia
- Hakikat Pendidikan
- Hakikat Kebudayaan
- Aliran-aliran Pendidikan
- Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
- Mengajar dan Mendidik
- Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
- Pendidikan, Moral, dan Agama
- Filsafat Sosial Pendidikan
- Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
- Filsafat Pendidikan dalam Praksis
- Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru
- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
ReferencesLembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas PGRI Semarang. 2015. Kontrak Perkuliahan Semester Gasal Tahun 2015-2016. Semarang: UPGRIS.
Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Moore, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul
Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.
Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:
- Filsafat dan Filsafat Pendidikan
- Teori Umum tentang Pendidikan
- Hakikat Manusia
- Hakikat Pendidikan
- Hakikat Kebudayaan
- Aliran-aliran Pendidikan
- Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
- Mengajar dan Mendidik
- Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
- Pendidikan, Moral, dan Agama
- Filsafat Sosial Pendidikan
- Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
- Filsafat Pendidikan dalam Praksis
- Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru
- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
ReferencesSoegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.
Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:
- Filsafat dan Filsafat Pendidikan
- Teori Umum tentang Pendidikan
- Hakikat Manusia
- Hakikat Pendidikan
- Hakikat Kebudayaan
- Aliran-aliran Pendidikan
- Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
- Mengajar dan Mendidik
- Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
- Pendidikan, Moral, dan Agama
- Filsafat Sosial Pendidikan
- Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
- Filsafat Pendidikan dalam Praksis
- Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru
- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
ReferencesSoegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.
Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:
- Filsafat dan Filsafat Pendidikan
- Teori Umum tentang Pendidikan
- Hakikat Manusia
- Hakikat Pendidikan
- Hakikat Kebudayaan
- Aliran-aliran Pendidikan
- Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
- Mengajar dan Mendidik
- Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
- Pendidikan, Moral, dan Agama
- Filsafat Sosial Pendidikan
- Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
- Filsafat Pendidikan dalam Praksis
- Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru
- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
ReferencesSoegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.
Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:
- Filsafat dan Filsafat Pendidikan
- Teori Umum tentang Pendidikan
- Hakikat Manusia
- Hakikat Pendidikan
- Hakikat Kebudayaan
- Aliran-aliran Pendidikan
- Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
- Mengajar dan Mendidik
- Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
- Pendidikan, Moral, dan Agama
- Filsafat Sosial Pendidikan
- Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
- Filsafat Pendidikan dalam Praksis
- Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru
- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
ReferencesSoegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.
Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan secara mendasar dan mendalam yang mencakupi pokok-pokok bahasan:
- Filsafat dan Filsafat Pendidikan
- Teori Umum tentang Pendidikan
- Hakikat Manusia
- Hakikat Pendidikan
- Hakikat Kebudayaan
- Aliran-aliran Pendidikan
- Tinjauan Fiolosofis Teori Belajar
- Mengajar dan Mendidik
- Pendidikan dan Pengajaran dalam Praksis
- Pendidikan, Moral, dan Agama
- Filsafat Sosial Pendidikan
- Manifesto Pendidikan Nasional Indonesia
- Filsafat Pendidikan dalam Praksis
- Pokok-pokok Pikiran dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Pengembangan Guru
- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
ReferencesSoegeng Ysh., A.Y. 2016. Filsafat Pendidikan: Suuatu Pengembangan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Bakker S.J., J.W.M. 1984. Filsfat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 25 s/d. 28 Agustus 1961.
Magnis-Suseno, Franz. 2005. Fijar-fijar Filsafat: Dari Gatholoco ke Filsafat Perempuan, dari Adam Muller ke Postmodernisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Wora, Emanuel. 2006. 2006. Perenialisme: Kritik Atas Modernisme dan Postmodernisme. Kata Pengantar: Dr. I. Bambang Sugiharto. Pustaka Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Details ...