Courser in English | PGRI PRINCIPLES |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 72 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
References
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
- AD/ART PGRI
- UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
- UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
- UU Ketenagakerjaan
- Renstra Kemendiknas 2010-2014,
- UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
- PP 38 Th 2007
- UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
References
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
- AD/ART PGRI
- UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
- UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
- UU Ketenagakerjaan
- Renstra Kemendiknas 2010-2014,
- UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
- PP 38 Th 2007
- UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
References
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
- AD/ART PGRI
- UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
- UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
- UU Ketenagakerjaan
- Renstra Kemendiknas 2010-2014,
- UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
- PP 38 Th 2007
- UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
References
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
- AD/ART PGRI
- UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
- UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
- UU Ketenagakerjaan
- Renstra Kemendiknas 2010-2014,
- UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
- PP 38 Th 2007
- UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
References
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
- AD/ART PGRI
- UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
- UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
- UU Ketenagakerjaan
- Renstra Kemendiknas 2010-2014,
- UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
- PP 38 Th 2007
- UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
References
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
- AD/ART PGRI
- UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
- UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
- UU Ketenagakerjaan
- Renstra Kemendiknas 2010-2014,
- UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
- PP 38 Th 2007
- UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
References
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
- AD/ART PGRI
- UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
- UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
- UU Ketenagakerjaan
- Renstra Kemendiknas 2010-2014,
- UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
- PP 38 Th 2007
- UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
References
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
- AD/ART PGRI
- UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
- UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
- UU Ketenagakerjaan
- Renstra Kemendiknas 2010-2014,
- UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
- PP 38 Th 2007
- UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
References
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
- AD/ART PGRI
- UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
- UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
- UU Ketenagakerjaan
- Renstra Kemendiknas 2010-2014,
- UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
- PP 38 Th 2007
- UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
References
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
- AD/ART PGRI
- UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
- UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
- UU Ketenagakerjaan
- Renstra Kemendiknas 2010-2014,
- UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
- PP 38 Th 2007
- UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
References
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
- AD/ART PGRI
- UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
- UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
- UU Ketenagakerjaan
- Renstra Kemendiknas 2010-2014,
- UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
- PP 38 Th 2007
- UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
References
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
- AD/ART PGRI
- UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
- UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
- UU Ketenagakerjaan
- Renstra Kemendiknas 2010-2014,
- UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
- PP 38 Th 2007
- UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah
Details ...