Courser in English | SCIENTIFIC PUBLICATION |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 12 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa dalam hal penguasaan teori dan praktik menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya. Garis besar materi meliputi komunitas wacana ilmiah, penulisan ilmiah, analitis-argumentatif (teori dan praktik), pengajaran menulis karya ilmiah, evaluasi menulis karya ilmiah, penelitian dalam penulisan karya ilmiah, dan strategi publikasi ilmiah.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa dalam hal penguasaan teori dan praktik menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya. Garis besar materi meliputi komunitas wacana ilmiah, penulisan ilmiah, analitis-argumentatif (teori dan praktik), pengajaran menulis karya ilmiah, evaluasi menulis karya ilmiah, penelitian dalam penulisan karya ilmiah, dan strategi publikasi ilmiah.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa dalam hal penguasaan teori dan praktik menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya. Garis besar materi meliputi komunitas wacana ilmiah, penulisan ilmiah, analitis-argumentatif (teori dan praktik), pengajaran menulis karya ilmiah, evaluasi menulis karya ilmiah, penelitian dalam penulisan karya ilmiah, dan strategi publikasi ilmiah.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa dalam hal penguasaan teori dan praktik menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya. Garis besar materi meliputi komunitas wacana ilmiah, penulisan ilmiah, analitis-argumentatif (teori dan praktik), pengajaran menulis karya ilmiah, evaluasi menulis karya ilmiah, penelitian dalam penulisan karya ilmiah, dan strategi publikasi ilmiah. |
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
3.8. Mampu menyusun dan mengkomunikasikan materi dalam bidangnya dengan argument saintifik secara bertanggungjawab dan didasarkan pada etika akademik melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
3.11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
References- Buku ilmiah, majalah ilmiah, jurnal ilmiah, skripsi
- Depdiknas. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Balai Pustaka.
- Ekosusilo, Madyo.1995. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Dahara Prize.
- Knapp, Peter and Mergan Watkins. 2005. Genre, Text, Grammar (Technologies for Teaching and Assessing Writing). Sydney: NSW.
- Mertens, Nathan L. 2010. Writing: Processes, Toils and Techniques. New York: Nova Science Publishers, Inc.
- Pardiyono. 2007. Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing (Metode Mengajar Writing Berbasis Genre Secara Efektif). Yogyakarta: ANDI.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa dalam hal penguasaan teori dan praktik menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya. Garis besar materi meliputi komunitas wacana ilmiah, penulisan ilmiah, analitis-argumentatif (teori dan praktik), pengajaran menulis karya ilmiah, evaluasi menulis karya ilmiah, penelitian dalam penulisan karya ilmiah, dan strategi publikasi ilmiah. |
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
3.8. Mampu menyusun dan mengkomunikasikan materi dalam bidangnya dengan argument saintifik secara bertanggungjawab dan didasarkan pada etika akademik melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
3.11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
References- Buku ilmiah, majalah ilmiah, jurnal ilmiah, skripsi
- Depdiknas. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Balai Pustaka.
- Ekosusilo, Madyo.1995. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Dahara Prize.
- Knapp, Peter and Mergan Watkins. 2005. Genre, Text, Grammar (Technologies for Teaching and Assessing Writing). Sydney: NSW.
- Mertens, Nathan L. 2010. Writing: Processes, Toils and Techniques. New York: Nova Science Publishers, Inc.
- Pardiyono. 2007. Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing (Metode Mengajar Writing Berbasis Genre Secara Efektif). Yogyakarta: ANDI.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa dalam hal penguasaan teori dan praktik menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya. Garis besar materi meliputi komunitas wacana ilmiah, penulisan ilmiah, analitis-argumentatif (teori dan praktik), pengajaran menulis karya ilmiah, evaluasi menulis karya ilmiah, penelitian dalam penulisan karya ilmiah, dan strategi publikasi ilmiah. |
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
3.8. Mampu menyusun dan mengkomunikasikan materi dalam bidangnya dengan argument saintifik secara bertanggungjawab dan didasarkan pada etika akademik melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
3.11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
References- Buku ilmiah, majalah ilmiah, jurnal ilmiah, skripsi
- Depdiknas. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Balai Pustaka.
- Ekosusilo, Madyo.1995. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Dahara Prize.
- Knapp, Peter and Mergan Watkins. 2005. Genre, Text, Grammar (Technologies for Teaching and Assessing Writing). Sydney: NSW.
- Mertens, Nathan L. 2010. Writing: Processes, Toils and Techniques. New York: Nova Science Publishers, Inc.
- Pardiyono. 2007. Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing (Metode Mengajar Writing Berbasis Genre Secara Efektif). Yogyakarta: ANDI.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa dalam hal penguasaan teori dan praktik menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya. Garis besar materi meliputi komunitas wacana ilmiah, penulisan ilmiah, analitis-argumentatif (teori dan praktik), pengajaran menulis karya ilmiah, evaluasi menulis karya ilmiah, penelitian dalam penulisan karya ilmiah, dan strategi publikasi ilmiah. |
1.7. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangakn sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
1.8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
1.9. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri.
2.8. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan Biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal.
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya.
3.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni.
3.4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
3.8. Mampu menyusun dan mengkomunikasikan materi dalam bidangnya dengan argument saintifik secara bertanggungjawab dan didasarkan pada etika akademik melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
3.11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
4.8. Menerapkan pemahaman filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan Biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan.
References- Wajib :
- Buku ilmiah, majalah ilmiah, jurnal ilmiah, skripsi
- Depdiknas. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Balai Pustaka.
- Ekosusilo, Madyo.1995. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Dahara Prize.
- Knapp, Peter and Mergan Watkins. 2005. Genre, Text, Grammar (Technologies for Teaching and Assessing Writing). Sydney: NSW.
- Mertens, Nathan L. 2010. Writing: Processes, Toils and Techniques. New York: Nova Science Publishers, Inc.
- Pardiyono. 2007. Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing (Metode Mengajar Writing Berbasis Genre Secara Efektif). Yogyakarta: ANDI.
- Tambahan :
- Hariwijaya, M. 20 American Society of Agronomy. 1988. Publications Handbook and Style Manual. ASA-CSSA-SSSA, Madison, WI. 92 pp.
- American Society of Agronomy. 1998. Publications Handbook and Style Manual. ASA-CSSA-SSSA, Madison, WI. 154 pp.
Committee on Graduate Training
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa dalam hal penguasaan teori dan praktik menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya. Garis besar materi meliputi komunitas wacana ilmiah, penulisan ilmiah, analitis-argumentatif (teori dan praktik), pengajaran menulis karya ilmiah, evaluasi menulis karya ilmiah, penelitian dalam penulisan karya ilmiah, dan strategi publikasi ilmiah. |
1.7. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangakn sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
1.8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
1.9. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri.
2.8. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan Biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal.
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya.
3.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni.
3.4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
3.8. Mampu menyusun dan mengkomunikasikan materi dalam bidangnya dengan argument saintifik secara bertanggungjawab dan didasarkan pada etika akademik melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
3.11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
4.8. Menerapkan pemahaman filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan Biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan.
References- Wajib :
- Buku ilmiah, majalah ilmiah, jurnal ilmiah, skripsi
- Depdiknas. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Balai Pustaka.
- Ekosusilo, Madyo.1995. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Dahara Prize.
- Knapp, Peter and Mergan Watkins. 2005. Genre, Text, Grammar (Technologies for Teaching and Assessing Writing). Sydney: NSW.
- Mertens, Nathan L. 2010. Writing: Processes, Toils and Techniques. New York: Nova Science Publishers, Inc.
- Pardiyono. 2007. Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing (Metode Mengajar Writing Berbasis Genre Secara Efektif). Yogyakarta: ANDI.
- Tambahan :
- Hariwijaya, M. 20 American Society of Agronomy. 1988. Publications Handbook and Style Manual. ASA-CSSA-SSSA, Madison, WI. 92 pp.
- American Society of Agronomy. 1998. Publications Handbook and Style Manual. ASA-CSSA-SSSA, Madison, WI. 154 pp.
Committee on Graduate Training
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa dalam hal penguasaan teori dan praktik menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya. Garis besar materi meliputi komunitas wacana ilmiah, penulisan ilmiah, analitis-argumentatif (teori dan praktik), pengajaran menulis karya ilmiah, evaluasi menulis karya ilmiah, penelitian dalam penulisan karya ilmiah, dan strategi publikasi ilmiah. |
1.7. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangakn sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
1.8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
1.9. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri.
2.8. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan Biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal.
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya.
3.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni.
3.4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
3.8. Mampu menyusun dan mengkomunikasikan materi dalam bidangnya dengan argument saintifik secara bertanggungjawab dan didasarkan pada etika akademik melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
3.11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
4.8. Menerapkan pemahaman filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan Biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan.
References- Wajib :
- Buku ilmiah, majalah ilmiah, jurnal ilmiah, skripsi
- Depdiknas. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Balai Pustaka.
- Ekosusilo, Madyo.1995. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Dahara Prize.
- Knapp, Peter and Mergan Watkins. 2005. Genre, Text, Grammar (Technologies for Teaching and Assessing Writing). Sydney: NSW.
- Mertens, Nathan L. 2010. Writing: Processes, Toils and Techniques. New York: Nova Science Publishers, Inc.
- Pardiyono. 2007. Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing (Metode Mengajar Writing Berbasis Genre Secara Efektif). Yogyakarta: ANDI.
- Tambahan :
- Hariwijaya, M. 20 American Society of Agronomy. 1988. Publications Handbook and Style Manual. ASA-CSSA-SSSA, Madison, WI. 92 pp.
- American Society of Agronomy. 1998. Publications Handbook and Style Manual. ASA-CSSA-SSSA, Madison, WI. 154 pp.
Committee on Graduate Training
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa dalam hal penguasaan teori dan praktik menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya. Garis besar materi meliputi komunitas wacana ilmiah, penulisan ilmiah, analitis-argumentatif (teori dan praktik), pengajaran menulis karya ilmiah, evaluasi menulis karya ilmiah, penelitian dalam penulisan karya ilmiah, dan strategi publikasi ilmiah. |
1.7. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangakn sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
1.8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
1.9. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri.
2.8. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan Biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal.
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya.
3.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni.
3.4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
3.8. Mampu menyusun dan mengkomunikasikan materi dalam bidangnya dengan argument saintifik secara bertanggungjawab dan didasarkan pada etika akademik melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
3.11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
4.8. Menerapkan pemahaman filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan Biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan.
References- Wajib :
- Buku ilmiah, majalah ilmiah, jurnal ilmiah, skripsi
- Depdiknas. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Balai Pustaka.
- Ekosusilo, Madyo.1995. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Dahara Prize.
- Knapp, Peter and Mergan Watkins. 2005. Genre, Text, Grammar (Technologies for Teaching and Assessing Writing). Sydney: NSW.
- Mertens, Nathan L. 2010. Writing: Processes, Toils and Techniques. New York: Nova Science Publishers, Inc.
- Pardiyono. 2007. Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing (Metode Mengajar Writing Berbasis Genre Secara Efektif). Yogyakarta: ANDI.
- Tambahan :
- Hariwijaya, M. 20 American Society of Agronomy. 1988. Publications Handbook and Style Manual. ASA-CSSA-SSSA, Madison, WI. 92 pp.
- American Society of Agronomy. 1998. Publications Handbook and Style Manual. ASA-CSSA-SSSA, Madison, WI. 154 pp.
Committee on Graduate Training
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa dalam hal penguasaan teori dan praktik menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya. Garis besar materi meliputi komunitas wacana ilmiah, penulisan ilmiah, analitis-argumentatif (teori dan praktik), pengajaran menulis karya ilmiah, evaluasi menulis karya ilmiah, penelitian dalam penulisan karya ilmiah, dan strategi publikasi ilmiah.
Learning Outcomes1.7. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangakn sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
1.8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
1.9. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri.
2.8. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan Biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal.
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya.
3.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni.
3.4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
3.8. Mampu menyusun dan mengkomunikasikan materi dalam bidangnya dengan argument saintifik secara bertanggungjawab dan didasarkan pada etika akademik melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
3.11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
4.8. Menerapkan pemahaman filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan Biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan.
References- Wajib :
- Buku ilmiah, majalah ilmiah, jurnal ilmiah, skripsi
- Depdiknas. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Balai Pustaka.
- Ekosusilo, Madyo.1995. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Dahara Prize.
- Knapp, Peter and Mergan Watkins. 2005. Genre, Text, Grammar (Technologies for Teaching and Assessing Writing). Sydney: NSW.
- Mertens, Nathan L. 2010. Writing: Processes, Toils and Techniques. New York: Nova Science Publishers, Inc.
- Pardiyono. 2007. Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing (Metode Mengajar Writing Berbasis Genre Secara Efektif). Yogyakarta: ANDI.
- Tambahan :
- Hariwijaya, M. 20 American Society of Agronomy. 1988. Publications Handbook and Style Manual. ASA-CSSA-SSSA, Madison, WI. 92 pp.
- American Society of Agronomy. 1998. Publications Handbook and Style Manual. ASA-CSSA-SSSA, Madison, WI. 154 pp.
- Committee on Graduate Training in Scientific Writing, 1989. Scientific Writing for Graduate Students. 5th ed. Council of Biology Editors, Inc. 187 p.
- Day, P.R. 1988. How to Write and Publish a Scientific Paper. 3rd ed. Oryx Press. Phoenix, AZ. 211 p.
- Lester, J.D. 1987. Writing Research Papers, a Complete Guide. 5th ed. Scott, Foresman and Co. Glenview, IL. 281 p.
- Teknik Menulis Artikel Ilmiah Dari Laporan Penelitian, Skripsi, Tesis dan DisertasI (PDF Download Available). Available from: https://www.researchgate.net/publication/262561789_TEKNIK_MENULIS_ARTIKEL_ILMIAH_DARI_LAPORAN_PENELITIAN_SKRIPSI_TESIS_DAN_DISERTASI [accessed Sep 3, 2017]. 06. Pedoman Teknis Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Citra Pustaka.
Kuntarto, M. Niknik. 2007. Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa dalam hal penguasaan teori dan praktik menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya. Garis besar materi meliputi komunitas wacana ilmiah, penulisan ilmiah, analitis-argumentatif (teori dan praktik), pengajaran menulis karya ilmiah, evaluasi menulis karya ilmiah, penelitian dalam penulisan karya ilmiah, dan strategi publikasi ilmiah.
Learning Outcomes1.7. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangakn sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
1.8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
1.9. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri.
2.8. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan Biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal.
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya.
3.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni.
3.4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
3.8. Mampu menyusun dan mengkomunikasikan materi dalam bidangnya dengan argument saintifik secara bertanggungjawab dan didasarkan pada etika akademik melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
3.11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
4.8. Menerapkan pemahaman filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan Biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan.
References- Wajib :
- Buku ilmiah, majalah ilmiah, jurnal ilmiah, skripsi
- Depdiknas. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Balai Pustaka.
- Ekosusilo, Madyo.1995. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Dahara Prize.
- Knapp, Peter and Mergan Watkins. 2005. Genre, Text, Grammar (Technologies for Teaching and Assessing Writing). Sydney: NSW.
- Mertens, Nathan L. 2010. Writing: Processes, Toils and Techniques. New York: Nova Science Publishers, Inc.
- Pardiyono. 2007. Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing (Metode Mengajar Writing Berbasis Genre Secara Efektif). Yogyakarta: ANDI.
- Tambahan :
- Hariwijaya, M. 20 American Society of Agronomy. 1988. Publications Handbook and Style Manual. ASA-CSSA-SSSA, Madison, WI. 92 pp.
- American Society of Agronomy. 1998. Publications Handbook and Style Manual. ASA-CSSA-SSSA, Madison, WI. 154 pp.
- Committee on Graduate Training in Scientific Writing, 1989. Scientific Writing for Graduate Students. 5th ed. Council of Biology Editors, Inc. 187 p.
- Day, P.R. 1988. How to Write and Publish a Scientific Paper. 3rd ed. Oryx Press. Phoenix, AZ. 211 p.
- Lester, J.D. 1987. Writing Research Papers, a Complete Guide. 5th ed. Scott, Foresman and Co. Glenview, IL. 281 p.
- Teknik Menulis Artikel Ilmiah Dari Laporan Penelitian, Skripsi, Tesis dan DisertasI (PDF Download Available). Available from: https://www.researchgate.net/publication/262561789_TEKNIK_MENULIS_ARTIKEL_ILMIAH_DARI_LAPORAN_PENELITIAN_SKRIPSI_TESIS_DAN_DISERTASI [accessed Sep 3, 2017]. 06. Pedoman Teknis Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Citra Pustaka.
Kuntarto, M. Niknik. 2007. Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Details ...