Courser in English | TEACHING COMPETENCE DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 17 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
menjelaskan tentang 4 kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang pendidik dalam hal ini terkait dengan keterampilan dasar mengajar,mencakup kompetensi personal, kompetensi sosial,kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas melalui microteaching
Learning Outcomesmahasiswa mampu:
1. menjelaskan 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru.
2. mampu mendiskripsikan masing-masing dari 4 kompetensi guru
3. mampu melaksanakan pembelajaran memalui praktek microteaching
References1. Ali, Muhammada. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindoin
2. Fkahruddin, Asef Umar, 2009, Menjadi Guru Faforit, Jogyakarta : Diva Press
3. Djamarah, Syaeful Bahri , 2000, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta
4. Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Dalam Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara
Details ...
menjelaskan tentang 4 kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang pendidik dalam hal ini terkait dengan keterampilan dasar mengajar,mencakup kompetensi personal, kompetensi sosial,kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas melalui microteaching
Learning Outcomesmahasiswa mampu:
1. menjelaskan 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru.
2. mampu mendiskripsikan masing-masing dari 4 kompetensi guru
3. mampu melaksanakan pembelajaran memalui praktek microteaching
References1. Ali, Muhammada. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindoin
2. Fkahruddin, Asef Umar, 2009, Menjadi Guru Faforit, Jogyakarta : Diva Press
3. Djamarah, Syaeful Bahri , 2000, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta
4. Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Dalam Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara
Details ...
menjelaskan tentang 4 kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang pendidik dalam hal ini terkait dengan keterampilan dasar mengajar,mencakup kompetensi personal, kompetensi sosial,kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas melalui microteaching
Learning Outcomesmahasiswa mampu:
1. menjelaskan 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru.
2. mampu mendiskripsikan masing-masing dari 4 kompetensi guru
3. mampu melaksanakan pembelajaran memalui praktek microteaching
References1. Ali, Muhammada. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindoin
2. Fkahruddin, Asef Umar, 2009, Menjadi Guru Faforit, Jogyakarta : Diva Press
3. Djamarah, Syaeful Bahri , 2000, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta
4. Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Dalam Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara
Details ...
menjelaskan tentang 4 kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang pendidik dalam hal ini terkait dengan keterampilan dasar mengajar,mencakup kompetensi personal, kompetensi sosial,kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas melalui microteaching
Learning Outcomesmahasiswa mampu:
1. menjelaskan 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru.
2. mampu mendiskripsikan masing-masing dari 4 kompetensi guru
3. mampu melaksanakan pembelajaran memalui praktek microteaching
References1. Ali, Muhammada. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindoin
2. Fkahruddin, Asef Umar, 2009, Menjadi Guru Faforit, Jogyakarta : Diva Press
3. Djamarah, Syaeful Bahri , 2000, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta
4. Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Dalam Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara
Details ...
menjelaskan tentang 4 kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang pendidik dalam hal ini terkait dengan keterampilan dasar mengajar,mencakup kompetensi personal, kompetensi sosial,kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas melalui microteaching
Learning Outcomesmahasiswa mampu:
1. menjelaskan 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru.
2. mampu mendiskripsikan masing-masing dari 4 kompetensi guru
3. mampu melaksanakan pembelajaran memalui praktek microteaching
References1. Ali, Muhammada. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindoin
2. Fkahruddin, Asef Umar, 2009, Menjadi Guru Faforit, Jogyakarta : Diva Press
3. Djamarah, Syaeful Bahri , 2000, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta
4. Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Dalam Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa keterampilan dasar mengajar mencakupkompetensi Personal, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi pedagogik. Pengenalan dan praktek berbagaijenis ketrampilan mengajar, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan (reinforcement), keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas. Latihan keterampilan dasar mengajar melalui peer teaching dan microteachin
Learning Outcomesmahasiswa bisa ketrampilan dasar mengajar
ReferencesFakhruddin, Asef Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa keterampilan dasar mengajar mencakupkompetensi Personal, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi pedagogik. Pengenalan dan praktek berbagaijenis ketrampilan mengajar, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan (reinforcement), keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas. Latihan keterampilan dasar mengajar melalui peer teaching dan microteachin
Learning Outcomesmahasiswa bisa ketrampilan dasar mengajar
ReferencesFakhruddin, Asef Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa keterampilan dasar mengajar mencakupkompetensi Personal, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi pedagogik. Pengenalan dan praktek berbagaijenis ketrampilan mengajar, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan (reinforcement), keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas. Latihan keterampilan dasar mengajar melalui peer teaching dan microteachin
Learning Outcomesmahasiswa bisa ketrampilan dasar mengajar
ReferencesFakhruddin, Asef Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa keterampilan dasar mengajar mencakupkompetensi Personal, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi pedagogik. Pengenalan dan praktek berbagaijenis ketrampilan mengajar, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan (reinforcement), keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas. Latihan keterampilan dasar mengajar melalui peer teaching dan microteachin
Learning Outcomesmahasiswa bisa ketrampilan dasar mengajar
ReferencesFakhruddin, Asef Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa keterampilan dasar mengajar mencakupkompetensi Personal, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi pedagogik. Pengenalan dan praktek berbagaijenis ketrampilan mengajar, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan (reinforcement), keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas. Latihan keterampilan dasar mengajar melalui peer teaching dan microteachin
Learning Outcomesmahasiswa bisa ketrampilan dasar mengajar
ReferencesFakhruddin, Asef Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa keterampilan dasar mengajar mencakupkompetensi Personal, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi pedagogik. Pengenalan dan praktek berbagaijenis ketrampilan mengajar, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan (reinforcement), keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas. Latihan keterampilan dasar mengajar melalui peer teaching dan microteachin
Learning Outcomesmahasiswa bisa ketrampilan dasar mengajar
ReferencesFakhruddin, Asef Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa keterampilan dasar mengajar mencakupkompetensi Personal, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi pedagogik. Pengenalan dan praktek berbagaijenis ketrampilan mengajar, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan (reinforcement), keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas. Latihan keterampilan dasar mengajar melalui peer teaching dan microteachin
Learning Outcomesmahasiswa bisa ketrampilan dasar mengajar
ReferencesFakhruddin, Asef Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Details ...