Pembinaan Kompetensi Mengajar, Curriculum : 2015


Courser in EnglishTEACHING COMPETENCE DEVELOPMENT
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS17 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

menjelaskan tentang 4 kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang pendidik dalam hal ini terkait dengan keterampilan dasar mengajar,mencakup kompetensi personal, kompetensi sosial,kompetensi  pedagogik dan kompetensi profesional yang diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas melalui microteaching

Learning Outcomes

mahasiswa mampu:

1. menjelaskan 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru.

2. mampu mendiskripsikan masing-masing dari 4 kompetensi guru

3. mampu melaksanakan pembelajaran memalui praktek microteaching

References

1. Ali, Muhammada. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindoin

2. Fkahruddin, Asef Umar, 2009, Menjadi Guru Faforit, Jogyakarta : Diva Press

3. Djamarah, Syaeful Bahri , 2000, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta

4. Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Dalam Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

menjelaskan tentang 4 kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang pendidik dalam hal ini terkait dengan keterampilan dasar mengajar,mencakup kompetensi personal, kompetensi sosial,kompetensi  pedagogik dan kompetensi profesional yang diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas melalui microteaching

Learning Outcomes

mahasiswa mampu:

1. menjelaskan 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru.

2. mampu mendiskripsikan masing-masing dari 4 kompetensi guru

3. mampu melaksanakan pembelajaran memalui praktek microteaching

References

1. Ali, Muhammada. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindoin

2. Fkahruddin, Asef Umar, 2009, Menjadi Guru Faforit, Jogyakarta : Diva Press

3. Djamarah, Syaeful Bahri , 2000, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta

4. Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Dalam Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

menjelaskan tentang 4 kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang pendidik dalam hal ini terkait dengan keterampilan dasar mengajar,mencakup kompetensi personal, kompetensi sosial,kompetensi  pedagogik dan kompetensi profesional yang diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas melalui microteaching

Learning Outcomes

mahasiswa mampu:

1. menjelaskan 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru.

2. mampu mendiskripsikan masing-masing dari 4 kompetensi guru

3. mampu melaksanakan pembelajaran memalui praktek microteaching

References

1. Ali, Muhammada. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindoin

2. Fkahruddin, Asef Umar, 2009, Menjadi Guru Faforit, Jogyakarta : Diva Press

3. Djamarah, Syaeful Bahri , 2000, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta

4. Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Dalam Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

menjelaskan tentang 4 kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang pendidik dalam hal ini terkait dengan keterampilan dasar mengajar,mencakup kompetensi personal, kompetensi sosial,kompetensi  pedagogik dan kompetensi profesional yang diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas melalui microteaching

Learning Outcomes

mahasiswa mampu:

1. menjelaskan 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru.

2. mampu mendiskripsikan masing-masing dari 4 kompetensi guru

3. mampu melaksanakan pembelajaran memalui praktek microteaching

References

1. Ali, Muhammada. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindoin

2. Fkahruddin, Asef Umar, 2009, Menjadi Guru Faforit, Jogyakarta : Diva Press

3. Djamarah, Syaeful Bahri , 2000, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta

4. Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Dalam Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

menjelaskan tentang 4 kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang pendidik dalam hal ini terkait dengan keterampilan dasar mengajar,mencakup kompetensi personal, kompetensi sosial,kompetensi  pedagogik dan kompetensi profesional yang diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas melalui microteaching

Learning Outcomes

mahasiswa mampu:

1. menjelaskan 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru.

2. mampu mendiskripsikan masing-masing dari 4 kompetensi guru

3. mampu melaksanakan pembelajaran memalui praktek microteaching

References

1. Ali, Muhammada. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindoin

2. Fkahruddin, Asef Umar, 2009, Menjadi Guru Faforit, Jogyakarta : Diva Press

3. Djamarah, Syaeful Bahri , 2000, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta

4. Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Dalam Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa keterampilan dasar mengajar mencakupkompetensi Personal, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi pedagogik. Pengenalan dan praktek berbagaijenis ketrampilan mengajar, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan  (reinforcement), keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas. Latihan keterampilan dasar mengajar melalui peer teaching dan microteachin

Learning Outcomes

mahasiswa bisa ketrampilan dasar mengajar

References

Fakhruddin, Asef  Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa keterampilan dasar mengajar mencakupkompetensi Personal, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi pedagogik. Pengenalan dan praktek berbagaijenis ketrampilan mengajar, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan  (reinforcement), keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas. Latihan keterampilan dasar mengajar melalui peer teaching dan microteachin

Learning Outcomes

mahasiswa bisa ketrampilan dasar mengajar

References

Fakhruddin, Asef  Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa keterampilan dasar mengajar mencakupkompetensi Personal, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi pedagogik. Pengenalan dan praktek berbagaijenis ketrampilan mengajar, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan  (reinforcement), keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas. Latihan keterampilan dasar mengajar melalui peer teaching dan microteachin

Learning Outcomes

mahasiswa bisa ketrampilan dasar mengajar

References

Fakhruddin, Asef  Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa keterampilan dasar mengajar mencakupkompetensi Personal, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi pedagogik. Pengenalan dan praktek berbagaijenis ketrampilan mengajar, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan  (reinforcement), keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas. Latihan keterampilan dasar mengajar melalui peer teaching dan microteachin

Learning Outcomes

mahasiswa bisa ketrampilan dasar mengajar

References

Fakhruddin, Asef  Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa keterampilan dasar mengajar mencakupkompetensi Personal, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi pedagogik. Pengenalan dan praktek berbagaijenis ketrampilan mengajar, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan  (reinforcement), keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas. Latihan keterampilan dasar mengajar melalui peer teaching dan microteachin

Learning Outcomes

mahasiswa bisa ketrampilan dasar mengajar

References

Fakhruddin, Asef  Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa keterampilan dasar mengajar mencakupkompetensi Personal, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi pedagogik. Pengenalan dan praktek berbagaijenis ketrampilan mengajar, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan  (reinforcement), keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas. Latihan keterampilan dasar mengajar melalui peer teaching dan microteachin

Learning Outcomes

mahasiswa bisa ketrampilan dasar mengajar

References

Fakhruddin, Asef  Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa keterampilan dasar mengajar mencakupkompetensi Personal, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi pedagogik. Pengenalan dan praktek berbagaijenis ketrampilan mengajar, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan  (reinforcement), keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas. Latihan keterampilan dasar mengajar melalui peer teaching dan microteachin

Learning Outcomes

mahasiswa bisa ketrampilan dasar mengajar

References

Fakhruddin, Asef  Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta


Details ...