Psikolinguistik, Curriculum : 2014


Courser in EnglishPSYCHOLINGUISTICS
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S2
SKS2 SKS
RPS6 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup hubungan bahasa dengan perilaku dan akal budi manusia; merupakan ilmu interdisipliner linguistik dan psikologi. Kajian psikolinguistik dapat memberikan sumbangsih dalam pengajaran bahasa, terutama berkenaan dengan pemahaman akan keadaan dan hubungan pembelajar dengan bahasa yang dipelajari. Topik yang dibahas meliputi aliran-aliran dan pandangan psikolinguistik dan terapannya, psikolinguistik sebagai disiplin psikologi dan linguistik, performansi fonologi dan tatabahasa, pemerolehan bahasa pada anak (language acquisition device) dengan membahas topik-topik: perkembangan pralinguistik, ujaran satu kata, ujaran kombinasi kata, ujaran kalimat sederhana dan komplek serta meninjau masalah hubungan bahasa dengan pikiran, ingatan, serta neurolinguistik; dan metode-metode penelitian psikolinguistik

Learning Outcomes

Mampu melaksanakan konsultasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang diakui di tingkat lokal, nasional dan atau internasional.

References

  1. Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta : Rieka Cipta
  2. Darjowidjojo, Soenjono. 2008. Psiko-Linguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia
  3. Purwo, BambangKuswanti (Ed). 1990. PELLBA 3: Pertemuan Linguistik Lembaga Bahasa Atmajaya Ketiga. Jakarta : Lembaga Bahasa Unika Atma Jaya
  4. Subyantoro. 2007. Gangguan Berbahasa. Mengenali untuk Mengantisipasi Sejak Dini. Semarang : Cipta Prima Nusantara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup hubungan bahasa dengan perilaku dan akal budi manusia; merupakan ilmu interdisipliner linguistik dan psikologi. Kajian psikolinguistik dapat memberikan sumbangsih dalam pengajaran bahasa, terutama berkenaan dengan pemahaman akan keadaan dan hubungan pembelajar dengan bahasa yang dipelajari. Topik yang dibahas meliputi aliran-aliran dan pandangan psikolinguistik dan terapannya, psikolinguistik sebagai disiplin psikologi dan linguistik, performansi fonologi dan tatabahasa, pemerolehan bahasa pada anak (language acquisition device) dengan membahas topik-topik: perkembangan pralinguistik, ujaran satu kata, ujaran kombinasi kata, ujaran kalimat sederhana dan komplek serta meninjau masalah hubungan bahasa dengan pikiran, ingatan, serta neurolinguistik; dan metode-metode penelitian psikolinguistik

Learning Outcomes

Mampu melaksanakan konsultasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang diakui di tingkat lokal, nasional dan atau internasional.

References

Aslinda dan Leni Syafyahya. Pengantar Sosiolinguistik (Bandung: PT. Refika Aditama, 2007).

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. Sosiolinguistik Pekenalan Awal (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004).

Chaer, Abdul. Psikolinguistik : Kajian Teoritik (Jakarta: Rineka Cipta, 2009).

Finoza, Lamuddin. Komposisi Bahasa Indonesia (Jakarta: Diksi Insan Mulia, 2007).

Indah, Rohmani Nur dan Abdurrahman. Psikolinguistik, Konsep & Isu Umum (Malang: UIN-Malang Press, 2008).

Purwo, Bambang Kaswanti Dkk., Peneroka Hakikat Bahasa (Yogyakarta: Penerbit USD, 2010).

Rahardi, Kunjana. Dimensi – Dimensi Kebahasaan; Aneka Masalah Bahasa Indonesia Terkini (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2006).

Rusmaji, Oscar. Aspek – Aspek Linguistik (Malang: Penerbit IKIP Malang, 1995).

Samsuri. Analisa Bahasa; memahami bahasa secara ilmiah (Jakarta: Erlangga, 1978).

Soeparno. Dasar – Dasar Linguistik Umum (Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002).

Sumarsono dan Paina Partana. Sosiolinguistik (Yogyakarta: Sabda, 2007).

Suwignyo, Heri dan Anang Santoso. Bahasa Indonesia Keilmuan; Berbasis Area isi dan Ilmu (Malang: UMM Press, 2008).


Lamuddin Finoza, Komposisi Bahasa Indonesia (Jakarta: Diksi Insan Mulia, 2007), 1.

Rohmani Nur Indah dan Abdurrahman, Psikolinguistik, Konsep & Isu Umum (Malang: UIN-Malang Press, 2008), 46.

Abdul Chaer, Psikolinguistik : Kajian Teoritik (Jakarta: Rineka Cipta, 2009),  52.

Kunjana Rahardi, Dimensi – Dimensi Kebahasaan; Aneka Masalah Bahasa Indonesia Terkini (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2006), 60.

Oscar Rusmaji, Aspek – Aspek Linguistik (Malang: Penerbit IKIP Malang, 1995), 1.

Soeparno, Dasar – Dasar Linguistik Umum (Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002), 5.

Rohmani Nur Indah dan Abdurrahman, Psikolinguistik, Konsep & Isu Umum (Malang: UIN-Malang Press, 2008), 46.

Soeparno, Dasar – Dasar Linguistik Umum (Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002), 1.

Aslinda dan Leni Syafyahya, Pengantar Sosiolinguistik (Bandung: PT. Refika Aditama, 2007), 1-2.

Rohmani Nur Indah dan Abdurrahman, Psikolinguistik, Konsep & Isu Umum (Malang: UIN-Malang Press, 2008), 30-31.

Samsuri, Analisa Bahasa; memahami bahasa secara ilmiah (Jakarta: Erlangga, 1978), 4-5.

Abdul Chaer, Psikolinguistik : Kajian Teoritik (Jakarta: Rineka Cipta, 2009),  5.

Oscar Rusmaji, Aspek – Aspek Linguistik (Malang: Penerbit IKIP Malang, 1995), 14-15.

Abdul Chaer, Psikolinguistik : Kajian Teoritik (Jakarta: Rineka Cipta, 2009),  5.

Rohmani Nur Indah dan Abdurrahman, Psikolinguistik, Konsep & Isu Umum (Malang: UIN-Malang Press, 2008), 18.

Rohmani Nur Indah dan Abdurrahman, Psikolinguistik, Konsep & Isu Umum (Malang: UIN-Malang Press, 2008), 18.

Abdul Chaer, Psikolinguistik : Kajian Teoritik (Jakarta: Rineka Cipta, 2009),  5.

Abdul Chaer, Psikolinguistik : Kajian Teoritik (Jakarta: Rineka Cipta, 2009),  5-6.

Abdul Chaer dan Leonie Agustina, Sosiolinguistik Pekenalan Awal (Jakarta: PT. Rineka Cipta,

Kunjana Rahardi, Dimensi – Dimensi Kebahasaan; Aneka Masalah Bahasa Indonesia Terkini (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2006), 60.

Kunjana Rahardi, Dimensi – Dimensi Kebahasaan; Aneka Masalah Bahasa Indonesia Terkini (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2006), 143.

 Soeparno, Dasar – Dasar Linguistik Umum (Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002), 5.

 Abdul Chaer dan Leonie Agustina, Sosiolinguistik Pekenalan Awal (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004), 166-167.

 Abdul Chaer, Psikolinguistik : Kajian Teoritik (Jakarta: Rineka Cipta, 2009),  52.

Sumarsono dan Paina Partana, Sosiolinguistik (Yogyakarta: Sabda, 2007), 59.

Abdul Chaer dan Leonie Agustina, Sosiolinguistik Pekenalan Awal (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004), 167.

Aslinda dan Leni Syafyahya, Pengantar Sosiolinguistik (Bandung: PT. Refika Aditama, 2007), 94.

Heri Suwignyo dan Anang Santoso, Bahasa Indonesia Keilmuan; Berbasis Area isi dan Ilmu (Malang: UMM Press, 2008), 2.

 Sumarsono dan Paina Partana, Sosiolinguistik (Yogyakarta: Sabda, 2007), 59.

Kunjana Rahardi, Dimensi – Dimensi Kebahasaan; Aneka Masalah Bahasa Indonesia Terkini (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2006), 144.

Sumarsono dan Paina Partana, Sosiolinguistik (Yogyakarta: Sabda, 2007), 60-61.

Soeparno, Dasar – Dasar Linguistik Umum (Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002), 6.

Soeparno, Dasar – Dasar Linguistik Umum (Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002), 7.

Bambang Kaswanti Purwo Dkk., Peneroka Hakikat Bahasa (Yogyakarta: Penerbit USD, 2010), 201.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup hubungan bahasa dengan perilaku dan akal budi manusia; merupakan ilmu interdisipliner linguistik dan psikologi. Kajian psikolinguistik dapat memberikan sumbangsih dalam pengajaran bahasa, terutama berkenaan dengan pemahaman akan keadaan dan hubungan pembelajar dengan bahasa yang dipelajari. Topik yang dibahas meliputi aliran-aliran dan pandangan psikolinguistik dan terapannya, psikolinguistik sebagai disiplin psikologi dan linguistik, performansi fonologi dan tatabahasa, pemerolehan bahasa pada anak (language acquisition device) dengan membahas topik-topik: perkembangan pralinguistik, ujaran satu kata, ujaran kombinasi kata, ujaran kalimat sederhana dan komplek serta meninjau masalah hubungan bahasa dengan pikiran, ingatan, serta neurolinguistik; dan metode-metode penelitian psikolinguistik

Learning Outcomes

Mampu melaksanakan konsultasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang diakui di tingkat lokal, nasional dan atau internasional.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup hubungan bahasa dengan perilaku dan akal budi manusia; merupakan ilmu interdisipliner linguistik dan psikologi. Kajian psikolinguistik dapat memberikan sumbangsih dalam pengajaran bahasa, terutama berkenaan dengan pemahaman akan keadaan dan hubungan pembelajar dengan bahasa yang dipelajari. Topik yang dibahas meliputi aliran-aliran dan pandangan psikolinguistik dan terapannya, psikolinguistik sebagai disiplin psikologi dan linguistik, performansi fonologi dan tatabahasa, pemerolehan bahasa pada anak (language acquisition device) dengan membahas topik-topik: perkembangan pralinguistik, ujaran satu kata, ujaran kombinasi kata, ujaran kalimat sederhana dan komplek serta meninjau masalah hubungan bahasa dengan pikiran, ingatan, serta neurolinguistik; dan metode-metode penelitian psikolinguistik

Learning Outcomes

Mampu melaksanakan konsultasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang diakui di tingkat lokal, nasional dan atau internasional.

References

  1. Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta : Rieka Cipta
  2. Darjowidjojo, Soenjono. 2008. Psiko-Linguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia
  3. Purwo, BambangKuswanti (Ed). 1990. PELLBA 3: Pertemuan Linguistik Lembaga Bahasa Atmajaya Ketiga. Jakarta : Lembaga Bahasa Unika Atma Jaya
  4. Subyantoro. 2007. Gangguan Berbahasa. Mengenali untuk Mengantisipasi Sejak Dini. Semarang : Cipta Prima Nusantara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mencakup hubungan bahasa dengan perilaku dan akal budi manusia; merupakan ilmu interdisipliner linguistik dan psikologi. Kajian psikolinguistik dapat memberikan sumbangsih dalam pengajaran bahasa, terutama berkenaan dengan pemahaman akan keadaan dan hubungan pembelajar dengan bahasa yang dipelajari. Topik yang dibahas meliputi aliran-aliran dan pandangan psikolinguistik dan terapannya, psikolinguistik sebagai disiplin psikologi dan linguistik, performansi fonologi dan tatabahasa, pemerolehan bahasa pada anak (language acquisition device) dengan membahas topik-topik: perkembangan pralinguistik, ujaran satu kata, ujaran kombinasi kata, ujaran kalimat sederhana dan komplek serta meninjau masalah hubungan bahasa dengan pikiran, ingatan, serta neurolinguistik; dan metode-metode penelitian psikolinguistik

Learning Outcomes

Mampu melaksanakan konsultasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang diakui di tingkat lokal, nasional dan atau internasional.

References

  1. Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta : Rieka Cipta
  2. Darjowidjojo, Soenjono. 2008. Psiko-Linguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia
  3. Purwo, BambangKuswanti (Ed). 1990. PELLBA 3: Pertemuan Linguistik Lembaga Bahasa Atmajaya Ketiga. Jakarta : Lembaga Bahasa Unika Atma Jaya
  4. Subyantoro. 2007. Gangguan Berbahasa. Mengenali untuk Mengantisipasi Sejak Dini. Semarang : Cipta Prima Nusantara


Details ...