Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa progdi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam masyarakat
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Menguasai konsep dan teori Bahasa Indonesia
Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka
Details ...
Menguasai konsep-konsep dasar ragam bahasa, sejarah Bahasa Indonesia, tata bahasa baku dan EBI, serta karya ilmiah dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
Learning Outcomes
|
Badudu, J.S. 1984. Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar. Jakarta: PT Gramedia.
Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2002. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung: Rosdakarya.
Halim, Amran dan Yayah B. Lumintang. 19983. Konggres Bahasa Indonesia III. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hidayat, Asep Ahmad. 2006. Filsafat Bahasa Mengungkap Haikat Bahasa, Makna dan Tanda. Bandung: PT Rosdakarya.
Indriati, Etty. 2001. Menulis Karya Ilmiah. Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: PT Gramedia.
Keraf, Gorys. 1982. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
Keraf, Gorys.1988. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.
Kridalaksana, Harimurti. 2006. Pembentukan Istilah. Jakarta: Gramedia.
Natawidjaja, P. Suparman. 1996, Teras Komposisi. Jakarta: Penerbit PT Intemasa.
Parera, Jos Daniel. 1987. Menulis Tertib dan Sistematik. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Prayitno, Harun Joko. Dkk. 2000. Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: MUP.
Ramlan, M. dkk. 1992. Bahasa Indonesia Yang Salah dan Yang Benar. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Razak, Abdul. 1988. Kalimat Efektif: Struktur, Gaya, dan Variasi. Jakarta: PT Gramedia.
Details ...
Bahasa Indonesia adalah salah satu MKDU wajib yang menjadi pondasi ragam bahasa keilmuan di perguruan tinggi.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan menulis ilmiah.
- Menunjukan kinarja mandiri, bermutu dan terukur dalam melakukan penulisan ilmiah.
- Menguasai konsep dasar, pendekatan, teori, teknik, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan menulis ilmiah.
- Mahasiswa mampu mempraktikan keterampilan menulis ilmiah.
Moeliono, Anton M. 1982. Struktur Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Poerwadarminta, W.J.S. 1967. Bahasa Indonesia Untuk Karang Mengarang. Yogyakarta: UP Indonesia.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1979. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.
Keraf, Gorys. 1980. Tata Bahasa Indonesia. Flores: Nusa Indah.
Kridalaksana, Harimurti. 1975. Beberapa Ciri Bahasa Indonesia Standar. Pengajaran Bahasa dan Sastra. Th. I No. 1.
Details ...
Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa progdi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam masyarakat
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Menguasai konsep teori Bahasa Indonesia
Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka
Details ...
Mata kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan merupakan salah satu mata kuliah umum yang diberikan kepada mahasiswa UPGRIS dengan tujuan akhir adalah kemampuan bahasa Indonesia yang sesuai dengan tata bahasa baku bahasa Indonesia dan Ejaan Bahasa Indonesia
Learning Outcomes1. Mahasiswa dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik lisan maupun tulis
2. Mahasiswa mampu menulis dengan kaidah tata bahasa baku bahasa Indonesia dan ejaan bahasa Indonesia
ReferencesAlwi, Hasan. 2007. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2016. Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Visi Media.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan merupakan salah satu mata kuliah umum yang diberikan kepada mahasiswa UPGRIS dengan tujuan akhir adalah kemampuan bahasa Indonesia yang sesuai dengan tata bahasa baku bahasa Indonesia dan Ejaan Bahasa Indonesia
Learning Outcomes1. Mahasiswa dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik lisan maupun tulis
2. Mahasiswa mampu menulis dengan kaidah tata bahasa baku bahasa Indonesia dan ejaan bahasa Indonesia
ReferencesAlwi, Hasan. 2007. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2016. Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Visi Media.
Details ...
Membekali mahasiswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan benar dan bIaik dalam berbagai ragam bahasa.
ReferencesAbidin, Djamalul. 1996. Komunikasi dan Bahasa Dakwah. Jakarta: Gema Insani Press.
Alwasilah, A. Chaedar. 1985. Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.
Arifin, E. Zaenal. 1991. Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar: untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Arifin, E. Zaenal dan S Amran Tasai.1999. Cermat Berbahasa Indonesia: untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.
Depdikbud. 1998. Tata Bahasa baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Depdikbud. 2004. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Depdikbud. 1997. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Details ...
Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa progdi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam masyarakat
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Menguasai konsep teori Bahasa Indonesia
Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka
Details ...