Courser in English | LEARNER DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 20 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
- Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
- Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
- Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
John, W. Santrock. 2002. LIFE-SPAN DEVELOPMENT (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: ERLANGGA.
Supriadi, Oding. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:
1.Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.
2.Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat :
a. mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan;
b. mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.
ReferencesSupriadi, Oding. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:
1.Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.
2.Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat :
a. mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan;
b. mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.
ReferencesSupriadi, Oding. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning Outcomes
Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
- Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
- Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
a.Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
b.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
c. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
d.Hurl
e. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
f. Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
g.Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
h.Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
i.Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
ock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning Outcomes
Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
- Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
- Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
a.Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
b.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
c. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
d.Hurl
e. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
f. Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
g.Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
h.Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
i.Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
ock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Details ...
Perkuliahan ini berisi tentang teori atau konsep dasar, model pendekatan dan metode penelitian psikologi perkembangan anak, remaja dan dewasa, serta melakukan analisa sederhana atas fenomena khusus yang terkait dengan perkembangan dengan menggunakan teori/konsep dasar perkembangan, model pendekatan dalam psikologi perkembangan dengan menggunakan kerangka berfikir ilmiah.
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu memahami dan menguasai konsep dasar, teori dan karakteristik tahap-tahap perkembangan manusia serta implikasinya dalam proses pembelajaran .
References- Abin Syamsudin Makmun. 1997. Psikologi Kependidikan. Bandung: Rosdakarya.
- Boyd, D. & Bee., H., 2006, Life Span Development, 4th ed, Pearson Education, Inc., Boston
- Berk, L.E., 1994, Child Development, 3rd edition, Ally nand Bacon, Toronto.
- Daradjat, Z. 1982. Pembinaan Remaja. Jakarta: Bulan Bintang.
- Daradjat, Z. 1982. Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.
- Elizabeth B Hurlock, 1080. Psi. Perkemb.; Monks, knoers, 2006.
- Goleman, Daniel. 1997. Kiat-Kiat Membesarkan Anak yang memiliki Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia
- Gunarsa, DS. & Ny. Gunarsa, DS. 1986. Psikologi Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.
- Gunarsa, DS. & Ny. Gunarsa, DS. 1990.Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: Gunung Mulia.
- Haditono, SR. 1988. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
- Helm & Turner. 1990. Life Span Development. McGraw Hill. Company.
- Hoyer, W.J; Rybash.J.M & Roodin.P.A., 1999, Adult Development and Aging, 4th ed, Mc Graw Hill College, San Fransisco
- Kimmel.D.C., Weiner.I.B., 1985, Adolescence: A Developmental Transitions, 2nd edition, John Wiley & Sons, Inc., New York (3)
- Munandar, SCU. 1982. Anak-Anak Berbakat. Pembinaan dan Pendidikannya. Jakarta: Rajawali.
- Munandar, SCU. 1987. Memupuk Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: Rajawali.
- Santrock., J.W., 1998, Child Development, 8th edition, Mc Graw Hill, Co., New York
- Santrock. J.W., 2001. Adolescence. McGraw Hill. Company.
- Syamsunuwiyati Mar’at, 2006. Psikologi Perkembangan.
- Sumadi Suryabrata. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali
- Tim Pengembang IKIP Semarang. 1989. Perkembangan Peserta Didik. Semarang: IKIP Semarang Press.
Details ...
Perkuliahan ini berisi tentang teori atau konsep dasar, model pendekatan dan metode penelitian psikologi perkembangan anak, remaja dan dewasa, serta melakukan analisa sederhana atas fenomena khusus yang terkait dengan perkembangan dengan menggunakan teori/konsep dasar perkembangan, model pendekatan dalam psikologi perkembangan dengan menggunakan kerangka berfikir ilmiah.
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu memahami dan menguasai konsep dasar, teori dan karakteristik tahap-tahap perkembangan manusia serta implikasinya dalam proses pembelajaran .
References- Abin Syamsudin Makmun. 1997. Psikologi Kependidikan. Bandung: Rosdakarya.
- Boyd, D. & Bee., H., 2006, Life Span Development, 4th ed, Pearson Education, Inc., Boston
- Berk, L.E., 1994, Child Development, 3rd edition, Ally nand Bacon, Toronto.
- Daradjat, Z. 1982. Pembinaan Remaja. Jakarta: Bulan Bintang.
- Daradjat, Z. 1982. Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.
- Elizabeth B Hurlock, 1080. Psi. Perkemb.; Monks, knoers, 2006.
- Goleman, Daniel. 1997. Kiat-Kiat Membesarkan Anak yang memiliki Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia
- Gunarsa, DS. & Ny. Gunarsa, DS. 1986. Psikologi Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.
- Gunarsa, DS. & Ny. Gunarsa, DS. 1990.Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: Gunung Mulia.
- Haditono, SR. 1988. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
- Helm & Turner. 1990. Life Span Development. McGraw Hill. Company.
- Hoyer, W.J; Rybash.J.M & Roodin.P.A., 1999, Adult Development and Aging, 4th ed, Mc Graw Hill College, San Fransisco
- Kimmel.D.C., Weiner.I.B., 1985, Adolescence: A Developmental Transitions, 2nd edition, John Wiley & Sons, Inc., New York (3)
- Munandar, SCU. 1982. Anak-Anak Berbakat. Pembinaan dan Pendidikannya. Jakarta: Rajawali.
- Munandar, SCU. 1987. Memupuk Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: Rajawali.
- Santrock., J.W., 1998, Child Development, 8th edition, Mc Graw Hill, Co., New York
- Santrock. J.W., 2001. Adolescence. McGraw Hill. Company.
- Syamsunuwiyati Mar’at, 2006. Psikologi Perkembangan.
- Sumadi Suryabrata. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali
- Tim Pengembang IKIP Semarang. 1989. Perkembangan Peserta Didik. Semarang: IKIP Semarang Press.
Details ...
Perkuliahan ini berisi tentang teori atau konsep dasar, model pendekatan dan metode penelitian psikologi perkembangan anak, remaja dan dewasa, serta melakukan analisa sederhana atas fenomena khusus yang terkait dengan perkembangan dengan menggunakan teori/konsep dasar perkembangan, model pendekatan dalam psikologi perkembangan dengan menggunakan kerangka berfikir ilmiah.
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu memahami dan menguasai konsep dasar, teori dan karakteristik tahap-tahap perkembangan manusia serta implikasinya dalam proses pembelajaran .
References- Abin Syamsudin Makmun. 1997. Psikologi Kependidikan. Bandung: Rosdakarya.
- Boyd, D. & Bee., H., 2006, Life Span Development, 4th ed, Pearson Education, Inc., Boston
- Berk, L.E., 1994, Child Development, 3rd edition, Ally nand Bacon, Toronto.
- Daradjat, Z. 1982. Pembinaan Remaja. Jakarta: Bulan Bintang.
- Daradjat, Z. 1982. Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.
- Elizabeth B Hurlock, 1080. Psi. Perkemb.; Monks, knoers, 2006.
- Goleman, Daniel. 1997. Kiat-Kiat Membesarkan Anak yang memiliki Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia
- Gunarsa, DS. & Ny. Gunarsa, DS. 1986. Psikologi Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.
- Gunarsa, DS. & Ny. Gunarsa, DS. 1990.Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: Gunung Mulia.
- Haditono, SR. 1988. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
- Helm & Turner. 1990. Life Span Development. McGraw Hill. Company.
- Hoyer, W.J; Rybash.J.M & Roodin.P.A., 1999, Adult Development and Aging, 4th ed, Mc Graw Hill College, San Fransisco
- Kimmel.D.C., Weiner.I.B., 1985, Adolescence: A Developmental Transitions, 2nd edition, John Wiley & Sons, Inc., New York (3)
- Munandar, SCU. 1982. Anak-Anak Berbakat. Pembinaan dan Pendidikannya. Jakarta: Rajawali.
- Munandar, SCU. 1987. Memupuk Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: Rajawali.
- Santrock., J.W., 1998, Child Development, 8th edition, Mc Graw Hill, Co., New York
- Santrock. J.W., 2001. Adolescence. McGraw Hill. Company.
- Syamsunuwiyati Mar’at, 2006. Psikologi Perkembangan.
- Sumadi Suryabrata. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali
- Tim Pengembang IKIP Semarang. 1989. Perkembangan Peserta Didik. Semarang: IKIP Semarang Press.
Details ...